Rangkuman La Liga Pekan 18, Barcelona Berhasil Jauhi Para Pesaingnya

Barcelona raih juara paruh musim!

Usai libur Natal dan tahun baru, La Liga kembali memulai kompetisinya di tahun baru 2019 pada matchday ke-18. Barcelona yang menempati puncak klasemen memulai tahun baru dengan sempurna usai berhasil kalahkan tuan rumah Getafe dengan skor 1-2.

Tak hanya menang, Barcelona juga berhasil menjauhi poin para pesaingnya setelah tim-tim dibawahnya gagal meraih kemenangan. Bahkan nasih buruk justru didapatkan musuh bebuyutan mereka, Real Madrid. Berikut ramgkuman lengkapnya.

1. Atletico Madrid hanya bermain imbang hadapi Sevilla dalam perebutan posisi kedua

Rangkuman La Liga Pekan 18, Barcelona Berhasil Jauhi Para Pesaingnyatwitter.com/LaLiga

Pekan ke-18 La Liga dibuka dengan laga bigmatch perebutan posisi kedua antara Sevilla dan Atletico Madrid. Tuan rumah Sevilla yang mampu menguasai jalannya pertandingan berhasil unggul terlebih dahulu melalui gol Ben Yedder di menit ke-37. Sayangnya keunggulan tersebut tak mampu bertahan lama karena tujuh menit kemudian Atleti berhasil samakan kedudukan melalui tendangan bebas indah Antoine Griezmann.

Laga ini berlangsung alot di babak kedua dimana kedua tim saling bertukar serangan. Sevilla berhasil lakukan 15 tendangan ke gawang berbanding 12 yang diciptakan Atletico Madrid. Sayangnya tak ada lagi tambahan gol di babak kedua hingga laga usai. Dengan hasil ini, Atletico Madrid tetap bertahan di posisi kedua dengan 35 poin, tertinggal lima angka dari Barcelona. Sedangkan Sevilla tertahan di posisi ketiga dengan 33 poin.

2. Dipermalukan oleh Real Sociedad di kandang, posisi Real Madrid melorot ke posisi 5

Rangkuman La Liga Pekan 18, Barcelona Berhasil Jauhi Para Pesaingnya.africanstand.com

Kemenangan juga gagal diraih oleh tim asal Madrid lainnya. Lebih buruk lagi, Real Madrid dipermalukan tamunya, Real Sociedad dengan skor 0-2. Kedua gol tersebut dicetak oleh Willian Jose di menit ke-3 melalui tendangan penalti, sedangkan satu gol lainnya dicetak oleh Ruben Pardo pada menit ke-83.

Sialnya lagi Real Madrid harus kehilangan striker mereka, Lucas Vazquez yang diusir wasit di menit ke-61 akibat mendapatkan kartu kuning kedua. Kekalahan ini menjadi kekalahan kandang pertama Scolari usai menangani Real Madrid musim ini.

Akibat kekalahan ini, El Real pun harus terperosot ke posisi ke-5 setelah digeser oleh Alaves yang berhasil kalahkan Valencia dengan skor 2-1. Kans Madrid untuk bersaing meraih trofi La Liga pun semakin berat karena mereka kini terpauh 10 angka dari Barcelona yang menempati posisi pertama.

3. Kalahkan Getafe, Barcelona juara paruh musim La Liga musim ini

Rangkuman La Liga Pekan 18, Barcelona Berhasil Jauhi Para Pesaingnyatwitter.com/LaLiga

Barcelona membuka tahun 2019 dengan sebuah kemenangan yang sangat penting dalam upayanya mempertahan gelar La Liga. Menghadapi tuan rumah Getafe, Barcelona berhasil menang dengan skor 1-2.

El Barca dibuat kerepotan oleh Getafe yang menempati posisi ke-7. Bahkan Getafe sempat mencetak gol lebih dulu, sayang gol tersebut dianulir akibat terjadi pelanggaran terlebih dulu. Lionel Messi lagi-lagi menjadi pahlawan Barcelona usai mencetak gol pembuka di menit ke-20, yang menjadi gol ke-16 musim ini di La Liga.

Luis Suarez berhasil gandakan kedudukan Barcelona di menit ke-39 melalui tendangan voli indahnya. Dua menit sebelum babak pertama usai, Getafe berhasil perkecil kedudukan melalui gol Jaime Mata. Meski Getafe berusaha samakan kedudukan di babak kedua, tak ada gol tercipta hingga peluit akhir pertandingan berbunyi.

Dengan hasil ini, Barcelona semakin kokoh di puncak klasemen dengan 40 poin, unggul lima angka dari Atletico Madrid satu tingkat dibawahnya. Barcelona pun berhasil keluar sebagai juara paruh musim dan mengulangi catatan musim lalu.

Musim lalu pun mereka berhasil meraih juara paruh musim dengan keunggulan 9 poin dari Atletico Madrid yang diikuti menjadi juara La Liga hingga akhir musim. Mampukah mereka kembali juara di musim ini?

Baca Juga: Rangkuman La Liga Pekan ke-16, Barcelona Pesta Gol di Kandang Levante

4. Lionel Messi terus tajam untuk pimpin top skorer La Liga

Rangkuman La Liga Pekan 18, Barcelona Berhasil Jauhi Para Pesaingnyatwitter.com/LaLiga

Performa Lionel Messi musim ini di La Liga semakin menggila. Pemain asal Argentina tersebut berhasil mencetak gol beruntun di 4 laga terakhir Barcelona. Hebatnya, dalam 4 laga La Liga tersebut, Messi berhasil cetak 7 gol yang membuatnya menempati top skorer sementara La Liga dengan 16 gol.

Pesaing terdekatnya pun datang dari rekan setimnya, Luis Suarez yang telah mengumpulkan 12 gol. Total gol Lionel Messi tersebut menjadi yang tertinggi di lima liga Top Eropa saat ini. Messi berhasil kalahkan Cristiano Ronaldo dan Harry Kane yang baru  mencetak 14 gol di Liga Italia dan Liga Inggris.

5. Klasemen sementara La Liga pekan ke-18

Rangkuman La Liga Pekan 18, Barcelona Berhasil Jauhi Para Pesaingnyatwitter.com/LaLiga

Sabtu 05/01/19

Levante 2 - 2 Girona
Espanyol 1 - 0 Leganes
Real Valladolid 0 - 1 Rayo Vallecano
Deportivo Alaves 2 - 1 Valencia


Minggu 06/01/19

Huesca 2 - 1 Real Betis
Eibar 0 - 0 Villarreal
Sevilla 1 - 1 Atletico Madrid


Senin 07/01/19

Real Madrid 0 - 2 Real Sociedad
Getafe 1 - 2 Barcelona


Selasa 08/01/19

Celta de Vigo vs Athletic Club [03 : 00 WIB].

Baca Juga: Rangkuman La Liga Pekan 17, Barcelona Ditempel Ketat Atletico Madrid

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya