5 Kemenangan Terbesar Liverpool di Liga Europa

Banyak terjadi pada musim 2023/2024

Liverpool berhasil menginjakkan satu kaki ke perempat final Liga Europa 2023/2024 setelah menumbangkan Sparta Praha, Jum'at (8/3/2024) dini hari WIB. Meskipun bermain di kandang lawan, The Reds tampil ganas dengan kemenangan telak 5-1. Kemenangan ini membuat Liverpool bisa sedikit lebih tenang pada leg kedua yang digelar di Anfield.

Skor 5-1 merupakan kemenangan terbesar Liverpool di kompetisi kasta kedua Eropa tersebut. Namun, skor tersebut bukanlah kali pertama diraih Liverpool. Menariknya, banyak kemenangan besar yang diraih pada 2023/2024.

Berikut lima kemenangan terbesar Liverpool di ajang Liga Europa.

1. Liverpool menekuk Benfica 4-1 pada perempat final 2009/2010

5 Kemenangan Terbesar Liverpool di Liga EuropaLiverpool menang 4-1 atas Benfica pada leg kedua 16 besar Liga Europa 2009/2010. (liverpoolfc.com)

Liverpool bertemu Benfica pada perempat final Liga Europa 2009/2011. Pada leg pertama yang dimainkan di kandang Benfica, The Reds dipaksa bertekuk lutut dengan skor 1-2. Kekalahan tersebut membuat mereka harus tampil habis-habisan pada leg kedua di Anfield.

Pada babak pertama, Liverpool sudah unggul dua gol berkat aksi Dirk Kuyt dan Lucas Leiva. Pada babak kedua, keunggulan The Reds semakin jauh setelah Fernando Torres mencetak dua gol. Sementara itu, Benfica hanya mampu menipiskan kedudukan melalui sontekan Cardozo.

Kemenangan itu membuat Liverpool lolos ke semifinal dengan agregat 5-3. Sayang, ambisi Liverpool untuk menjadi juara dikandaskan Atletico Madrid. Liverpool kalah agresivitas gol tandang meski agregat sama kuat 2-2.

2. Liverpool mengalahkan Steaua Bucharest 4-1 pada 2010/2011

5 Kemenangan Terbesar Liverpool di Liga EuropaJoe Cole mencetak gol ke gawang Steaua Bucharest pada fase grup Liga Europa 2010/2011. (uefa.com)

Pada Liga Europa 2010/2011, Liverpool tergabung di Grup K bersama Napoli, Steaua Bucharest, dan FC Utrecht. The Reds berhasil menjadi pemuncak grup setelah meraih 2 kemenangan dan 4 hasil imbang. Salah satu kemenangan tersebut datang ketika menghadapi wakil Rumania, Steaua Bucharest.

Bermain di hadapan publik sendiri, Joe Cole membuka keunggulan pada menit pertama. Bucharest kemudian berhasil membalas pada menit ke-13 melalui sontekan Tanase. Pada babak kedua, Liverpool yang terus menekan menambah tiga gol untuk menutup laga dengan skor 4-1. David N'Gog mencetak 2 gol, sementara 1 gol lainnya disumbangkan Lucas Leiva.

Baca Juga: 6 Pemain Terbaik Leg Pertama Babak 16 Besar Liga Europa 2023/2024

3. LASK dikalahkan Liverpool dengan skor 4-0 pada 2023/2024

5 Kemenangan Terbesar Liverpool di Liga EuropaLiverpool menang 4-0 atas LASK pada pekan kelima Liga Europa 2023/2024. (liverpoolfc.com)

Liverpool tergabung bersama LASK, Toulouse, dan Union Saint-Gilloise di Grup E Liga Europa 2023/2024. The Reds sempat meraih dua kemenangan besar pada fase grup. Salah satunya terjadi pada pekan kelima ketika menjamu wakil Austria, LASK.

Liverpool membuka keunggulan pada menit ke-12 melalui aksi Luis Diaz. Tak berselang lama, The Reds menggandakan keunggulan berkat gol Cody Gakpo. Pada babak kedua, Liverpool mengunci kemenangan menjadi 4-0 berkat eksekusi penalti Mohamed Salah dan gol kedua Gakpo.

4. Skor 5-1 menghiasi pertandingan Liverpool melawan Toulouse pada 2023/2024

5 Kemenangan Terbesar Liverpool di Liga EuropaLiverpool menang 5-1 atas Toulouse pada fase grup Liga Europa 2023/2024. (liverpoolfc.com)

Selain menang besar menghadapi LASK, Liverpool juga berpesta gol pada pekan ketiga menghadapi wakil Prancis, Toulouse. Bermain di Anfield, tim tamu tak diberi waktu untuk mengembangkan permainan. Pada babak pertama, Diogo Jota, Wataru Endo, dan Darwin Nunez membawa Liverpool unggul 3-0. Sementara itu, Toulouse hanya mampu mencetak satu gol berkat aksi Thijs Dallinga.

Dominasi Liverpool berlanjut pada babak kedua. Dua gol masing-masing Ryan Gravenberch dan Mohamed Salah membuat skor akhir menjadi 5-1 untuk kemenangan Liverpool. Namun, kekalahan ini mampu dibalas Toulouse pada pertemuan kedua dengan skor 3-2.

5. Kemenangan 5-1 atas Sparta Praha merupakan kemenangan tandang terbesar Liverpool

5 Kemenangan Terbesar Liverpool di Liga EuropaDarwin Nunez mencetak dua gol ke gawang Sparta Praha pada leg pertama 16 besar Liga Europa 2023/2024. (liverpoolfc.com)

Liverpool bertandang ke Stadion Letna markas Sparta Praha pada leg pertama 16 besar Liga Europa 2023/2024. Sparta Praha bukanlah tim yang mudah dikalahkan ketika bermain di hadapan pendukungnya. Mereka sebelumnya mengalahkan raksasa Turki, Galatasaray, dengan skor telak 4-1 pada babak play-off.

Namun, keganasan Sparta Praha mampu diredam oleh anak asuh Juergen Klopp. The Reds unggul cepat berkat eksekusi penalti Alexis Mac Allister. Darwin Nunez tampil sebagai bintang kemenangan berkat dua gol cantik sebelum turun minum. Pada babak kedua, The Reds menambah dua gol masing-masing dari Luis Diaz dan Dominik Szoboszlai.

Kemenangan itu merupakan kemenangan tandang terbesar Liverpool di ajang Liga Europa. Keunggulan besar membuat Liverpool bisa melakukan rotasi pemain pada leg kedua di Anfield. Pasalnya, The Reds masih mengejar gelar juara English Premier League dan Piala FA.

Liverpool meraih tiga kemenangan dengan skor mencolok pada Liga Europa 2023/2024, termasuk kemenangan terbesar dalam sejarah tim. Lantas, mampukah The Reds menutup musim dengan menjadi juara?

Baca Juga: Jelang Liverpool vs Man City pada Pekan 28 Premier League 2023/2024

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya