5 Pemain Afrika dengan Assist Terbanyak di English Premier League

Riyad Mahrez masih jadi yang teratas

English Premier League (EPL) kerap menjadi pelabuhan bagi para pemain asal Afrika. Tak hanya sebagai pemanis, beberapa di antaranya menjelma menjadi bintang bagi timnya. Banyak dari mereka kemudian menjadi kreator serangan yang cukup lihai mengacak-acak pertahanan lawan sebelum melepas umpan manis yang berbuah gol.

Mereka punya umpan yang mematikan serta gocekan bola yang membuat bek lawan kewalahan. Salah satunya adalah Riyad Mahrez yang kini merupakan pemain Afrika dengan assist terbanyak di EPL. Berikut lima pemain asal Afrika dengan torehan assist terbanyak di kasta teratas Liga Inggris.

1. Emmanuel Adebayor ciptakan 36 assist di kasta teratas Liga Inggris

5 Pemain Afrika dengan Assist Terbanyak di English Premier LeagueEmmanuel Adebayor (uefa.com)

Dalam performa terbaiknya, Emmanuel Adebayor merupakan momok menakutkan bagi pertahanan lawan. Hal itu dibuktikan penyerang asal Togo tersebut dengan koleksi 97 gol dari 241 pertandingan di English Premier League. Tak hanya andal menjebol jala lawan, Adebayor juga tak jarang menjadi kreator terciptanya gol.

Lebih dari satu dekade bermain di Liga Inggris, Adebayor mampu mengoleksi 36 assist. Torehan tersebut berhasil ia bukukan bersama empat tim berbeda, yakni Arsenal, Manchester City, Tottenham Hotspur, dan Crystal Palace. Adebayor kini telah memutuskan pensiun dari dunia sepak bola tahun 2023 pada usia ke-39.

2. Sadio Mane bukukan 38 assist selama berkarier di EPL

5 Pemain Afrika dengan Assist Terbanyak di English Premier LeagueSadio Mane (southamptonfc.com)

Tampil bersama Roberto Firmino dan Mohamed Salah membuat Sadio Mane mampu memperlihatkan kualitas terbaiknya sebagai seorang penyerang. Tak hanya punya insting gol tajam, ia juga kerap menjadi penyuplai bola bagi kedua rekannya tersebut. Tak heran The Reds menjadi tim yang cukup ditakuti di Eropa.

Sebelum membela Liverpool, pemain asal Senegal tersebut lebih dulu mengawali petualangannya di EPL bersama Southampton. Selama membela dua tim tersebut, Mane mampu membukukan 38 assist. Kini, Mane telah meninggalkan EPL untuk tampil di Bundesliga Jerman bersama Bayer Munich.

Baca Juga: Rumah Mohamed Salah Kemalingan, Tabung Gas Gagal Digondol

3. Didier Drogba membuat 55 assist bersama Chelsea

5 Pemain Afrika dengan Assist Terbanyak di English Premier LeagueDidier Drogba (chelseafc.com)

Didier Drogba menjadi penyerang terbaik Chelsea selama era Roman Abramovich. Drogba hanya kalah dari Frank Lampard sebagai top skor Chelsea di EPL dengan 104 gol. Kombinasi Drogba dan Lampard terbukti mampu membuahkan banyak trofi bagi The Blues.

Tak hanya tajam di depan gawang lawan, pemain berkebangsaan Pantai Gading tersebut juga turut menciptakan 55 assist. Setelah kepergiannya dari Stamford Bridge, Chelsea tak lagi punya penyerang mumpuni sekelas Drogba. Ia bisa dibilang menjadi salah satu pemain Afrika terbaik yang pernah merumput di English Premier League.

4. Mohamed Salah meyumbangkan 59 assist di EPL bersama Liverpool

5 Pemain Afrika dengan Assist Terbanyak di English Premier LeagueMohamed Salah (liverpoolfc.com)

Sering beroperasi di sektor penyerang sayap membuat Mohamed Salah sering menjadi penyuplai bola bagi para rekannya. Hal itu terbukti dengan torehan 59 assist di English Premier League. Sempat dicap gagal bersama Chelsea, Mohamed Salah membuktikan dirinya sebagai salah satu penyerang terbaik EPL ketika menerima pinangan Liverpool.

Salah membentuk trio maut bersama Roberto Firmino dan Sadio Mane. Penyerang asal Mesir tersebut juga tergolong tajam karena sudah tiga kali menjadi pencetak gol terbanyak di kasta teratas Liga Inggris. Bahkan, pada musim terburuknya, Salah masih sanggup mengoleksi 19 gol semusim.

5. Riyad Mahrez masih menjadi penyumbang assist terbanyak dengan 61 assist

5 Pemain Afrika dengan Assist Terbanyak di English Premier LeagueRiyad Mahrez (mancity.com)

Sembilan musim bermain di kasta teratas Liga Inggris bersama Leicester City dan Manchester City, Riyad Mahrez sanggup membukukan 61 assist. Hal itu membuatnya menjadi pemain Afrika dengan jumlah assist terbanyak dalam sejarah English Premier League. Kariernya juga tergolong cemerlang karena mampu mengoleksi berbagai trofi bergengsi.

Mahrez menjadi salah satu pemain kunci ketika Leicester City menjuarai EPL 2015/2016. Kepindahannya ke Etihad Stadium pada 2018 membuat koleksi trofinya semakin lengkap. Sayang, penyerang asal Aljazair tersebut tak bisa menambah koleksi assist miliknya karena ia memutuskan hengkang ke Liga Arab Saudi bersama Al Hilal.

Rekor Riyad Mahrez sepertinya akan segera dilewati Mohamed Salah mengingat sang pemain tak akan berada di EPL musim depan. Dengan perbedaan dua assist saja, Salah tinggal menunggu waktu untuk menjadi pemain Afrika dengan assist terbanyak di kasta teratas Liga Inggris.

Baca Juga: 6 Pemain Afrika yang Pernah Meraih Treble Winners, Mahrez Terbaru

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya