Rangkuman La Liga Pekan 21, Barcelona Semakin Mantap di Puncak La Liga

Empat tim teratas sama-sama raih kemenangan

Posisi Barcelona di puncak klasemen La Liga semakin kokoh usai raih kemenangan atas Girona di pekan ke-21 pada Senin dinihari (28/01). Namun persaingan merebut trofi La Liga masih sangatlah terbuka bagi tim lainnya seperti Atletico Madrid dan Real Madrid.

Apalagi empat tim teratas sama-sama berhasil meraih hasil positif di akhir pekan kemarin. Barcelona kini masih unggul lima poin dari Atletico sebagai runner up. Persaingan perebutan posisi empat besar pun semakin menarik diantara Real Madrid, Sevilla dan  Alaves yang hanya tertinggal poin tipis.

Berikut rangkuman lengkapnya.

1. Cetak brace, Karim Benzema persembahkan kemenangan bagi Real Madrid

Rangkuman La Liga Pekan 21, Barcelona Semakin Mantap di Puncak La Ligatwitter.com/LaLiga

Real Madrid kembali onfire dengan kemenangan meyakinkan atas tuan rumah Espanyol dengan skor 2-4. Karim Benzema menjadi bintang lapangan dengan mencetak dua gol di menit ke-4 dan 45+1. Sedangkan dua gol lainnya berhasil dicetak melalui sundulan Sergio Ramos (15') dan gocekan indah Gareth Bale di menit ke-67.

Espanyol sendiri berhasil memperkecil kedudukan melalui tendangan keras Leo Baptistao di menit ke-25, sedangkan gol kedua tercipta sembilan menit usai laga berakhir melalui tendangan Roberto Rosales. Dalam laga tersebut, Real Madrid harus kehilangan Raphael Varane di menit ke-72 usai menerima kartu merah akibat pelanggaran kerasnya kepada Pablo Piatti.

Dengan kemenangan ini, Real Madrid masih bertahan di posisi ketiga dengan 39 poin dan tertinggal sepuluh angka dari Barcelona di puncak klasemen.

2. Saingi Real Madrid, Sevilla raih kemenangan telak atas Levante

Rangkuman La Liga Pekan 21, Barcelona Semakin Mantap di Puncak La Ligatwitter.com/SevillaFC_ENG

Sevilla yang tertahan di posisi ke empat berhasil meneruskan tren kemenangan mereka. Usai kalahkan Barcelona di Copa del Rey, Sevilla kembali raih kemenangan dengan menghabisi Levante 5-0. Uniknya, lima gol tersebut dilesatkan oleh lima pemain berbeda di babak kedua.

Wissam Ben Yedder berhasil mencetak gol pembuka di menit ke-48, yang diikuti oleh gol Andre Silva (60') dan Franco Vazquez (71') melalui skema yang sama melalui umpan datar dari sisi lapangan. Dua gol lainnya tercipta dari skema tendangan penalti, Pablo Sarabia sukses menjadi eksekutor pada menit ke-80.

Sedangkan tendangan penalti Quincy Promes berhasil ditepis kiper lawan, namun Promes berhasil memanfaatkan bola muntah tersebut menjadi gol, yang sekaligus menjadi gol penutup dalam laga tersebut. Dengan kemenangan ini, Sevilla kini membuntuti Real Madrid selisih tiga poin.

Baca Juga: Rangkuman La Liga Pekan Ke-20, Real Madrid Tembus Posisi Tiga Besar

3. Atletico Madrid masih menjadi pesaing terdekat Barcelona usai pecundangi Getafe

Rangkuman La Liga Pekan 21, Barcelona Semakin Mantap di Puncak La Ligatwitter.com/Atleti

Atletico Madrid terus menempel ketat Barcelona di puncak klasemen usai raih kemenangan ke-12 di musim ini. Dua gol Atleti melalui Antoine Griezmann (27') dan Saul Niguez (37'). Luar biasanya, kemenangan ini menjadi rekor tersendiri karena kini mereka tak terkalahkan dalam 18 laga terakhinrya di La Liga.

Atletico Madrid bahkan menjadi satu-satunya tim yang baru alami sekali kekalahan di La Liga musim ini. Sayangnya poin mereka masih tertinggal lima poin dari Barcelona karena lebih banyak mendapatkan hasil seri.

Atleti akan hadapi pekan-pekan berat di laga selanjutnya dengan menghadapi Real Betis dan Real Madrid. Namun mereka mendapatkan kabar cukup baik dengan merapatnya Alvaro Morata ke skuad Diego Simone.

4. Barcelona kokoh di puncak, Lionel Messi tak terhentikan di papan top skorer

Rangkuman La Liga Pekan 21, Barcelona Semakin Mantap di Puncak La Ligatwitter.com/FCBarcelona_es

Barcelona mengokohkan dirinya sebagai pemuncak klasemen La Liga usai kalahkan tuan rumah Girona dengan skor 0-2 Senin dinihari (28/01). Usai diistirahatkan saat kalah dari Sevilla di ajang Copa del Rey, Valverde menurunkan Lionel Messi dan Luis Suarez dalam starting XI mereka.

Hal tersebut memang sangat berdampak besar dalam permainan Barcelona. Laga baru berjalan sembilan menit, Barca sudah unggul melalui gol Nelson Semedo setelah menerima umpan dari Jordi Alba.

Tuan rumah Girona harus menerima nasib buruk usai Bernardo Espinosa menerima kartu kuning keduanya di menit ke-51. Girona mulai goyah dan ini dimanfaatkan oleh La Pulga. Lionel Messi berhasil menggandakan keunggulan di menit ke-68 yang sekaligus menjadi gol ke-19 di La Liga musim ini.

Hasil ini pun mengokohkan Barcelona di puncak dengan keunggulan lima poin. Messi sendiri semakin jauh meninggalkan para pesaingnya di puncak top skorer dengan 19 gol, unggul empat gol dari Luis Suarez yang berada di bawahnya.

5. Klasemen sementara

Rangkuman La Liga Pekan 21, Barcelona Semakin Mantap di Puncak La Ligatwitter.com/LaLiga

Hasil pertandingan pekan ke-21:

  • Sevilla 5-0 Levante (Wissam Ben Yedder 48', Andre Silva 60', Franco Vazquez 71', Pablo Sarabia 80'-pen, Quincy Promes 90')
  • Atletico Madrid 2-0 Getafe (Antoine Griezmann 27', Saul Niguez 37') Leganes 2-2 Eibar (Youssef En-Nesyri 46',67'; Kike 29', Joan Jordan 36')
  • Valencia 3-0 Villareal (Mouctar Diakhaby 4', Denis Cheryshev 51', Rodrigo Moreno 86')
  • Real Valladolid 2 - 1 Celta Vigo (Oscar Plano 55', Keko 69'; Pione Sisto 16')
  • Girona 0 - 2 Barcelona (Nelson Semedo 9', Lionel Messi 68')
  • Athletic Bilbao 1 - 0 Real Betis (Iker Muniain 21')
  • Real Sociedad 0 - 0 SD Huesca
  • Espanyol 2 - 4 Real Madrid (Leo Baptistao 25', Roberto Rosales 81; Karim Benzema (4', 45'), Sergio Ramos 15', Gareth Bale 67').

Baca Juga: Rangkuman La Liga Pekan 18, Barcelona Berhasil Jauhi Para Pesaingnya

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya