6 Pelatih Asing yang Menangani Klub Bundesliga 2023/2024

Salah satunya Xabi Alonso

Bundesliga Jerman 2023/2024 didominasi pelatih lokal. Tercatat, 12 dari 18 klub Bundesliga musim ini menggunakan jasa pelatih Jerman. Meski begitu, beberapa klub juga menggunakan juru taktik asing untuk menangani mereka musim ini.

Beberapa pelatih sudah cukup lama bersama klub yang mereka tangani, tetapi ada juga yang baru menjalani musim pertamanya. Mereka akan bersaing dengan para pelatih lokal untuk mendapatkan hasil terbaik. Berikut enam pelatih asing yang menangani klub Bundesliga 2023/2024.

1. Urs Fischer membawa Union Berlin tampil di Liga Champions Eropa

6 Pelatih Asing yang Menangani Klub Bundesliga 2023/2024Urs Fischer (bundesliga.com)

Union Berlin menjadi klub yang cukup mengejutkan pada 2022/2023 lalu. Dengan pemain yang tak terlalu mewah, mereka sempat bersaing dengan Bayern Munich dan Borussia Dortmund dalam perburuan gelar juara Bundesliga. Namun, pada akhirnya, mereka hanya mampu finis keempat dan mendapat satu tiket ke Liga Champions Eropa untuk pertama kalinya dalam sejarah.

Keberhasilan klub berjuluk Die Eisernen tersebut tak lepas dari peran sang pelatih, Urs Fischer. Juru taktik asal Swiss tersebut menangani Union Berlin ketika klub asal ibu kota Jerman tersebut masih tampil di Bundesliga 2. Musim ini, langkah mereka akan makin berat karena harus tampil di Liga Champions.

2. TSG Hoffenheim menjadi klub Bundesliga kedua yang ditangani Pellegrino Matarazzo

6 Pelatih Asing yang Menangani Klub Bundesliga 2023/2024Pellegrino Matarazzo (bundesliga.com)

Lahir di Amerika Serikat, Pellegrino Matarazzo menghabiskan kariernya sebagai pemain di Jerman. Meski begitu, ia hanya tampil untuk klub divisi bawah, seperti SV Wehen dan SG Wattenscheid 09. Setelah pensiun, Matarazzo sempat menjadi staf kepelatihan Julian Nagelsmann di TSG Hoffeinheim untuk menangani pemain muda.

Berbekal ilmu tersebut, Matarazzo menerima tawaran VfB Stuttgart sebagai pelatih utama pada 2019. Sayang, ia kemudian dipecat pada 2022 usai hasil buruk yang diraih Stuttgart. Pada 2023, ia kembali ke Hoffeinheim, kali ini berperan sebagai pelatih.

3. Bo Svensson masih dipercaya mengarsiteki Mainz 05

6 Pelatih Asing yang Menangani Klub Bundesliga 2023/2024Bo Svensson (bundesliga.com)

Bo Svensson pertama kali ditunjuk menangani Mainz 05 pada 2021. Dalam 2 musim, pelatih asal Denmark tersebut mampu membawa Mainz finis kedelapan dan kesembilan. Melihat hasil bagus tersebut, ia pun dipertahankan Mainz pada 2023/2024 ini.

Sebelum menjadi pelatih, Svensson merupakan pemain Mainz periode 2007--2014. Tak heran jika ia mengenal betul klub berjuluk Die Nullfuenfer tersebut. Mainz juga sering menghasilkan beberapa pelatih hebat, seperti Juergen Klopp dan Thomas Tuchel.

Baca Juga: 5 Pemain Spanyol Paling Sering Membela Bayern Munich, Ada Xabi Alonso

4. Gerardo Seoane menggantikan Daniel Farke sebagai pelatih Borussia Moenchengladbach

6 Pelatih Asing yang Menangani Klub Bundesliga 2023/2024Gerardo Seoane (bundesliga.com)

Borussia Moenchengladbach menunjuk Gerardo Seoane sebagai pengganti Daniel Farke yang dianggap kurang memuaskan pada 2022/2023 lalu. Bagi Seoane, Gladbach menjadi klub Bundesliga kedua yang ia tangani. Sebelumnya, pelatih asal Swiss tersebut sempat melatih Bayer Leverkusen sebelum dipecat pada 2022.

Sebelum hijrah ke Bundesliga, Seoane memulai karier kepelatihannya di Swiss dengan menangai Luzern dan Young Boys. Prestasinya pun cukup memuaskan dengan membawa Young Boys tiga kali menjuarai Swiss Super League dan sekali menjuarai Swiss Cup. Pengalamannya tersebut menjadi modal baginya untuk membawa Gladbach setidaknya mendapat satu tiket ke kompetisi Eropa.

5. Niko Kovac menjalani musim keduanya bersama VfL Wolfsburg

6 Pelatih Asing yang Menangani Klub Bundesliga 2023/2024Niko Kovac (bundesliga.com)

Niko Kovac sempat dicap gagal ketika menangani Bayern Munich. Rentetan hasil buruk serta tensi yang memanas dengan pemain membuatnya digantikan Hansi Flick. Setelah itu, Kovac sempat hijrah ke Prancis untuk menangani AS Monaco.

Pada 2022, pelatih asal Kroasia tersebut kembali ke Bundesliga usai menerima pinangan VfL Wolfsburg. Musim lalu, Wolfsburg tampil apik dengan menempati urutan kedelapan klasemen akhir. Kovac tak asing dengan atmosfer Bundesliga karena menghabiskan seluruh kariernya selama menjadi pemain di Jerman.

6. Xabi Alonso menjadi juru taktik Bayer Leverkusen

6 Pelatih Asing yang Menangani Klub Bundesliga 2023/2024Xabi Alonso (bundesliga.com)

Salah satu pelatih muda yang cukup menarik perhatian adalah Xabi Alonso. Mantan gelandang Timnas Spanyol tersebut ditunjuk sebagai juru taktik Bayer Leverkusen menggantikan Gerardo Seoane pada 2022. Musim pertamanya pun berlangsung cukup baik dengan membawa klub berjuluk Die Werkself finis keenam.

Sebelum menangani Leverkusen, Alonso sempat menjadi pelatih tim muda Real Madrid serta Real Sociedad B. Ketika masih aktif bermain, Alonso sempat membela Bayern Munich selama 3 musim di Bundesliga. Pada 2023/2024 ini, Alonso harus membuktikan kapasitasnya dengan membawa Leverkusen meraih hasil terbaik.

Keenam pelatih tersebut dipercaya untuk menangani klub Bundesliga di tengah dominasi para pelatih lokal. Lantas, apakah mereka mampu membawa klubnya berprestasi musim ini?

Baca Juga: 4 Pemain Kunci Bayer Leverkusen sejak Dilatih Xabi Alonso

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya