Jika Melatih, Inilah Syarat Klub yang Diinginkan Jose Mourinho

Jadi incaran klub-klub besar, nih!

Sejak didepak dari kursi kepelatihan Manchester United pada Desember tahun lalu, Jose Mourinho belum lagi mau untuk kembali melatih klub sepak bola. Dia memilih untuk rehat sejenak sebelum siap comeback dengan klub baru.

Meski sempat mendapatkan tawaran untuk kembali melatih di musim ini, Mourinho menolak pinangan beberapa klub dengan berbagai alasan. Dalam sebuah wawancara, pelatih asal Portugal itu pun mengungkapkan syarat klub yang akan dilatihnya nanti. Apa saja itu? Berikut ulasannya.

1. Jose Mourinho: Saya ingin bekerja dengan orang yang saya cintai seperti di Inter Milan

Jika Melatih, Inilah Syarat Klub yang Diinginkan Jose Mourinhodreamteamfc.com

Saat menukangi MU, Jose Mourinho berhasil persembahkan gelar Liga Eropa, Community Shield dan Piala Liga bagi Setan Merah. Namun performanya di musim ini sangat mengecewakan klub, MU tak mampu bersaing dengan klub besar lainnya di Liga Premier Inggris. Alih-alih meningkatkan performa para pemain, Mourinho lebih sering terlibat konflik internal klub.

Salah satu yang paling panas adalah perseteruannya dengan Paul Pogba. Tak ayal banyak pihak yang menyatakan hal itulah yang membuat dirinya didepak dari kursi kepelatihan. Tak ingin konflik tersebut kembali terulang dalam masa kepelatihannya ke depan, Mourinho pun kemudian menyatakan syarat tim seperti apa yang ingin dia latih.

Yang paling utama, baginya adalah bekerja dengan orang-orang yang dia cintai dan memiliki ide yang sama. Ia pun menambahkan lebih jauh bahwa ia ingin mendapatkan kondisi tim seperti saat dirinya bersama Inter Milan, dimana Mourinho berhasil persembahkan treble winner.

"Syarat pertama, saya ingin bekerja dengan orang yang saya cintai. Orang yang ingin saya ajak bekerja adalah yang bisa membuat bahagia, siapa yang memiliki ide yang sama dengan saya. Itulah yang saya dapatkan ketika di Inter. Ada beberapa klub seperti ini. Normalnya, ini adalah bagian penting dari kesuksesan klub," ujar Mou.

Baca Juga: Kasus Pajak di Spanyol, Jose Mourinho Divonis 1 Tahun Penjara

2. Klub dengan ambisi yang tinggi

Jika Melatih, Inilah Syarat Klub yang Diinginkan Jose Mourinhothenational.ae

Syarat kedua klub yang ingin dia latih adalah klub yang memiliki ambisi tinggi untuk menjadi juara. Bahkan Mourinho mengatakan, sudah sempat menolak penawaran kerja karena klub tersebut kurang memupuk ambisi.

Seperti yang sudah diketahui, Mourinho telah memiliki pengalaman dengan melatih klub-klub besar seperti Real Madrid, Chelsea, Inter Milan dan MU. Sepanjang karier kepelatihannya, Mourinho telah mengecap dua trofi Liga Champions saat bersama Porto dan Inter Milan.

Tak hanya itu, dia pun berhasil meraih trofi domestik di empat negara berbeda yakni Portugal, Spanyol, Italia dan Inggris. Lantas yang paling sukses tentu saja saat meraih treble winner bersama Inter Milan pada musim 2009/2010. 

Sayang, tak jarang karier kepelatihannya pun berakhir pemecatan seperti saat melatih Chelsea, Real Madrid dan MU. Dan konflik internal selalu tak lepas dari pelatih yang dijuluki sebagai The Special One ini.

3. Menebak kemana Jose Mourinho akan berlabuh selanjutnya

Jika Melatih, Inilah Syarat Klub yang Diinginkan Jose Mourinhoexpress.co.uk

Meski dipecat MU, Jose Mourinho tak pernah sepi peminat. Mantan klubnya seperti Real Madrid dan Inter Milan sempat dikabarkan ingin mendatangkannya kembali di musim mendatang. Namun belum ada pendekatan resmi yang dilakukan oleh keduanya.

Mourinho pun sempat mengatakan dalam sebuah wawancara tentang hasratnya untuk melakukan petualangan baru dengan melatih tim Prancis. Meski begitu, ia tetap menegaskan ingin istirahat sejenak dari hiruk pikuk dunia sepak bola hingga musim panas mendatang.

Sekalipun belum bisa dipastikan ke mana Mourinho akan melanjutkan kariernya. "Di dalam fase singkat hidup saya ini, yang saya harap cuma sampai Juni saja. Saya lebih memperhatikan apa yang orang lain akan lakukan daripada apa yang saya lakukan."

Akankah Mourinho kembali ke klub lamanya, atau justru membuat kejutan dengan sebuah klub baru? Kita tunggu saja keputusannya.

Baca Juga: Jose Mourinho: "Manchester United Sudah Menjadi Masa Lalu"

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya