Menilik Aktivitas Transfer AC Milan pada Januari 2024, Pasif!

Rossoneri hanya datangkan satu pemain baru

AC Milan melakukan perombakan besar pada bursa transfer musim panas 2023/2024, khususnya di lini serang. Kala itu, Rossoneri mendatangkan sederet pemain top, seperti Christian Pulisic, Noah Okafor, Samuel Chukwueze, hingga Ruben Loftus-Cheek. Namun, performa mereka belum sesuai apa yang diharapkan klub.

AC Milan sendiri tersingkir di ajang Liga Champions Eropa dan Coppa Italia 2023/2024. Peluang mereka menjuarai Serie A Italia pun cukup berat lantaran Juventus dan Inter Milan sudah terlanjur bersaing ketat. Sejauh ini, mereka masih terpaut tujuh poin dari Inter Milan di puncak klasemen hingga pekan ke-22 Serie A Italia.

Manajemen klub pun kembali bergerak pada bursa transfer Januari 2024. Beberapa pemain baru didatangkan untuk menambah kedalaman skuad, terutama di pos pertahanan yang tengah dilanda badai cedera. Simak gambaran aktivitas transfer AC Milan pada Januari 2024 melalui artikel ini, ya!

1. Cuma datangkan dua pemain bertahan

Menilik Aktivitas Transfer AC Milan pada Januari 2024, Pasif!Filippo Terracciano(x.com/acmilan)

Pos pertahanan AC Milan dilanda badai cedera pada paruh musim pertama. Empat bek tengah mereka, yaitu Mattia Caldara, Fikayo Tomori, Pierre Kalulu, dan Malick Thiaw mengalami cedera cukup serius. Kondisi ini membuat pelatih AC Milan, Stefano Pioli, memaksa Theo Hernandez beralih sebagai bek tengah. 

Pioli juga memanggil dua bek muda dari tim AC Milan Primavera, yaitu Alex Jimenez dan Jan-Carlo Simic, ke tim utama. Kendati begitu, skuad saat ini dirasa belum cukup mumpuni. Mananjemen AC Milan pun memulangkan Matteo Gabbia dari masa peminjamannya di Villarreal.

Tidak hanya itu, Rossoneri juga mendatangkan bek kanan baru, Filippo Terracciano, dari Hellas Verona. Ia ditebus dengan biaya hanya 4,5 juta euro atau Rp77 miliar dengan durasi kontrak hingga 2028.

Baca Juga: 4 Pemain AC Milan Terakhir yang Dilepas ke Klub Turki, Ada Krunic!

2. Melepas banyak pemain dengan status pinjaman

Menilik Aktivitas Transfer AC Milan pada Januari 2024, Pasif!Rade Krunic (fenerbahce.org)

Untuk merampingkan skuad inti, AC Milan melepas lima pemainnya pada Januari 2024 ini. Mayoritas dilepas dengan status pinjaman hingga akhir musim. Tiga pemain dipinjamkan tanpa opsi pembelian. Daniel Maldini ke AC Monza, Luca Romero ke Almeria, dan Devis Vásquez ke Ascoli.

Mereka diharapkan bisa lebih berkembang di klub barunya dengan mendapatkan jatah waktu bermain lebih banyak. Sementara itu, Rade Krunic dilepas ke Fenerbahce dengan kewajiban pembelian di akhir musim. Tak berhenti di situ, Junior Messias juga akhirnya dipermanenkan Genoa dengan biaya 1,5 juta euro atau Rp25 miliar setelah lebih dulu dipinjam sejak musim panas 2023 kemarin.

3. Dana terbatas, beberapa pemain incaran gagal didapatkan

Menilik Aktivitas Transfer AC Milan pada Januari 2024, Pasif!Jakub Kiwior (instagram/j.kiwior)

Hingga bursa transfer Januari 2024 ditutup, AC Milan hanya merekrut satu pemain anyar. Sejatinya, Rossoneri mengincar beberapa nama potensial. Jakub Kiwior kabarnya jadi incaran utama AC Milan pada Januari ini. Namun, AC Milan dan Arsenal tidak menemui kata sepakat.

Rossoneri dilaporkan hanya berniat meminjamnya hingga akhir musim. Sementara Arsenal ingin ada opsi permanen di dalam kesepakatan tersebut. Rossoneri lantas berpaling kepada bek Al-Ahli, Merih Demiral, pada hari-hari terakhir bursa transfer musim dingin. Namun, lagi-lagi faktor finansial jadi alasan gagalnya kesepakatan terjadi.

AC Milan dikabarkan keberatan dengan gaji tinggi bek asal Turki tersebut. Apalagi, AC Milan sedang berhemat setelah berlanja besar-besaran pada musim panas kemarin. Kala itu, mereka menghabiskan dana belanja sebesar 119,4 juta euro atau sekitar Rp2 triliun.

4. Antonio Conte santer dikabarkan bakal gantikan Stefano Pioli musim depan

Menilik Aktivitas Transfer AC Milan pada Januari 2024, Pasif!Antonio Conte (premierleague.com)

Kendati AC Milan pasif di bursa transfer musim dingin 2024, kabar besar justru hadir dari kursi manajemen. AC Milan dikabarkan bakal berpisah dengan Stefano Pioli pada akhir musim 2023/2024. Sebagai gantinya, Antonio Conte dilaporkan bakal menjadi allenatore baru Rossoneri.

Kabar ini tampaknya memberikan angin segar bagi fans AC Milan. Bukan tanpa alasan, Antonio Conte memiliki prestasi impresif kala menukangi sebuah klub. Dia sempat mempersembahkan gelar Serie A Italia untuk Juventus dan Inter Milan. Tidak hanya itu, ia juga memiliki filosofi bermain menyerang yang dinilai bakal cocok dengan skuad AC Milan saat ini.

Sederet aktivitas transfer tersebut menandakan bahwa pergerakan AC Milan pada bursa transfer musim dingin 2024 ini cukup pasif. Padahal, banyak pemain inti sedang mengalami cedera. Di sisi lain, Rossoneri cukup tertinggal jauh dari Inter Milan dan Juventus dalam perebutan gelar Serie A. Stefano Pioli kini harus lebih cerdas dalam meracik skuadnya jika tak ingin kembali mengakhiri musim tanpa gelar.

Baca Juga: 6 Pemain AC Milan 2006/2007 yang Melatih Tim pada Musim 2023/2024

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

Saya cukup suka menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya