Rapor Chelsea Lawan The Big Six di EPL 2023/2024 hingga Pekan Ke-25

Chelsea tak terkalahkan saat melawan Manchester City

Chelsea belum mampu keluar dari krisis sejak ditinggalkan pemilik klub, Roman Abramovich. Performa mereka bahkan anjlok pada 2023/2024 meski sudah mengeluarkan dana sangat besar untuk belanja pemain. The Blues masih terpuruk di peringkat ke-10 hingga pekan ke-25.

Sejauh ini, The Blues telah menelan 10 kekalahan di English Premier League 2023/2024. Kendati begitu, mereka kerap kali tampil luar biasa saat menghadapi klub The Big Six. Anak asuh Mauricio Pochettino seolah tak mau kehilangan gengsi sebagai salah satu klub besar di Inggris. Intip rapor performa Chelsea kala menghadapi klub The Big Six.

1. Chelsea membuka EPL dengan menahan imbang Liverpool

Rapor Chelsea Lawan The Big Six di EPL 2023/2024 hingga Pekan Ke-25Chelsea vs Liverpool pada laga pembuka EPL 2023/2024 (chelseafc.com)

Chelsea dihadapkan dengan lawan berat pada laga pembuka EPL 2023/2024, yakni Liverpool. Bertindak sebagai tuan rumah, Chelsea lebih dulu kebobolan lewat gol Luis Diaz pada menit ke-18. Namun, mereka langsung merespon gol tersebut dengan permainan lebih agresif. Axel Disasi sukses menyamakan skor pada menit ke-37.

Chelsea sebenarnya menguasai jalannya pertandingan. Mereka mencatatkan 65,4 persen penguasaan bola. Angka tersebut menjadi rekor penguasaan bola tertinggi melawan Liverpool sejak musim 2003/2004. Sayangnya, tidak ada lagi gol tercipta hingga peluit akhir berbunyi.

Baca Juga: 5 Pemain yang Cetak Brace pada Pekan Ke-25 EPL 2023/2024, Ada Saka

2. Kekalahan perdana Chelsea disebabkan klub asal London, West Ham United

Rapor Chelsea Lawan The Big Six di EPL 2023/2024 hingga Pekan Ke-25Chelsea vs West Ham United pada pekan ke-2 EPL 2023/2024 (chelseafc.com)

Dua laga awal Chelsea di EPL musim ini terbilang berat. Setelah melawan Liverpool, Chelsea bertamu ke London Stadium untuk menghadapi West Ham United. Tim asuhan David Moyes tersebut menjadi salah satu kuda hitam pada musim ini.

Benar saja, Chelsea tak berkutik di hadapan lawannya tersebut. The Blues dibekuk dengan skor 1-3. Tiga gol The Hammers dicetak Nayef Aguerd, Michael Antonio, dan Lucas Paqueta. Sedangkan, satu balasan gol Chelsea dicetak gelandang anyar mereka, Carney Chukwuemeka.

3. Chelsea tak berkutik kala menjamu Aston Villa pada pekan keenam EPL

Rapor Chelsea Lawan The Big Six di EPL 2023/2024 hingga Pekan Ke-25Chelsea vs Aston Villa pada pekan ke-6 EPL 2023/2024 (chelseafc.com)

Start Chelsea musim ini berjalan buruk. The Blues hanya menorehkan 1 kemenangan, 2 imbang, dan 3 kali kalah dari 6 laga awal EPL 2023/2024. Salah satu kekalahan tersebut disebabkan Aston Villa pada pekan keenam di Stamford Bridge. 

Chelsea sebenarnya menguasai jalannya laga. Namun, bencana hadir pada menit ke-58 saat Malo Gusto diganjar kartu merah. Celah ini berhasil dimanfaatkan anak asuh Unai Emery. The Villans mencetak gol kemenangan pada menit ke-73 lewat kaki Ollie Watkins. Akibat kekalahan ini, Chelsea terpuruk di peringkat ke-14. Sedangkan, Aston Villa nyaman di urutan keenam.

4. Derbi London melawan Arsenal berakhir tanpa pemenang

Rapor Chelsea Lawan The Big Six di EPL 2023/2024 hingga Pekan Ke-25Chelsea vs Arsenal pada pekan ke-9 EPL 2023/2024 (chelseafc.com)

Derbi London Utara antara Chelsea melawan Arsenal berlangsung pada pekan kesembilan EPL di Stamford Bridge. Meski kedua tim berbeda jauh di klasemen, gengsi duel ini tetap tinggi. Apalagi, Chelsea memiliki misi memberikan kekalahan perdana bagi Arsenal pada musim ini.

Misi tersebut tampaknya akan berhasil. Pasalnya, Chelsea mampu unggul dua gol lebih dulu yang dicetak Cole Palmer dan Mykhaylo Mudryk. Sayang, keunggulan tersebut harus sirna pada 15 menit akhir laga. Arsenal berhasil mengejar ketertinggalan lewat gol Declan Rice dan Leandro Trossard sehingga laga pun berakhir dengan skor 2-2.

5. Chelsea putus rekor tak terkalahkan Tottenham Hotspur di EPL musim ini

Rapor Chelsea Lawan The Big Six di EPL 2023/2024 hingga Pekan Ke-25Nicolas Jackson cetak gol ke gawang Tottenham Hotspur (chelseafc.com)

Chelsea mengalami kekalahan memalukan pada pekan ke-10 EPL dari Brentford dengan skor 0-2 di Stamford Bridge. Hasil tersebut membuat The Blues tidak diunggulkan pada laga berikutnya melawan Tottenham Hotspur. Prediksi ini tampaknya tepat saat Spurs unggul lebih dulu lewat gol Dejan Kulusevsi.

Namun, Spurs menghadapi bencana besar pada babak pertama. Mereka harus bermain dengan 10 pemain setelah Cristian Romero dikartu merah pada menit ke-33. Tidak hanya itu, Spurs juga harus menarik dua pemainnya karena cedera, yaitu James Maddison dan Micky van de Ven.

Kesempatan ini dimanfaatkan sangat baik oleh Chelsea. Mereka lantas mengobrak-abrik pertahanan Spurs dengan mencetak empat gol balasan. Nicolas Jackson tampil sebagai bintang dengan mencetak hattrick. Sedangkan, satu gol lainnya ditorehkan Cole Palmer. 

6. Chelsea jadi lawan yang tangguh bagi Manchester City

Rapor Chelsea Lawan The Big Six di EPL 2023/2024 hingga Pekan Ke-25Chelsea vs Manchester City pada pekan ke-25 EPL 2023/2024 (chelseafc.com)

Manchester City dan Chelsea bak langit dan bumi di EPL pada musim ini. Jarak kedua klub di klasemen sangat jomplang. Namun, jangan meragukan motivasi pemain Chelsea saat berhadapan dengan Manchester City. Kedua klub musim ini telah berhadapan dua kali di EPL.

Chelsea selalu menjadi batu ganjalan pada dua laga tersebut dengan laga berakhir imbang. Pertemuan pertama digelar pada pekan ke-12 di Stamford Bridge. Kedua tim saling kejar mengejar dalam mencetak gol dengan hasil akhir 4-4. Terbaru, kedua tim baru saja saling berhadapan pada pekan ke-25 EPL di Etihad Stadium. Chelsea kembali berhasil mencuri poin dari Manchester City setelah laga ini berakhir dengan skor 1-1.

Finis di zona kompetisi Eropa menjadi misi paling rasional bagi Chelsea di EPL musim ini. Namun, mereka perlu berbenah dengan lebih cepat dan tampil lebih konsisten karena The Blues kerap kehilangan poin penting kala melawan klub-klub yang notabene di bawah mereka secara kualitas.

Baca Juga: 3 Kemenangan Chelsea di Etihad Stadium dalam 10 Tahun Terakhir

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

Saya cukup suka menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya