Rapor 4 Penyerang AS Roma pada Paruh Musim 2023/2024

Duet Lukaku dan Dybala memanas

AS Roma memasuki era baru setelah Jose Mourinho dilengserkan pada paruh musim pertama Serie A 2023./2024. Posisi pelatih Giallorossi kini ditempati oleh legenda hidup klub, Daniele De Rossi. Menariknya, pasukan Serigala langsung bangkit dengan tiga kemenangan beruntun di Serie A.

Hasil tersebut sebenarnya tidak begitu mengagetkan lantaran AS Roma memiliki skuad yang mumpuni, khususnya di pos striker. Giallorossi memiliki empat striker top yang telah teruji. Berikut ini rapor empat striker AS Roma di Serie A 2023/2024 hingga pekan ke-23.

1. Romelu Lukaku temukan kembali ketajamannya di Serie A

Rapor 4 Penyerang AS Roma pada Paruh Musim 2023/2024Romelu Lukaku (asroma.com)

Jose Mourinho adalah sosok yang berperan penting mendatangkan Romelu Lukaku ke AS Roma. Jasa sang mantan pelatih itu berhasil membangkitkan insting mencetak gol Lukaku yang sempat dilanda berbagai kontroversi. Ia lantas tampil apik bersama AS Roma dengan menorehkan 15 gol dan 12 assist dari 28 pertandingan di semua ajang.

Lima gol di antaranya ia cetak di ajang Liga Europa. Jumlah gol tersebut membuat dirinya bertengger di posisi kedua top skor sementara Liga Europa 2023/2024. Lukaku sendiri berstatus pemain pinjaman di AS Roma hingga akhir musim ini. Ia bakal kembali ke Chelsea pada musim panas 2024 karena tidak ada opsi pembelian permanen di dalam kontrak transfer ini. 

2. Paulo Dybala jadi motor serangan AS Roma

Rapor 4 Penyerang AS Roma pada Paruh Musim 2023/2024Paulo Dybala (instagram/paulodybala)

Paulo Dybala menjadi nyawa di lini serang AS Roma dalam 2 musim terakhir. Ia berperan sebagai motor serangan Giallorossi di pos second striker. Dengan kreativitasnya dalam mengolah bola, ia tidak hanya jadi penyuplai assist yang handal, tetapi juga pencetak gol yang tajam.

Pemain asal Argentina ini telah menorehkan 9 gol dan 6 assist dari 21 penampilan di semua ajang. Ia sebenarnya bisa tampil jauh lebih baik di AS Roma. Sayang, cedera menjadi momok yang kerap menghantuinya dalam beberapa tahun terakhir.

Baca Juga: 5 Pencetak Gol Terbanyak Piala Super Italia, Paulo Dybala Teratas

3. Sardar Azmoun belum tampil sesuai ekspektasi klub

Rapor 4 Penyerang AS Roma pada Paruh Musim 2023/2024Sardar Azmoun (kanan) cetak gol ke gawang Lecce (asroma.com)

Sardar Azmoun didatangkan AS Roma pada musim panas 2023 dari Bayer Leverkusen dengan status pinjaman. Di dalam klausulnya, AS Roma memiliki opsi untuk mempermanenkan pemain asal Iran ini di akhir musim. Namun, peluang tersebut tampaknya cukup kecil. Pasalnya Azmoun tampil tak sesuai dengan harapan klub.

Apalagi striker utama AS Roma,Tammy Abraham, akan kembali ke dalam skuad utama pada musim depan setelah alami cedera panjang. Azmoun sendiri sejauh ini hanya mampu mencetak 1 gol dan 1 assist dari 15 pertandingan di semua ajang. Ia juga telah absen sepanjang Januari 2024 dari skuad AS Roma, lantaran dipanggil Timnas Iran untuk tampil di Piala Asia 2023 Qatar.

4. Andrea Belotti tak dapatkan jaminan waktu bermain reguler

Rapor 4 Penyerang AS Roma pada Paruh Musim 2023/2024Andrea Belotti (asroma.com)

Diincar banyak klub Italia, Andrea Belotti lebih memilih gabung AS Roma pada musim panas 2023. Ia direkrut secara gratis dari Torino dengan durasi kontrak 2 tahun. Jose Mourinho lagi-lagi menjadi alasan pemain top datang ke Olimpico Stadium. Sayangnya, asa Belotti untuk jadi striker utama pupus dengan kehadiran Romelu Lukaku.

Belotti lebih sering diplot sebagai striker pelapis. Kendati begitu, catatan golnya tak begitu mengecewakan. Ia mengoleksi 6 gol dan 2 assist dari 23 pertandingan di semua ajang. Kekecewaan justru dirasakan Belotti karena kurangnya dapatkan waktu bermain.

Lantas, ia memutuskan hengkang ke Fiorentina pada Januari 2024. Ia dipinjam selama 6 bulan tanpa opsi permanen. Sang pemain beralasan membutuhkan waktu bermain lebih demi dapatkan satu tempat di skuad Italia untuk Piala Eropa 2024.

AS Roma tengah menikmati masa kebangkitan di era kepelatihan Daniele De Rossi. Ia sukses membawa AS Roma meraih tiga kemenangan beruntun di Serie A. Pujian layak disematkan kepada sang pelatih karena ketajaman Giallorossi pun mulai menanjak. Paulo Dybala dkk mencetak 8 gol dari 3 laga terakhirnya. Meski begitu, kedalaman skuad di lini serang belum memuaskan. Kontribusi striker utama dan pelapisnya masih sangat jomplang.

Baca Juga: 5 Pemain yang Pakai Nomor Punggung 11 AS Roma sebelum Andrea Belotti

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

Saya cukup suka menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya