5 Rekrutan Terakhir RB Leipzig dari Klub Ligue 1, Calon Bintang!

Lois Openda pecahkan rekor pembelian klub

RB Leipzig sejatinya tim yang masih muda di Bundesliga. Klub ini terlahir pada 2009 setelah perusahaan Red Bull mengakuisisi klub kasta kelima, SSV Markranstädt. Hanya dibutuhkan 8 tahun untuk Die Roten Bullen kemudian tampil di kasta tertinggi sepak bola Jerman, Bundesliga.

Sejak itu, RB Leipzig berkembang menjadi tim papan atas Bundesliga. Strategi transfer yang cerdas jadi salah satu kunci sukses klub ini. Mereka kerap menyulap pemain muda potensial jadi pemain top Eropa. Ligue 1 menjadi salah satu tujuan manajemen klub belanja pemain-pemain muda potensial, tidak terkecuali pada musim panas 2023 ini. Berikut ini lima rekrutan terakhir RB Leipzig dari tim-tim asal Ligue 1.

1. Loïs Openda

5 Rekrutan Terakhir RB Leipzig dari Klub Ligue 1, Calon Bintang!Lois Openda (rbleipzig.com)

Kepergian Christopher Nkunku ke Chelsea membuat RB Leipzig harus mencari striker baru yang sepadan. Pilihan mereka jatuh pada striker RC Lens, Loïs Openda. Striker 23 tahun didatangkan dengan biaya 43 juta euro atau Rp717 miliar untuk kontrak berdurasi 5 tahun. Nilai tersebut menjadi rekor pembelian termahal klub sepanjang sejarah.

Loïs Openda memiliki catatan impresif pada musim 2022/2023. Dia mencetak 21 gol dari 38 pertandingan Ligue 1. Torehan tersebut sukses membawa RC Lens finis di urutan kedua Ligue 1. Pemain asal Belgia ini diyakini bakal semakin berkembang di RB Leipzig dan digadang-gadang sebagai calon bintang baru di Red Bull Arena.

2. El Chadaille Bitshiabu

5 Rekrutan Terakhir RB Leipzig dari Klub Ligue 1, Calon Bintang!El Chadaille Bitshiabu (rbleipzig.com)

RB Leipzig memutuskan tidak mempermanenkan status Abdou Diallo pada musim panas 2023. Dia dipulangkan ke Paris Saint-Germain setelah masa peminjaman yang kurang sukses akibat cedera. Sebagai alternatif, RB Leipzig mendatangkan bek PSG lainnya, yaitu El Chadaille Bitshiabu.

Bek berusia 18 tahun ini ditebus dengan harga 15 juta euro atau Rp250 miliar untuk durasi kontrak 5 tahun. Pemain asal Prancis ini merupakan produk asli akademi PSG. Dia telah memainkan 19 laga untuk tim utama. Namun, masa depannya di klub asal Paris itu tidak menentu karena sulit dapatkan waktu bermain reguler. Sementara itu, RB Leipzig menawarkan kesempatan lebih baik untuk mengembangkan kariernya.

Baca Juga: 4 Pemain RB Leipzig yang Hengkang ke Serie A, Sukses Bersinar?

3. Xavi Simons

5 Rekrutan Terakhir RB Leipzig dari Klub Ligue 1, Calon Bintang!Xavi Simmons (instagram.com/rbleipzig)

Xavi Simmons sejatinya telah meninggalkan PSG menuju PSV Eindhoven dengan status free agent pada musim panas 2022. Dia langsung tampil impresif di klub barunya pada 2022/2023 dengan torehan 22 gol dan 12 assist dari 48 penampilan. Torehan apik ini membuat PSG mengaktifkan klausul pembelian kembali pada musim panas 2023.

Dia direkrut dengan harga 4 juta euro saja atau Rp6,6 miliar. Pemain 20 tahun menandatangani kontrak berdurasi 4 tahun di Parc des Princes. Namun, dia langsung dipinjamkan ke RB Leipzig selama 1 musim penuh tanpa ada klausul permanen di akhir musim.

4. Abdou Diallo

5 Rekrutan Terakhir RB Leipzig dari Klub Ligue 1, Calon Bintang!Abdou Diallo (instgram/abdou.lakhad.diallo)

Abdou Diallo berlabuh di RB Leipzig pada musim panas 2022. Dia dipinjam dari PSG selama semusim dengan biaya 1,5 juta euro atau Rp25 miliar. Bermain di posisi bek tengah, kariernya di RB Leipzig tak berjalan mulus. Dia hanya tampil dalam 15 laga di semua ajang pada 2022/2023.

Cedera lutut menjadi sebab utama dia gagal menunjukkan performa terbaiknya. Cedera tersebut membuat dirinya harus aben selama 3 bulan. Kondisi ini pun membuat Die Roten Bullen urung mengaktifkan klausul permanen di akhir musim.

5. Mohamed Simakan

5 Rekrutan Terakhir RB Leipzig dari Klub Ligue 1, Calon Bintang!Mohamed Simakan (twitter.com/SimakanMohamed)

RC Strasbourg membuat kejutan besar di Ligue 1 musim 2021/2022 dengan finis di urutan keenam. Padahal, klub ini merupakan tim medioker yang kerap berkubang di papan bawah. Mohamed Simakan tampil sebagai pemain kunci Strasbourg di pos pertahanan pada saat itu.

Performa apik bek Asal Prancis itu menarik minat AC Milan. Namun, tawaran dari RB Leipzig lebih meyakinkan sang pemain. Dia ditebus dengan mahar 15 juta euro atau Rp250 miliar. Simakan sendiri kala itu diplot sebagai pengganti Dayot Upamecano yang hengkang ke Bayern Munich.

Bek 23 tahun berkembang menjadi salah satu bek top Bundesliga. Dia jadi andalan utama Die Roten Bullen dengan mengoleksi 78 laga dengan torehan 4 gol dan 9 assist. Selain bek tengah, dia juga bisa beroperasi dengan baik sebagai bek kanan.

 

Sudah bukan rahasia jika Ligue 1 merupakan salah satu gudang terbaik pemain muda berbakat. Hal ini pun sering dimanfaatkan RB Leipzig untuk menemukan talenta-talenta potensial. Sejauh ini strategi tersebut dinilai efektif. Pada musim panas 2023 ini tiga pemain baru didatangkan dari Ligue1. Apakah RB Leipzig bisa mengasah bakat mereka?

Baca Juga: 5 Rekrutan RB Leipzig yang Diboyong dari PSG, Xavi Simons Terbaru!

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya