3 Partai Final Kompetisi Eropa yang Pernah Dimainkan Bayer Leverkusen

Bayer Leverkusen menembus final Liga Europa 2023/2024

Bayer Leverkusen berhasil menahan imbang AS Roma dengan skor 2-2 pada leg kedua semifinal Liga Europa 2023/2024, Jumat (10/5/2024) dini hari WIB. Leverkusen sempat tertinggal 0-2 terlebih dahulu berkat dua gol Leandro Paredes. Beruntung, Leverkusen mampu menyamakan kedudukan melalui gol bunuh diri Gianluca Mancini dan gol telat Josip Stanisic.

Hasil itu membuat anak asuh Xabi Alonso tersebut melaju ke final setelah unggul 4-2 secara agregat. Sebelumnya, Leverkusen berhasil menang dengan skor 2-0 pada leg pertama. Pada partai final, Leverkusen sudah ditunggu wakil Italia lainnya, Atalanta.

Menariknya, final ini bukanlah final pertama bagi Leverkusen tampil di final kompetisi Eropa. Mereka sebelumnya pernah mentas dalam dua pertandingan final, yakni final Piala UEFA 1988 dan final Liga Champions 2002. Lantas, bagaimana performa Leverkusen dalam dua pertandingan final tersebut serta peluang mereka untuk meraih gelar juara Liga Europa musim ini? Berikut ulasannya.

1. Bayer Leverkusen menang atas Espanyol pada final Piala UEFA 1988

3 Partai Final Kompetisi Eropa yang Pernah Dimainkan Bayer LeverkusenBayer Leverkusen menjuarai Piala UEFA 1987/1988. (uefa.com)

Bayer Leverkusen pertama kali melangkah ke final kompetisi Eropa terjadi pada 1987/1988. Ketika itu, Leverkusen yang diasuh Erich Ribbeck mampu melaju ke final Piala UEFA. Menariknya, itu merupakan kali kedua Leverkusen tampil di kompetisi Eropa. Sebelumnya, pada 1986/1987, langkah Leverkusen terhenti pada babak kedua di kompetisi serupa.

Langkah Leverkusen untuk mentas di partai final terbilang tak mudah. Pada babak pertama dan kedua, Leverkusen mampu menaklukan Austria Wien dan Toulouse. Setelah itu, perjalanan Leverkusen kian berat karena harus menghadapi, Feyenoord, Barcelona, dan Werder Bremen sebelum akhirnya bertemu Espanyol pada partai final.

Pada final yang berlangsung dalam dua leg tersebut, Leverkusen sempat ditekuk Espanyol tiga gol tanpa balas ketika bertandang ke Estadi de Sarria pada leg pertama. Namun, Leverkusen mampu membalas dengan skor serupa ketika bergantian menjadi tuan rumah pada leg kedua. Leverkusen akhirnya menjadi juara setelah menang melalui drama adu penalti. Itu merupakan gelar pertama Leverkusen di kancah Eropa.

2. Bayer Leverkusen ditekuk Real Madrid pada final Liga Champions 2002

3 Partai Final Kompetisi Eropa yang Pernah Dimainkan Bayer LeverkusenBayer Leverkusen menjadi runner-up Liga Champions 2001/2002. (twitter.com/bayer04_en)

Langkah Leverkusen hingga ke partai final Liga Champions 2002 terbilang luar biasa. Pada fase grup pertama, Leverkusen yang tergabung bersama Barcelona, Lyon, dan Fenerbahce berhasil menempati posisi kedua di bawah Barcelona. Mereka kemudian mampu memuncaki fase grup kedua yang diisi Arsenal, Juventus, dan Deportivo La Coruna. Setelah itu, Leverkusen berhasil menumbangkan Liverpool dan Manchester United pada partai perempat final dan semifinal.

Bayer Leverkusen bertemu Real Madrid pada partai final. Real Madrid berhasil unggul cepat pada menit kedelapan berkat gol yang dicetak Raul. Tak lama berselang, Leverkusen berhasil membuat keadaan sama kuat berkat tandukan Lucio memanfaatkan tendangan bebas Bernd Schneider.

Jelang babak pertama berakhir, Zinedine Zidane kembali membuat Real Madrid unggul. Hingga pertandingan berakhir, Leverkusen gagal mendapat gol penyama kedudukan yang membuat mereka harus puas menjadi runner-up. Kegagalan tersebut terasa menyakitkan karena pada musim yang sama Leverkusen juga menjadi runner-up Bundesliga dan kalah di final DFB Pokal.

3. Gelar juara Liga Europa bisa menjadi penutup musim yang manis bagi Bayer Leverkusen

3 Partai Final Kompetisi Eropa yang Pernah Dimainkan Bayer LeverkusenBayer Leverkusen lolos ke final Liga Europa 2023/2024 setelah menaklukan AS Roma. (twitter.com/bayer04_en)

Musim 2023/2024 menjadi musim yang luar biasa bagi Bayer Leverkusen. Tim berjuluk Die Werkself tersebut berhasil memutus dominasi Bayern Munich dengan menjadi juara Bundesliga. Selain itu, mereka juga belum tersentuh satu pun kekalahan di semua kompetisi yang diikuti.

Leverkusen berpotensi meraih trofi kedua musim ini setelah berhasil melaju ke partai final Liga Europa. Pada semifinal, Leverkusen berhasil mengalahkan AS Roma dengan agregat 4-2. Selanjutnya, Leverkusen akan menantang Atalanta di partai final yang pada semifinal lain mengalahkan Marseille.

Partai final Liga Europa 2024 menjadi kali ketiga Bayer Leverkusen menginjak final kompetisi Eropa. Lantas, apakah Leverkusen mampu menjadi juara dengan mengalahkan Atalanta? Kita lihat saja.

Baca Juga: Borussia Dortmund dan Bayer Leverkusen Lambungkan Nama Jerman di Eropa

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya