7 Manajer yang Mencetak 200 Kemenangan di Premier League

Juergen Klopp jadi yang terbaru

Intinya Sih...

  • Liverpool menang 4-1 atas Chelsea di EPL, memperkokoh posisi puncak klasemen dengan 51 poin.
  • Juergen Klopp mencapai 200 kemenangan di EPL, menyusul tujuh manajer hebat sebelumnya.
  • Sir Alex Ferguson, Arsene Wenger, David Moyes, Harry Redkanpp, Jose Mourinho, dan Pep Guardiola adalah manajer yang mencetak lebih dari 200 kemenangan di Premier League.

Liverpool berhasil mengalahkan Chelsea dengan skor telak 4-1 pada pekan ke-22 English Premier League (EPL), Kamis (1/2/2024). Tambahan tiga poin membuat Liverpool masih kokoh di puncak klasemen dengan koleksi 51 poin. The Reds unggul lima angka dari Manchester City dan Arsenal.

Kemenangan tersebut juga menjadi momen berharga bagi sang manajer, Juergen Klopp. Dengan kemenangan atas Chelsea, manajer asal Jerman tersebut kini telah mengoleksi 200 kemenangan di EPL. Klopp mengikuti jejak enam manajer hebat yang lebih dahulu mencatatkan prestasi tersebut.

Berikut tujuh manajer yang mencetak 200 kemenangan di Premier League.

1. Sir Alex Ferguson memiliki 528 kemenangan bersama Manchester United

7 Manajer yang Mencetak 200 Kemenangan di Premier LeagueSir Alex Ferguson (manutd.com)

Sir Alex Ferguson merupakan manajer legendaris yang pernah membesut Manchester United. Kebersamaan Ferguson dan Manchester United menghasilkan banyak trofi, seperti 13 gelar juara EPL dan 2 Liga Champions Eropa. Di bawah arahan manajer asal Skotlandia tersebut, The Red Devils menjadi tim yang paling dominan di kasta teratas Liga Inggris.

Ferguson membawa Manchester United meraih 528 kemenangan di EPL. Jumlah tersebut merupakan yang terbanyak di antara manajer lainnya sepanjang sejarah EPL. Ferguson bahkan meraih 200 kemenangan pertamanya hanya dalam 322 pertandingan.

2. Arsene Wenger mencatatkan 476 kemenangan bagi Arsenal

7 Manajer yang Mencetak 200 Kemenangan di Premier LeagueArsene Wenger (arsenal.com)

Selama menukangi Arsenal, Arsene Wenger selalu bisa menyulitkan Manchester United asuhan Sir Alex Ferguson. Terbukti, Wenger membawa Arsenal tiga kali menjadi juara Premier League. Bahkan, ia menjadi satu-satunya manajer yang mampu membawa timnya tak terkalahkan dalam semusim. Itu terjadi pada 2003/2004 ketika The Gunners menjadi juara.

Meski begitu, manajer asal Prancis tersebut sedikit lebih lama untuk meraih 200 kemenangan dibanding Ferguson, yakni dalam 332 pertandingan. Total, Wenger mampu meraih 476 kemenangan selama 22 tahun menjadi juru taktik Arsenal. Wenger juga menjadi manajer dengan pengabdian paling lama untuk satu tim dalam sejarah EPL.

3. David Moyes mempunyai 265 kemenangan di Premier League

7 Manajer yang Mencetak 200 Kemenangan di Premier LeagueDavid Moyes (whufc.com)

David Moyes mungkin tak memiliki deretan trofi mentereng seperti Sir Alex Ferguson dan Arsene Wenger. Selama kariernya, Moyes hanya pernah mengangkat trofi Community Shield bersama Manchester United dan Liga Konferensi Eropa bersama West Ham United. Selain kedua tim tersebut, Moyes juga pernah membesut Everton dan Sunderland.

Moyes merupakan manajer dengan jumlah kemenangan terbanyak ketiga dalam sejarah Premier League dengan 265 kemenangan. Moyes meraih kemenangan ke-200 bersama West Ham United pada 2018 saat melawan Huddersfield Town. Moyes sendiri masih menjabat sebagai arsitek tim yang bermarkas di London Stadium tersebut pada 2023/2024 ini.

Baca Juga: 4 Manajer Aktif Terlama yang Menangani Sebuah Klub Premier League

4. Harry Redknapp cukup sukses dengan 236 kemenangan

7 Manajer yang Mencetak 200 Kemenangan di Premier LeagueHarry Redknapp (uefa.com)

Koleksi 236 kemenangan membuat Harry Redkanpp menjadi manajer dengan jumlah kemenangan terbanyak keempat dalam sejarah Premier League. Padahal, Redknapp tak terlalu sering membesut tim besar selama kariernya. Hanya Tottenham Hotspur tim Big Six yang pernah ia tukangi.

Prestasi Redknapp yang cukup diingat adalah ketika membawa Portsmouth meraih gelar juara Piala FA 2008. Saat itu, Portsmouth mengalahkan Cardiff City dengan skor 1-0 pada partai final. Selain itu, Redknapp juga pernah membawa West Ham United menjuarai Piala Intertoto pada 1999.

5. Jose Mourinho memberikan 217 kemenangan bagi 3 tim berbeda

7 Manajer yang Mencetak 200 Kemenangan di Premier LeagueJose Mourinho (chelseafc.com)

Jose Mourinho pernah menukangi tiga tim berbeda selama berkarier di Premier League. Chelsea menjadi tim pertamanya di EPL sekaligus yang paling sukses dari jumlah trofi. Manajer asal Portugal tersebut mampu memberikan tiga gelar juara kasta tertinggi Liga Inggris kepada The Blues.

Selain Chelsea, Mourinho juga pernah membesut Manchester United dan Tottenham Hotspur. Total, Mourinho mampu mengoleksi 217 kemenangan selama berkarier di EPL. Sayangnya, Mourinho tengah menganggur setelah dipecat AS Roma pada pertengahan 2023/2024.

6. Pep Guardiola memiliki catatan 210 kemenangan bersama Manchester City

7 Manajer yang Mencetak 200 Kemenangan di Premier LeaguePep Guardiola (mancity.com)

Pep Guardiola menjadi manajer tercepat yang meraih 200 kemenangan di Premier League. Guardiola hanya memerlukan 269 pertandingan untuk mencapai rekor itu. Ia melakukannya pada Agustus 2023 ketika Manchester City menekuk Sheffield United dengan skor 2-1. Guardiola sendiri dewasa ini memiliki koleksi 210 kemenangan yang masih bisa terus bertambah.

Sejak kedatangannya pada 2016, manajer asal Spanyol tersebut membuat Manchester City merajai kasta teratas Liga Inggris. Terbukti, ia mampu meraih 5 gelar juara yang 3 di antaranya diraih secara beruntun. Prestasi terbesarnya tentu saja ketika membawa Manchester City meraih treble winner pada 2022/2023.

7. Juergen Klopp meraih kemenangan ke-200 melawan Chelsea pada 2023/2024

7 Manajer yang Mencetak 200 Kemenangan di Premier LeagueJuergen Klopp (liverpoolfc.com)

Kemenangan 4-1 atas Chelsea merupakan kemenangan ke-200 bagi Juergen Klopp bersama Liverpool di Premier League. Klopp menjadi manajer The Reds pertama yang meraih prestasi apik tersebut. Manajer asal Jerman itu hanya memerlukan 318 pertandingan untuk mencapai 200 kemenangan.

Sayang, Klopp sudah memutuskan untuk meninggalkan Anfield pada akhir musim 2023/2024. Ia akan pergi setelah memberikan semua gelar yang bisa diraih Liverpool, baik di kancah domestik maupun Eropa. Klopp tentunya ingin menutup kariernya bersama Liverpool dengan menjadi juara EPL pada akhir musim nanti.

Ketujuh manajer di atas mampu meraih lebih dari 200 kemenangan di Premier League. Menariknya, 4 manajer di antaranya melakukannya bersama 1 tim. Mungkinkah akan ada nama lain yang menyusul nama-nama di atas?

Baca Juga: 5 Manajer Tercepat yang Meraih 200 Kemenangan di Premier League

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya