Comscore Tracker

Sukses Comeback, Arsenal Jejakan Kaki di Perempat Final Liga Eropa

Aubameyang cetak dua gol

The Gunners akhirnya berhasil menyelesaikan misi balan dendam kepada Rennes di leg kedua 16 besar Liga Eropa pada Jumat dini hari (15/3). Mereka menang telak 3-0 melalui brace Emerick Aubameyang (5', 72') dan Maitland-Niles (15). Arsenal pun berhak atas satu tiket babak perempat final usai unggul agregat 4-3.

Peluang mereka untuk meraih satu trofi di akhir musim pun semakin terbuka lebar, mengingat inilah satu-satunya kompetisi tersisa yang masih mereka dapatkan. Mamukah mereka melangkah lebih jauh?

1. Aubameyang tampil sempurna, ia cetak brace dan satu assist

Sukses Comeback, Arsenal Jejakan Kaki di Perempat Final Liga Eropaarsenal.com

Dibebani kekalahan 3-1 di leg pertama, anak asuh Unai Emery langsung bermain cepat sejak menit-menit awal. Tak butuh lama, The Gunners berhasil cetak gol di menit ke-5 melalui sontekan Aubameyang usai menerima umpan Aaron Ramsey.

Termotivasi gol tersebut, Arsenal terus tampil ofensif. Mereka pun akhirnya berhasil menggandakan kedudukan di menit ke-15 melalui sundulan kepala Maitland-Niles setelah menerima umpan terukur Aubameyang.

Tertinggal dua gol cepat membuat Rennes seperti hilang akal. Mereka kesulitan untuk untuk mencetak gol. Hingga babak pertama usai, skor 2-0 tetap bertahan untuk Arsenal.

Usai jeda, Rennes tak ingin menyerah begitu saja. Mereka langsung ciptakan peluang emas melalui tendangan  Ismaila Sarr, sayang usahanya tersebut masih membentur tiang gawang.

Jalannya pertandingan di  babak kedua cukup berimbang. Rennes mampu tampil lebih baik, sayang harapan mereka hancur di menit ke-72 usai Aubameyang cetak gol keduanya setelah menyempurnakan umpan Sead Kolasinac. Di waktu tersisa, Rennes gagal menciptakan satu pun gol dan harus kecewa karena tersingkir dengan agregat tipis 4-3.

Baca Juga: Arsenal dan Tottenham Incar Bek Milik Newcastle Ini!

2. Lolos ke perempat final, Unai Emery targetkan Arsenal juara

Sukses Comeback, Arsenal Jejakan Kaki di Perempat Final Liga Eropagoal

Kemenangan Arsenal atas Rennes menandai dominasi klub-klub Liga Inggris di Eropa. Setelah Liga Champions yang diwakili 4 tim Inggris, kini giliran perempat final Liga Eropa yang diwakili dua tim asal London, Chelsea dan Arsenal. Kemenangan ini pun semakin membuat Arsenal percaya diri mampu melangkah lebih jauh, bahkan menjuarainya.

Hal tersebut tentunya bukan main-main, mengingat Emery memiliki sejarah fantastis dengan meraih tiga trofi Liga Eropa bersama Sevilla. Bukan tak mungkin hal ini kembali diulanginya bersama Arsenal. 

Tak hanya itu, dengan menjadi juara Liga Eropa, mereka bakal secara otomatis meraih tiket liga Champions musim depan. Saat ini mereka sendiri sedang bertarung ketat di Liga Inggris untuk perebutkan satu tiket terakhir Liga Champions musim depan bersama Chelsea dan Manchester United.

"Saya berkata pada para pemain hari ini, saya sangat bersemangat dengan kompetisi ini. Bukan cuma karena anda bisa kembali ke Liga Champions melalui kompetisi ini, tetapi juga karena saya pikir kami bisa merasakan kemungkinan meraih satu gelar juara," ungkap Emery di laman resmi Arsenal.

"[Juara dengan] tampil seperti ini pada momen-momen sulit seperti hari ini, juga bermain melawan tim-tim besar."

3. Saatnya kembali fokus dengan Liga Premier Inggris

Sukses Comeback, Arsenal Jejakan Kaki di Perempat Final Liga Eropatwitter.com/Arsenal

Usai memastikan tiket perempat final Liga Eropa, Arsenal diharuskan kembali fokus dengan Liga Inggris yang menyisakan 8 pertandingan lagi. Saat ini mereka bercokol di peringkat ke-4 dengan 60 poin, hanya unggul dua poin dari Manchester United yang berada di bawahnya.

Ancaman pun hadir dari Chelsea yang berjarak tiga angka, namun masih memiliki satu laga tersisa. Sehingga bisa kapan saja mengudeta posisi empat The Gunners. Di pekan ke-31 The Gunners akan melawan tim kuda hitam, Wolverhampton.

Namun laga tersebut akan di jadwal ulang dikarenakan Wolves akan berlaga di FA Cup akhir pekan ini. Arsenal sendiri terbilang memiliki lawan yang tak begitu berat di laga tersisa musim ini. Sedangkan Manchester United dan Chelsea masih akan saling berhadapan dan memiliki lawan berat semisal Manchester City dan Liverpool di laga sisa musim ini.

Lalu, mampu gak Arsenal capai target mereka di akhir musim?

Baca Juga: Bungkam MU, Arsenal Kembali ke Posisi Empat Besar

Ganjar Firmansyah Photo Community Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You