7 Pelatih Top Dunia yang Masuk Nominasi Pelatih Terbaik FIFA 2021

Semua sukses bawa timnya raih trofi bergengsi

FIFA baru saja mengumumkan nominasi pelatih terbaik untuk tahun 2021. Menariknya, pemenang dalam dua tahun terakhir, Jurgen Klopp, tak masuk nominasi tahun ini. Di sisi lain ada beberapa nama yang cukup diperhitungkan untuk memenangi penghargaan ini.

Mereka tahun ini sukses menuai berbagai gelar baik di kancah domestik maupun internasional. Selain itu, ada juga yang kembali membuat timnya juara setelah menunggu cukup lama. Berikut tujuh nominasi pelatih terbaik FIFA tahun 2021.

1. Antonio Conte

7 Pelatih Top Dunia yang Masuk Nominasi Pelatih Terbaik FIFA 2021Antonio Conte (marca.com)

Antonio Conte sukses mengakhiri puasa gelar Serie A yang dialami Inter Milan lebih dari satu dekade saat musim lalu ia kembali membuat Nerazzuri merengkuh gelar scudetto. Memang sejak kedatangannya Inter dibuatnya menjadi pesaing juara berkat strategi jitunya.

Kini, Conte kembali ke Liga Inggris dengan membesut Tottenham Hotspurs. Ia dituntut mengembalikan performa Spurs yang kian menurun. Berbekal pengalaman juara Liga Inggris bersama Chelsea. Menarik menyaksikan apakah Conte mampu mengangkat performa Spurs musim ini?

2. Hansi Flick

7 Pelatih Top Dunia yang Masuk Nominasi Pelatih Terbaik FIFA 2021Hansi Flick (skysports.com)

Hansil Flick meninggalkan Bayern Munchen dengan prestasi gemilang, yakni meraih treble winner. Berkat hasil itulah ia kemudian ditunjuk untuk menjadi juru taktik Timnas Jerman menggantikan Joachim Loew yang cukup lama menahkodai Die Manschaft.

Di bawah Flick Jerman terbukti melaju mulus dalam kualifikasi Piala Dunia 2022. Bahkan mereka menjadi tim pertama yang memastikan diri berlaga di Qatar tahun depan. Maka tak heran jika ia dinominasikan meraih gelar pelatih terbaik FIFA tahun ini.

Baca Juga: 8 Pelatih yang Juara Liga sebagai Pemain dan Pelatih di Klub yang Sama

3. Pep Guardiola

7 Pelatih Top Dunia yang Masuk Nominasi Pelatih Terbaik FIFA 2021Pep Guardiola (skysports.com)

Sejak kedatangan Pep Guardiola ke Manchester City, mereka sukses merajai Premier League dengan merengkuh 3 gelar. Tahun ini Pep juga membawa City untuk pertama kalinya melangkah ke final Liga Champions. Tak heran jika ia salah satu yang difavoritkan meraih gelar pelatih terbaik FIFA tahun ini.

Jika ia sukses merengkuh gelar tersebut, maka ini menjadi kali kedua pelatih asal Spanyol itu menjadi pelatih terbaik FIFA. Sebelumnya ia pernah mendapatkannya kala membesut Barcelona pada tahun 2011.

Baca Juga: Kurang Beruntung! Ini 7 Pemain Termahal yang Tak Pernah Tampil di UCL

4. Roberto Mancini

7 Pelatih Top Dunia yang Masuk Nominasi Pelatih Terbaik FIFA 2021Roberto Mancini (marca.com)

Prestasi Roberto Mancini memang terbilang mengesankan kala menukangi Timnas Italia. Di bawah asuhannya Gli Azzurri sukses menjadi jawara Piala Eropa 2020. Selain itu, ia juga membuat Italia tak terkalahkan dalam 37 pertandingan secara beruntun.

Meski Italia belum memastikan satu tempat di Piala Dunia 2022. Namun, dengan adanya Mancini diharapkan mereka mampu melewati babak play-off. Tentunya para pendukung Italia tak ingin kembali gagal menyaksikan tim kesayangannya tampil di ajang Piala Dunia.

5. Lionel Scaloni

7 Pelatih Top Dunia yang Masuk Nominasi Pelatih Terbaik FIFA 2021Lionel Scaloni (skysports.com)

Lionel Scaloni masih tergolong muda dan minim pengalaman melatih sebuah tim. Sebelumnya ia hanya menjadi asisten pelatih bagi Sevilla dan Argentina. Meski begitu, Scaloni sukses membawa Argentina kembali merengkuh gelar Copa America setelah terakhir kali meraihnya tiga dekade lalu.

Meskipun kini Argentina telah kehilangan banyak bintangnya yang mulai termakan usia. Namun, berkat kejeniusannya mereka sukses menampilkan performa yang menawan sejauh ini. Akankah Scaloni mampu memberikan trofi Piala Dunia bagi Argentina tahun depan?

6. Diego Simeone

7 Pelatih Top Dunia yang Masuk Nominasi Pelatih Terbaik FIFA 2021Diego Simeone (skysports.com)

Sejak ditangani Diego Simeone, Atletico Madrid sukses merusak dominasi Barcelona dan Real Madrid di LaLiga. Terakhir pada musim lalu ia sukses membawa Los Rojiblancos merengkuh gelar juara LaLiga.

Berkat kepintarannya dalam meracik strategi Atletico kini juga mampu bersaing di kancah Eropa. Padahal dibandingkan tim besar lainnya, para pemain Atleti terbilang tak terlalu mewah. Namun, itu semua mampu diracik Simeone untuk menghadirkan banyak trofi.

7. Thomas Tuchel

7 Pelatih Top Dunia yang Masuk Nominasi Pelatih Terbaik FIFA 2021Thomas Tuchel (skysports.com)

Chelsea sempat mengalami performa yang buruk dalam paruh pertama Liga Inggris musim lalu. Namun, sejak kedatangan Tuchel performa The Blues kian terlihat solid. Ia mampu membawa Chelsea mengakhiri musim di peringkat keempat, setelah sempat terseok-seok di awal musim.

Prestasi terbesarnya tentu saja ketika membawa Chelsea merengkuh gelar Liga Champions Eropa keduanya musim lalu setelah menaklukan Manchester City di partai puncak. Hal itulah yang membuat mantan pelatih Borussia Dortmund dijagokan meraih gelar pelatih terbaik FIFA tahun ini.

Ketujuh pelatih tersebut terbukti mampu membuat penampilan tim yang mereka asuh sangat baik. Menarik menyaksikan, siapa yang akan merebut gelar pelatih terbaik FIFA tahun ini?

Baca Juga: Penuh Kejutan! 5 Pencetak Gol Terbanyak di Liga Champions Musim Ini

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya