5 Pelatih yang Pernah Membawa Borussia Dortmund ke Semifinal UCL

Edin Terzic menjadi yang teranyar

Borussia Dortmund berhasil mengalahkan Atletico Madrid dengan skor 4-2 pada leg kedua perempat final Liga Champions Eropa, Rabu (17/4/2024). Hasil itu membuat Dortmund melangkah ke semifinal berkat keunggulan agregat5-4. Selanjutnya, Die Borussen sudah ditunggu Paris Saint-Germain yang menyingkirkan Barcelona.

Apresiasi harus diberikan kepada sang pelatih, Edin Terzic, yang mampu membuat Dortmund tampil apik melawan Atletico Madrid. Di tengah musim yang sulit, ia mampu membawa Die Borrusen melaju hingga ke semifinal Liga Champions. Hal itu membuatnya mengikuti jejak empat pelatih Dortmund sebelumnya. Termasuk Terzic, berikut lima pelatih yang mampu membawa Dortmund menembus semifinal Liga Champions.

1. Hermann Eppenhoff menjadi pelatih pertama yang membawa Dortmund ke semifinal pada 1963/1964

5 Pelatih yang Pernah Membawa Borussia Dortmund ke Semifinal UCLHermann Eppenhoff (dfb.de)

Piala Champions 1963/1964 menjadi kali pertama Borussia Dortmund melaju hingga ke semifinal. Ketika itu, Die Borussen dilatih oleh Hermann Eppenhoff. Ia merupakan pelatih yang membawa Dortmund menjuarai German Championship 1963 dan DFB Pokal 1964/1965.

Dortmund melangkah ke semifinal setelah mengalahkan Lyn, Benfica, dan Dukla Prague pada babak sebelumnya. Pada semifinal, Dortmund sudah ditunggu raksasa Italia, Inter Milan. Sempat bermain imbang 2-2 pada leg pertama di kandang sendiri, Dortmund gagal melaju ke final setelah tumbang 0-2 ketika bertandang ke Giuseppe Meazza.

2. Ottmar Hitzfeld menghadirkan satu-satunya gelar juara Liga Champions bagi Dortmund pada 1996/1997

5 Pelatih yang Pernah Membawa Borussia Dortmund ke Semifinal UCLOttmar Hitzfeld (twitter.com/ChampionsLeague)

Borussia Dortmund harus menunggu hingga 1996/1997 untuk bisa kembali menginjak semifinal Liga Champions. Ottmar Hitzfeld menjadi sosok yang mampu mengulang prestasi apik tersebut. Perjalanan Dortmund dimulai dengan menjadi runner-up Grup B di bawah Atletico Madrid.

Pada perempat final, Dortmund tanpa kesulitan memulangkan wakil Prancis, Auxerre, dengan agregat 4-1. Pada semifinal, Dortmund mendapat tantangan dari Manchester United yang sebelumnya mengalahkan FC Porto. Tak seperti pada 1963/1964, kali itu Dortmund mampu lolos ke final setelah menang dengan skor 1-0, baik kandang maupun tandang.

Momentum apik tersebut berhasil dilanjutkan Dortmund ketika berhadapan dengan Juventus pada babak final. Menghadapi sang juara bertahan yang lebih difavoritkan, Dortmund mampu menang dengan skor meyakinkan 3-1. Hasil itu membuat Hitzfeld menjadi pelatih pertama yang memberi trofi Liga Champions bagi Die Borussen.

Baca Juga: Griezmann Jadi Korban Kemenangan Atletico atas Dortmund

3. Nevio Scala membawa Dortmund ke semifinal pada 1997/1998

5 Pelatih yang Pernah Membawa Borussia Dortmund ke Semifinal UCLNevio Scala (dfb.de)

Usai mengantar Dortmund menjuarai Liga Champions, Ottmar Hitzfeld memutuskan untuk meninggalkan tim. Dortmund kemudian menunjuk Nevio Scala sebagai pengganti. Meski tak bisa mengulangi prestasi yang dibuat Hitzfeld, Dortmund mampu dibawa menginjak semifinal Liga Champions 1997/1998.

Langkah Dortmund dimulai dengan apik setelah menjadi pemuncak Grup A yang juga dihuni Parma, Sparta Prague, dan Galatasaray. Mereka kemudian mengalahkan sang rival, Bayern Munich, pada perempat final dengan agregat tipis 1-0. Sayang, Dortmund gagal melaju ke partai puncak setelah kandas di tangan Real Madrid dengan agregat 0-2.

4. Juergen Klopp hampir membawa Dortmund juara pada 2012/2013

5 Pelatih yang Pernah Membawa Borussia Dortmund ke Semifinal UCLJuergen Klopp (twitter.com/BVB)

Juergen Klopp mampu membuat Borussia Dortmund menjadi salah satu kekuatan besar di Eropa. Ia berhasil memutus dominasi Bayern Munich dengan dua kali menjuarai Bundesliga. Selain itu, Klopp juga membawa Die Borussen melangkah ke final Liga Champions 2012/2013.

Pada fase grup, Dortmund berhasil memuncaki Grup D yang disebut grup neraka karena diisi Real Madrid, Ajax Amsterdam, dan Manchester City. Mereka kemudian memulangkan Shakhtar Donetsk dan Malaga untuk kembali berjumpa dengan Real Madrid pada semifinal. Dortmund berhasil melenggang ke partai final setelah menang 4-1 pada leg pertama dan kalah 0-2 pada leg kedua.

Pada partai final menghadapi Bayern Munich, Dortmund tertinggal lebih dulu melalui aksi Mario Mandzukic. Eksekusi penalti Ilkay Gundogan membuat kedudukan menjadi imbang 1-1. Jelang pertandingan berakhir, Arjen Robben berhasil mencetak gol untuk menggagalkan ambisi Dortmund menjadi juara.

5. Edin Terzic siap menghadapi Paris Saint-Germain pada semifinal 2023/2024

5 Pelatih yang Pernah Membawa Borussia Dortmund ke Semifinal UCLEdin Terzic (dfb.de)

Musim 2023/2024 sebenarnya bukan musim yang apik bagi Borussia Dortmund di bawah arahan Edin Terzic. Mereka saat ini tertahan di peringkat kelima Bundesliga Jerman hingga pekan ke-29. Selain itu, Die Borussen juga harus merelakan trofi DFB Pokal setelah takluk dari VFB Stuttgart pada 16 besar.

Meski kesulitan di kancah domestik, Dortmund justru menunjukkan kelasnya di Liga Champions. Mereka mampu menjadi pemuncak Grup F yang dihuni para tim besar, yakni AC Milan, Paris Saint-Germain, dan Newcastle United. Mereka kemudian berhasil menjinakkan PSV Eindhoven pada 16 besar untuk melaju ke perempat final.

Pada perempat final menghadapi Atletico Madrid, Dortmund sempat kalah 1-2 pada leg pertama. Namun, mereka berhasil bangkit dengan memenangi leg kedua dengan skor 4-2. Pada semifinal, Dortmund sudah ditunggu Paris Saint-Germain yang tak mampu mereka kalahkan pada fase grup.

Bagi Terzic, mencapai semifinal Liga Champions merupakan hasil yang lebih baik dari musim lalu. Ketika itu, langkah Dortmund terhenti pada 16 besar dari Chelsea. Jika berhasil mengalahkan Paris Saint-Germain, Terzic akan menjadi pelatih ketiga setelah Ottmar Hitzfeld dan Juergen Klopp yang mampu membawa Dortmund lolos ke partai final Liga Champions.

Kelima pelatih tersebut mampu membawa Borussia Dortmund melangkah ke semifinal Liga Champions. Lantas, mampukah Edin Terzic mengikuti jejak Ottmar Hitzfeld dengan membawa Dortmund menjadi juara?

Baca Juga: Pemain Keturunan Jawa Bawa Dortmund ke Semifinal Liga Champions

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya