5 Kapten Liverpool yang Pernah Mengangkat Trofi Liga Champions

Bisakah Virgil van Dijk mengikuti jejak mereka?

Jordan Henderson telah menyerahkan ban kapten Liverpool ke tangan Virgil van Dijk. Henderson telah memutuskan meninggalkan Anfield untuk membela salah satu klub Arab Saudi, Al Ettifaq. Sebagai kapten, Henderson telah membawa Liverpool meraih banyak trofi bergengsi, salah satunya adalah Liga Champions.

The Reds sendiri merupakan tim Inggris tersukses di kompetisi ini dengan koleksi enam gelar juara. Salah satu kunci sukses Liverpool dalam menjuarai Liga Champions adalah memiliki deretan kapten yang luar biasa. Termasuk Henderson, berikut lima kapten Liverpool yang pernah mengangkat trofi Liga Champions.

1. Emlyn Hughes

5 Kapten Liverpool yang Pernah Mengangkat Trofi Liga ChampionsEmlyn Hughes (liverpoolfc.com)

Emlyn Hughes merupakan kapten Liverpool pertama yang berhasil mengangkat trofi Liga Champions. Pemain yang berposisi sebagai bek tersebut melakukannya pada 1977 melawan Borussia Moenchengladbach. Partai yang dihelat di Stadio Olimpico, Roma, tersebut berhasil dimenangkan Liverpool dengan skor 3-1.

Semusim berselang, Hughes berhasil mengulangi prestasi serupa. Kali ini, raksasa Belgia, Club Brugge, yang menjadi korban keganasan The Reds. Gol tunggal dari Kenny Dalglish sukses membawa Liverpool meraih gelar juara Liga Champions secara beruntun. Hughes juga menjadi satu-satunya kapten yang dua kali mengangkat trofi Liga Champions.

2. Phil Thompson

5 Kapten Liverpool yang Pernah Mengangkat Trofi Liga ChampionsPhil Thompson (liverpoolfc.com)

Sepeninggal Emlyn Hughes, ban kapten Liverpool kemudian melingkar pada lengan Phil Thompson. The Reds berhasil dibawanya kembali ke partai puncak Liga Champions pada 1981. Lawan yang harus dihadapi pada laga final adalah juara Spanyol, Real Madrid.

Laga yang berlangsung di Parc des Princes, Paris, tersebut sempat berjalan alot bagi kedua tim. Keran gol akhirnya terbuka bagi Liverpool pada menit ke-82 lewat gol Alan Kennedy. Hingga waktu normal berakhir, Real Madrid tak mampu membalas gol tersebut yang membuat Liverpool keluar sebagai juara.

Baca Juga: Demi Liverpool, Gerrard Tolak Bawa Mohamed Salah ke Arab Saudi

3. Graeme Souness

5 Kapten Liverpool yang Pernah Mengangkat Trofi Liga ChampionsGraeme Souness (liverpoolfc.com)

Liverpool bertemu AS Roma pada laga final Liga Champions 1984 di Stadio Olimpico, Roma. The Reds yang dipimpin oleh Graeme Souness berhasil unggul lebih dulu melalui sontekan Phil Neal. AS Roma kemudian menyamakan kedudukan sebelum turun minum berkat aksi Roberto Pruzzo.

Tak ada gol tambahan membuat laga terpaksa berlanjut ke babak adu penalti. Souness salah satu penendang penalti Liverpool yang berhasil membobol gawang Franco Tancredi. Liverpool akhirnya menjadi juara setelah dua penendang AS Roma gagal menembus jala Bruce Grobbelaar. 

4. Steven Gerrard

5 Kapten Liverpool yang Pernah Mengangkat Trofi Liga ChampionsSteven Gerrard (liverpoolfc.com)

Final Liga Champions 2005 menjadi salah satu yang paling dramatis dalam sejarah. Liverpool sempat tertinggal 0-3 terlebih dahulu dari AC Milan pada paruh pertama. Namun, keajaiban sesungguhnya disuguhkan Liverpool di final yang dihelat di Istanbul tersebut pada babak kedua.

Steven Gerrard menjadi pembuka keran gol Liverpool setelah turun minum. Kemudian gol dari Vladimir Smicer dan Xabi Alonso berhasil memaksa skor kembali menjadi imbang. Malam tersebut berhasil ditutup dengan sempurna oleh Liverpool setelah mereka menang lewat babak adu penalti.

Gerrard kembali membawa Liverpool menapaki partai final pada 2007. Sayang, pada saat itu mereka ditumbangkan AC Milan dengan skor 1-2. Gerrard juga menjadi salah satu kapten dan pemain terbaik yang pernah dimiliki Liverpool.

5. Jordan Henderson

5 Kapten Liverpool yang Pernah Mengangkat Trofi Liga ChampionsJordan Henderson (liverpoolfc.com)

Jordan Henderson memang bukan pemain hebat dengan skil kelas atas yang dimiliki Liverpool. Namun, ia merupakan sosok kapten yang begitu dihormati oleh para rekannya. Bahkan, Liverpool dibawanya menapaki tiga final Liga Champions.

Pada final pertama tahun 2018, Liverpool gagal menjadi juara setelah ditekuk Real Madrid. Semusim berselang, The Reds berhasil menundukkan Tottenham Hotspur untuk mengamankan gelar juara keenam mereka. Pada final ketiga tahun 2022, Liverpool kembali tertunduk lesu setelah dikalahkan Real Madrid.

Virgil van Dijk akan menjadi kapten baru Liverpool mulai musim 2023/2024. Mampukah pemain asal Belanda tersebut kembali membawa Liverpool menjuarai Liga Champions? Kita lihat saja nanti.

Baca Juga: 3 Rekrutan Pertama Steven Gerrard bersama Al-Ettifaq, Ada Henderson!

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya