5 Kemenangan Terbesar Arsenal pada Era English Premier League

Termasuk kemenangan 6-0 atas West Ham United

Arsenal berhasil meraih kemenangan meyakinkan dengan skor telak 6-0 atas West Ham United pada lanjutan English Premier League (EPL) pekan ke-24, Minggu (11/2/2024). Kemenangan tersebut membuat Arsenal mempertipis jarak poin dengan Liverpool di puncak klasemen. Kedua tim tersebut saat ini hanya terpisah jarak sebanyak dua poin.

Kemenangan setengah lusin gol yang dicetak Arsenal menjadi salah satu yang terbesar pada era EPL. Meski begitu, masih ada kemenangan dengan skor lebih besar yang pernah diraih Arsenal. Berikut lima kemenangan terbesar Arsenal pada era English Premier League.

1. Arsenal mengalahkan Blackpool 6-0 pada 2010

5 Kemenangan Terbesar Arsenal pada Era English Premier LeagueArsenal menang 6-0 atas Blackpool pada 2010. (arsenal.com)

Arsenal menjamu Blackpool di Emirates Stadium pada 2010/2011. Tampil di hadapan pendukungnya sendiri, Arsenal tak membiarkan para pemain Blackpool mengembangkan permainan. Pada babak pertama, Arsenal sudah unggul 3-0 berkat 2 gol Theo Walcott dan 1 gol Andrey Arshavin.

Pada babak kedua, Abou Diaby menambah keunggulan Arsenal pada menit ke-49. Pada menit ke-58 Walcott kembali mencetak gol, sekaligus menorehkan hattrick. Kemenangan Arsenal ditutup oleh Marouane Chamakh lewat golnya jelang pertandingan berakhir.

2. Kemenangan 6-0 atas West Ham United menjadi kemenangan tandang terbesar

5 Kemenangan Terbesar Arsenal pada Era English Premier LeagueDeclan Rice mencetak gol ke gawang West Ham United pada 2024. (premierleague.com)

Kemenangan yang diraih Manchester City dan Liverpool membuat Arsenal wajib meraih tiga poin ketika bertandang ke London Stadium markas West Ham United. William Saliba berhasil membuka keunggulan Arsenal dengan tandukannya memanfaatkan skema sepak pojok. Arsenal menggandakan keunggulan pada menit ke-41 melalui tendangan penalti Bukayo Saka. Jelang turun minum, The Gunners menambah dua gol melalui sontekan Gabriel Magalhaes dan Leandro Trossard.

Meski sudah unggul jauh, Arsenal tak mengendurkan serangan pada babak kedua. Terbukti, gol kedua Bukayo Saka membuat keunggulan Arsenal semakin besar. Tak berselang lama, Declan Rice mencetak gol cantik dari luar kotak penalti untuk menutup kemenangan Arsenal menjadi 6-0. Gol tersebut cukup emosional bagi Rice karena ia merupakan mantan pemain The Hammers. Rice terlihat tak melakukan selebrasi berlebihan usai mencetak gol.

Kemenangan ini merupakan kemenangan tandang terbesar Arsenal pada era EPL. Dengan hasil ini, Arsenal masih membayangi Liverpool dan Manchester City yang menghuni posisi dua teratas. Kemenangan ini juga menjadi yang keempat secara beruntun di EPL bagi pasukan Mikel Arteta.

Baca Juga: Arsenal Hajar Tuan Rumah West Ham United 6 Gol Tanpa Balas

3. Arsenal melumat Blackburn Rovers dengan skor 7-1 pada 2012

5 Kemenangan Terbesar Arsenal pada Era English Premier LeagueRobin van Persie mencetak hattrick ke gawang Blackburn Rovers pada 2012. (arsenal.com)

Musim 2011/2012 tak berjalan mulus bagi Arsenal pada awal musim. Mereka menderita 4 kekalahan dari 7 pertandingan pembuka. Bahkan, mereka sempat dipermalukan dengan skor mencolok 2-8 oleh Manchester United ketika bertandang ke Old Trafford.

Arsenal mulai bangkit pada paruh kedua musim. Salah satu pertandingan terbaik mereka terjadi ketika menjamu Blackburn Rovers. Pada babak pertama, Arsenal sudah unggul 3-1 berkat 2 gol Robin van Persie dan 1 gol Alex Oxlade-Chamberlain yang hanya mampu dibalas Morten Pedersen. Blackburn semakin tertekan setelah Gael Givet mendapat kartu merah sebelum babak pertama berakhir.

Unggul jumlah pemain, The Gunners tampil semakin padu. Mikel Arteta dan Oxlade-Chamberlain masing-masing menambah satu gol pada babak kedua. Van Persie menjadi pemain yang paling bersinar setelah mencetak gol ketiga. Pada injury time, Arsenal menambah satu gol setelah Scott Dann memasukkan bola ke gawangnya sendiri.

4. Middlesbrough harus rela diberondong tujuh gol tanpa balas pada 2006

5 Kemenangan Terbesar Arsenal pada Era English Premier LeagueArsenal menang 7-0 atas Middlesbrough pada 2006. (premierleague.com)

Middlesbrough benar-benar tak diberi ampun oleh Arsenal ketika mereka datang ke Highbury pada 2006. Kali itu, Thierry Henry membawa Arsenal unggul terlebih dahulu ketika pertandingan berjalan 20 menit. Henry tampil apik pada pertandingan tersebut dengan mencatatkan hattrick.

Sementara itu, empat gol Arsenal lainnya berhasil disarangkan Philippe Senderos, Robert Pires, Gilberto SIlva, dan Aliaksandr Hleb. The Gunners menutup pertandingan dengan sepuluh pemain setelah Vieira Doriva mendapat kartu merah. Musim 2005/2006 merupakan musim terakhir Arsenal bermain di Highbury sebelum akhirnya pindah ke Emirates Stadium.

5. Arsenal meraih kemenangan 7-0 atas Everton pada 2005

5 Kemenangan Terbesar Arsenal pada Era English Premier LeagueArsenal menang 7-0 atas Everton pada 2005. (arsenal.com)

David Moyes benar-benar memiliki pengalaman yang tak mengesankan ketika menghadapi Arsenal. Sebelum West Ham United dibantai dengan skor 0-6, ia pernah mendapat kekalahan yang lebih buruk ketika masih menangani Everton. Partai tersebut terjadi pada 2005 ketika Arsenal meraih kemenangan dengan skor telak 7-0.

Dennis Bergkamp tampil sebagai bintang pada pertandingan tersebut. Ia berhasil mencetak 1 gol dan memberikan 3 assist. Sementara itu, Robert Pires tampil tak kalah apik dengan lesakkan dua gol. Robin van Persie, Patrick Vieira, Edu, dan Mathieu Flamini masing-masing mencetak satu gol untuk menutup laga kandang terakhir Arsenal musim 2004/2005 dengan manis.

David Moyes dua kali dipecundangi oleh Arsenal dengan skor cukup telak. Selain laga melawan West Ham United, ia lebih dulu merasakan kekalahan dengan skor mencolok ketika masih melatih Everton.

Baca Juga: Kiprah 5 Pemain yang Dipinjamkan Arsenal pada Paruh Musim 2023/2024

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya