West Ham United Tiba-Tiba Agresif di Bursa Transfer Musim Panas 2023

Maguire dan Edson Alvares segera gabung West Ham

Perjalanan West Ham United di English Premier League musim 2022/2023 berakhir buruk. Mereka hanya menghuni papan bawah dengan finis di urutan ke-14 di akhir musim. Kendati begitu, mereka membuat sejarah di kompetisi Eropa dengan menjuarai Liga Konferensi Eropa. 

Sayangnya, mereka harus kehilangan kapten tim, Declan Rice. Dia dilepas ke Arsenal dengan memecahkan rekor transfer klub. Di sisi lain, transfer itu menghasilkan dana segar untuk belanja banyak pemain baru. West Ham pun kini tiba-tiba bergerak agresif di bursa transfer musim panas. Bagaimana kisahnya? Berikut ini ulasannya.

1. Belum resmikan satu pun pemain baru, malah lepas banyak pemain inti

West Ham United Tiba-Tiba Agresif di Bursa Transfer Musim Panas 2023Declan Rice (instagram.com/declanrice)

Sejauh ini West Ham United belum meresmikan satu pun rekrutan baru. The Hammers malah kehilangan banyak pemain inti. Mereka sudah melepas lima pemain, yaitu Declan Rice, Gianluca Scamacca, Nikola Vlasic, Arthur Masuaka, dan Manuel Lanzini.

Penjualan ini menghasilkan pendapatan sebesar 135 juta paun atau Rp2,6 triliun. Dana ini nantinya bakal digunakan untuk belanja pemain baru. Beberapa nama top sudah masuk dalam radar transfer klub.

2. Selangkah lagi datangkan Edson Alvarez

West Ham United Tiba-Tiba Agresif di Bursa Transfer Musim Panas 2023Edson Alvarez (twitter.com/AFCAjax)

Untuk mengisi ruang yang ditinggalkan Declan Rice, West Ham telah menemukan penggantinya. Menurut laporan Fabrizio Romano, The Hammers hanya selangkah lagi mendapatkan gelandang Ajax, Edson Alvarez. Pemain asal Meksiko dikabarkan sudah menyelesaikan tes medis di West Ham.

Sang pemain ditebus dengan mahar 35 juta paun atau Rp677 miliar. Alvarez merupakan pemain kunci Ajax tiga musim terakhir. Dia sukses persembahkan 2 gelar Eredivise Belanda dan 1 Piala Liga. Dia juga sukses besar bersama Timnas Meksiko dengan mempersembahkan dua trofi Piala Emas.

Pemain berusia 25 tahun ini juga seorang pemain bertipe versatile. Selain gelandang bertahan, dia juga bisa ditempatkan di pos bek tengah dan bek kanan.

Baca Juga: 5 Gelandang Incaran West Ham pada Musim Panas 2023, Siapa Saja?

3. Harry Maguire setuju gabung West Ham United

West Ham United Tiba-Tiba Agresif di Bursa Transfer Musim Panas 2023Harry Maguire (twitter.com/HarryMaguire93)

Lini pertahanan menjadi fokus perbaikan David Moyes di bursa transfer musim panas ini. Eks pelatih MU ini ingin mendatangkan Harry Maguire. Tawaran pertama bernilai 20 juta paun atau Rp387 miliar sempat ditolak MU karena dinilai terlalu rendah. Namun, kedua tim kabarnya kini sudah mencapai kata sepakat di angka 30 juta paun atau Rp580 miliar.

Transfer ini mendapatkan kritikan dari fans West Ham. Lantaran, Maguire dinilai bek yang sering kali melakukan blunder. Namun, David Moyes percaya jika pengalaman Harry Maguire dibutuhkan timnya. West Ham sendiri memiliki pengalaman bagus saat merekrut pemain MU yang mengalami penurunan performa, yaitu Jesse Lingard. Dia menemukan kembali performa terbaiknya selama masa peminjaman di West Ham.

4. Tawaran untuk Scott McTominay ditolak MU, West Ham beralih ke James Ward-Prowse

West Ham United Tiba-Tiba Agresif di Bursa Transfer Musim Panas 2023James Ward-Prowse (instagram/prowsey16)

West Ham juga meminati rekan Harry Maguire di MU, yaitu Scott McTominay. The Hammers menawarkan dana sebesar 30 juta paun atau Rp580 miliar. Namun, tawaran tersebut telah ditolak MU. Setan Merah membanderol sang pemain di angka 40 juta paun atau Rp775 miliar.

Harga McTominay dinilai terlalu tinggi, West Ham kini berfokus pada gelandang Southampton, James Ward-Prowse. Menurut laporan Fabrizio Romano, West Ham dan Southampton sudah sepakat perihal nilai transfer di angka 30 juta paun atau Rp580 miliar. Kini The Hammers hanya tinggal membahas persyaratan pribadi dengan sang pemain.

Berstatus juara Liga Konferensi Eropa, langkah West Ham United di EPL musim depan layak diwaspadai. Mereka memiliki skuad cukup mapan di bawah arahan pelatih berpengalaman, David Moyes. Beberapa pemain baru selangkah lagi bakal segera bergabung. Kehadiran mereka diyakini bakal memberikan kekuatan lebih untuk mengarungi musim mendatang.

Baca Juga: 4 Pemain yang Berpotensi Gabung West Ham United pada Musim Panas 2023

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya