4 Pelatih Asing yang Menangani Klub Serie A 2023/2024

Akan bertarung dengan para pelatih lokal

Italia memang salah satu negara yang konsisten memproduksi deretan pelatih hebat. Hal itu terlihat dari Serie A Italia yang selalu didominasi para juru taktik lokal. Tercatat hanya 4 dari 20 tim Serie A yang menggunakan jasa pelatih asing pada 2023/2024.

Meski tak sebanyak pelatih lokal, para pelatih asing ini juga punya prestasi yang tak kalah bagus. Bahkan, ada yang cukup berpengalaman membawa timnya meraih gelar juara di berbagai kompetisi. Berikut empat pelatih asing yang menangani klub Serie A 2023/2024.

1. Jose Mourinho masih menjadi juru taktik AS Roma

4 Pelatih Asing yang Menangani Klub Serie A 2023/2024Jose Mourinho (asroma.com)

AS Roma merupakan klub Serie A kedua yang pernah dilatih Jose Mourinho. Pelatih berjuluk The Special One tersebut sempat mengasuh Inter Milan. Mourinho sendiri telah melatih AS Roma sejak 2021 usai dipecat dari Tottenham Hotspur.

Selama dilatih Mourinho, Il Lupi berturut-turut menempati urutan keenam klasemen dalam 2 musim terakhir. Mourinho juga sukses membawa AS Roma menjuarai Liga Konferensi Eropa 2022 usai menumbangkan Feyenoord di final. Musim ini, ia masih dipercaya untuk menukangi AS Roma dengan misi menembus zona Liga Champions Eropa.

2. Paulo Sousa jadi penyelamat Salernitana dari jurang degradasi musim lalu

4 Pelatih Asing yang Menangani Klub Serie A 2023/2024Paulo Sousa (twitter.com/SerieA_ID)

Paulo Sousa pertama kali mengemban jabatan sebagai pelatih Salernitana pada Februari 2023 menggantikan Davide Nicola. Pelatih asal Portugal tersebut berhasil menyelamatkan tim berjuluk I Granata tersebut lolos dari jeratan degradasi. Ia sempat menahan imbang Napoli yang membuat mereka menunda pesta juara.

Salernitana menjadi tim Serie A kedua yang pernah ditangani Sousa. Ia pernah menjadi juru taktik Fiorentina periode 2015--2017. Ketika menjadi pemain, Sousa mengantar Juventus menjadi juara Serie A dan Liga Champions.

Baca Juga: 7 Pemain yang Sukses Bikin Hattrick di Pekan Perdana Serie A

3. Torino masih memercayai Ivan Juric sebagai pelatih

4 Pelatih Asing yang Menangani Klub Serie A 2023/2024Ivan Juric (legaseriea.it)

Ivan Juric masih dipercaya sebagai pelatih Torino sejak kedatangannya pada 2021. Selama periode tersebut, pelatih berkebangsaan Kroasia tersebut mampu membawa Il Toro dua kali menempati posisi kesepuluh. Laga melawan Cagliari di kandang sendiri akan menjadi ujian pertamanya pada 2023/2024.

Juric memang tak asing dengan atmosfer sepak bola Italia. Ketika masih menjadi pemain, ia pernah memperkuat Crotone dan Genoa. Kemudian, ia melanjutkan kariernya sebagai pelatih Mantova, Crotone, Genoa, dan Hellas Verona sebelum menerima tawaran Torino.

4. Rudi Garcia menggantikan Luciano Spalletti sebagai pelatih Napoli

4 Pelatih Asing yang Menangani Klub Serie A 2023/2024Rudi Garcia (sscnapoli.it)

Rudi Garcia menjadi pilihan manajemen Napoli untuk menggantikan Luciano Spalletti. Beban cukup tinggi berada di pundak Garcia untuk mempertahankan scudetto yang diraih musim lalu. Selain mempertahankan scudetto, Garcia juga diharapkan mampu membuat Napoli berbicara banyak di Liga Champions.

Bagi pelatih asal Prancis tersebut, ini bukan kali pertama menerima tawaran untuk melatih klub Serie A. Sebelumnya, ia menakhodai AS Roma pada 2013--2016. Saat itu, ia sukses membawa AS Roma bersaing memperebutkan scudetto melawan Juventus.

Keempat pelatih asing di atas harus bersaing di tengah dominasi para pelatih lokal di Serie A. Namun, mereka juga punya kualitas tersendiri untuk bersaing mendapatkan hasil terbaik musim ini.

Baca Juga: 5 Pemain Anyar Serie A 2023/2024 yang Digaet dari Serie B

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya