5 Momen Terindah CR7 di Liga Champions Bersama Manchester United

Termasuk juara pada musim 2007/2008!

Debut Cristiano Ronaldo di Liga Champions bersama Manchester United terbilang tak terlalu bagus. Meski ia mencetak satu gol, timnya harus takluk dari Young Boys dengan skor 2-1. Hal ini tentunya tak disangka, mengingat luar biasanya kualitas pemain Setan Merah.

Padahal dulu ketika membela Manchester United, Ronaldo terbukti banyak mempunyai kenangan manis. Salah satunya adalah ketika menjadi juara pada musim 2007/2008 usai mengalahkan Chelsea. Berikut lima momen terindah Ronaldo bersama Manchester United di Liga Champions.

1. Membantai AS Roma 7-1 pada leg kedua perempat final musim 2006/2007

5 Momen Terindah CR7 di Liga Champions Bersama Manchester UnitedCristiano Ronaldo saat menghadapi AS Roma pada leg kedua perempat final Liga Champions musim 2006/2007 (90min.com)

Manchester United sempat dikalahkan AS Roma 2-1 pada leg pertama perempat final Liga Champions musim 2006/2007. The Red Devils pun mau tak mau harus meraih kemenangan pada leg kedua yang dimainkan di kandang sendiri.

Hal itu ternyata mampu dilakukan oleh pasukan Sir Alex Ferguson dimana United tampil kesetanan dengan membobol gawang Roma sebanyak tujuh kali. Serigala Roma hanya mampu membalas satu gol lewat sepakan Daniele De Rossi. Ronaldo sendiri saat itu sukses mencetak dua gol.

2. Menang atas mantan timnya, Sporting Lisbon, pada babak grup musim 2007/2008

5 Momen Terindah CR7 di Liga Champions Bersama Manchester UnitedCristiano Ronaldo saat menghadapi Sporting Lisbon pada fase grup Liga Champions musim 2007/2008 (eurosport.com)

Laga melawan Sporting Lisbon pada pertandingan pertama fase grup Liga Champions musim 2007/2008 menjadi momen spesial bagi Cristiano Ronaldo. Hal ini karena Sporting sendiri merupakan tim pertama Ronaldo dalam karier sepak bolanya.

Apalagi laga ini sendiri dimainkan di stadion Jose Alvalade yang merupakan markas Sporting Lisbon. Manchester United sendiri akhirnya menang dengan keunggulan satu gol lewat sepakan Cristiano Ronaldo. Ia tampak begitu emosional dan tak melakukan selebrasi usai gol tersebut.

Baca Juga: 6 Debut Sepanjang Karier Cristiano Ronaldo, Penuh Kenangan

3. Juara Liga Champions musim 2007/2008 usai menumbangkan Chelsea lewat babak adu penalti

5 Momen Terindah CR7 di Liga Champions Bersama Manchester UnitedCristiano Ronaldo juara Liga Champions musim 2007/2008 (sportslumo.com)

Tahun 2008 menjadi puncak prestasi Ronaldo bersama Manchester United di ajang Liga Champions, sebab saat itu mereka berhasil menjuarai kompetisi kasta tertinggi di Eropa tersebut usai mengandaskan Chelsea di partai final lewat babak adu penalti.

United sendiri tampil di final usai mengandaskan Barcelona di partai semifinal, sedangkan Chelsea sukses memulangkan Liverpool. Pada laga final, The Red Devils sebetulnya mampu unggul lebih dulu lewat Ronaldo, namun berhasil disamakan oleh Frank Lampard.

Laga berjalan imbang hingga 120 menit membuat adu penalti menjadi penentu siapa yang akan menjadi juara. Ronaldo sendiri sebenarnya gagal mengeksekusi bola menjadi gol, beruntung John Terry dan Nicholas Anelka tak mampu menjebol gawang Edwin van der Sar sehingga membuat trofi Liga Champions menjadi milik Manchester United.

4. Gol Indah ke gawang Porto pada leg kedua babak perempat final musim 2008/2009

5 Momen Terindah CR7 di Liga Champions Bersama Manchester UnitedCristiano Ronaldo saat menghadapi Porto pada leg kedua perempat final Liga Champions musim 2008/2009 (the-sun.com)

Setelah menjadi juara pada tahun 2008, tentunya Manchester United ingin mengulang pencapaian tersebut pada musim berikutnya. Namun, mereka menemui kendala saat berjumpa Porto pada babak perempat final, dimana mereka sukses menahan imbang dua sama di leg pertama yang berlangsung di Old Trafford.

Mau tak mau, United harus meraih kemenangan di kandang Porto jika tak mau pulang dengan tangan hampa. Ketika laga baru berjalan enam menit, sepakan Ronaldo dari jarak 35 meter sukses menggetarkan jala gawang Porto. Gol itu juga menjadi penentu lolosnya Setan Merah ke babak semifinal.

5. Dua gol ke gawang Arsenal untuk mengantar Manchester United ke babak final musim 2008/2009

5 Momen Terindah CR7 di Liga Champions Bersama Manchester UnitedCristiano Ronaldo saat menghadapi Arsenal pada leg kedua semifinal Liga Champions musim 2008/2009 (manutd.com)

Setelah sukses mengandaskan perlawanan Porto, kini mereka telah ditunggu Arsenal pada babak semifinal musim 2008/2009. Manchester Merah bermain baik pada leg pertama, dan sukses mengamankan kemenangan lewat gol tunggal John O'Shea.

Arsenal yang menolak kalah bersiap menjamu United di Emirates Stadium pada leg kedua. Meski begitu dua gol dari Ronaldo serta satu gol dari Park Ji Sung hanya mampu dibalas sekali oleh Robin van Persie. Hal itu membuat Manchester United kembali menginjak partai final, meski akhirnya harus mengakui keunggulan Barcelona.

 

Ronaldo terbukti punya banyak momen indah selama membela Manchester United. Kini di periode keduanya, akankah ia kembali membuat klub yang membesarkan namanya itu merajai Eropa lagi?

Baca Juga: 7 Klub yang Belum Pernah Dibobol Cristiano Ronaldo di Premier League

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya