5 Rekrutan U-18 Termahal dalam Sejarah Tottenham Hotspur

Berpotensi jadi pemain top Eropa

Sejak ditangani Ange Postecoglou pada musim panas 2023, performa Tottenham Hotspur menanjak signifikan. Spurs mampu bersaing di papan atas untuk memperebutkan gelar juara English Premier League (EPL). Menariknya, pelatih asal Australia ini mempercayakan skuadnya kepada pemain-pemain muda potensial.

Tren ini kemudian berlanjut pada bursa transfer musim dingin 2024. Spurs berhasil mendaratkan Lucas Bergvall yang baru berusia 18 tahun. Biaya yang dikeluarkan Spurs tidak sedikit untuk seukuran pemain yang masih sangat muda. Termasuk Bergvall, berikut rekrutan U-18 termahal dalam sejarah Tottenham Hotspur.

1. Pape Matar Sarr makin matang di bawah asuhan Ange Postecoglou

5 Rekrutan U-18 Termahal dalam Sejarah Tottenham HotspurPape Matar Sarr (x.com/papematarsarr15)

Pape Matar Sarr didatangkan dari klub Prancis, FC Metz, pada musim panas 2021 dengan biaya 17 juta euro atau Rp290 miliar. Saat itu, sang pemain baru berusia 18 tahun. Ia tidak langsung bergabung dengan Tottenham Hotspur, tetapi kembali ke Metz dengan status pinjaman selama semusim.

Pape Matar Sarr kemudian bergabung dengan Spurs pada 2022/2023 di bawah asuhan Antonio Conte. Sayang, ia tak mendapatkan waktu bermain yang cukup. Namun, nasibnya berubah saat Ange Postecoglou datang. Matar Sarr tampil reguler di skuad Spurs pada 2023/2024.

Ia telah memainkan 20 laga dengan torehan 2 gol dan 2 assist di semua ajang. Namun, ia  harus absen pada beberapa laga sepanjang Januari 2024 karena harus membela Timnas Senegal di Piala Afrika 2023 Pantai Gading.

2. Gareth Bale mengembangkan bakat besarnya di Tottenham Hotspur

5 Rekrutan U-18 Termahal dalam Sejarah Tottenham HotspurGareth Bale (premierleague.com)

Sebelum menjelma menjadi pemain bintang dunia di Real Madrid, bakat besar Gareth Bale ditemukan Tottenham Hotspur. The Lylywhites merekrutnya dari Suthampton saat masih berusia 17 tahun pada musim panas 2007. Ia ditebus dengan biaya sekitar 14,7 juta euro atau Rp295 miliar.

Menariknya, Bale adalah seorang bek kiri saat mengawali kariernya bersama Spurs. Namun, ia kemudian bertransformasi menjadi salah satu winger terbaik di Premier League. Ia mencatatkan 232 laga dengan mengoleksi 55 gol dan 55 assist untuk Spurs.

Catatan apik tersebut membuat Real Madrid mendatangkannya pada musim panas 2013. Ia ditebus dengan harga 101 juta euro atau Rp1,7 triliun. Nilai tersebut menjadikannya pemain termahal dunia saat itu dengan mengalahkan Cristiano Ronaldo.

Baca Juga: 4 Pemain dengan Harga Pasar Tertinggi di Tottenham Hotspur 2023/2024

3. Luka Vuskovic direkrut dari Hajduk Split pada usia 16 tahun

5 Rekrutan U-18 Termahal dalam Sejarah Tottenham HotspurLuka Vuskovic (tottenhamhotspur.com)

Tottenham Hotspur berhasil mengamankan pemain berbakat, Luka Vuskovic, pada Januari 2024. Ia didatangkan dari klub Kroasia, Hajduk Split, dengan biaya 13,8 juta euro 234 miliar. Vuskovic saat ini digadang-gadang sebagai bek masa depan Timnas Kroasia. Ia memiliki postur tubuh ideal dengan tinggi 1,9 meter.

Sang pemain sendiri belum bisa bergabung dengan Spurs pada 2023/2024 ini. Pasalnya, ia baru berusia 16 tahun. Ia akan mulai bergabung pada 2024/2025 saat usianya menginjak 17/18 tahun. Lantas, ia pun dipinjamkan lebih dahulu ke klub asal Polandia, Radomiak, selama 6 bulan hingga akhir musim ini.

4. Jack Clarke lebih sering dipinjamkan kepada klub lain

5 Rekrutan U-18 Termahal dalam Sejarah Tottenham HotspurJack Clarke (instagram/jrclarke_)

Jack Clark didatangkan Tottenham Hotspur pada musim panas 2019 dari Leeds United. Ia ditebus dengan biaya 11 juta euro atau Rp186 miliar saat masih berusia 18 tahun. Berposisi sebagai bek kiri, ia kesulitan menembus tim utama Spurs.

Sepanjang berkostum Spurs, ia hanya memainkan empat laga tanpa torehan gol dan assist. Clark lebih sering dipinjamkan kepada klub Inggris lainnya, seperti Leeds United, Queens Park Rangers, dan Stoke City. Ia kemudian dilepas permanen kepada Sunderland pada musim panas 2022 dengan biaya transfer yang tak disebutkan.

5. Lucas Bergvall dibajak Tottenham Hotspur dari Barcelona

5 Rekrutan U-18 Termahal dalam Sejarah Tottenham HotspurLucas Bergvall (tottenhamhotspur.com)

Tottenham Hotspur sukses mengamankan wonderkid lainnya pada detik-detik terakhir bursa transfer Januari 2024, yaitu Lucas Bergvall. Spurs berhasil membajak sang pemain yang hampir menuju Barcelona. Menurut laporan Fabrizio Romano, Spurs memberikan tawaran lebih besar dengan 10 juta euro atau Rp170 miliar.

Kendati begitu, Bergvall akan kembali ke klub lamanya, Djurgården, dengan status pemain pinaman. Ia baru akan gabung Spurs pada 2024/2025. Bergvall sendiri dinilai sebagai salah satu talenta top Eropa saat ini. Ia dinilai memiliki gaya bermain yang mirip dengan Frenkie de Jong.

Spurs berhasil mendatangkan dua wonderkid baru pada Januari 2024. Keduanya diyakini bakal berkembang di bawah asuhan Ange Postecoglou pada musim mendatang. Sang pelatih merupakan sosok yang terampil dalam mengasah bakat pemain muda. Di sisi lain, Spurs pun memiliki sejarah apik dalam mengorbitkan pemain seusia mereka.

Baca Juga: Kiprah 5 Pemain Sayap Tottenham Hotspur pada Paruh Musim 2023/2024

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

Saya cukup suka menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya