5 Pemain Borussia Dortmund Terakhir yang Hattrick di Bundesliga

Niclas Fuellkrug bawa Dortmund tekuk Bochum

Borussia Dortmund berhasil meraih kemenangan dengan skor 3-1 atas VfL Bochum pada pekan ke-19 Bundesliga Jerman, Minggu (28/1/2024). Tambahan tiga poin ini membuat Dortmund berada di peringkat keempat klasemen sementara. Mereka tertinggal satu angka dari VfB Stuttgart yang menghuni posisi ketiga.

Pertandingan melawan Bochum menjadi panggung tersendiri bagi Niclas Fuellkrug. Pemain yang didatangkan pada musim panas 2023 tersebut berhasil mencetak hattrick. Sebelum Fuellkrug, sudah cukup lama pemain Dortmund tak menyarangkan hattrick. 

Berikut lima pemain Borussia Dortmund terakhir yang hattrick di Bundesliga.

1. Pierre-Emerick Aubameyang mencetak hattrick ke gawang Borussia Moenchengladbach

5 Pemain Borussia Dortmund Terakhir yang Hattrick di BundesligaPierre-Emerick Aubameyang (bundesliga.com)

Pierre-Emerick Aubameyang punya catatan tiga kali hattrick bersama tim berjuluk Die Borussen tersebut. Tiga gol pertama Aubameyang terjadi dalam laga melawan Augsburg pada 2013. Dalam pertandingan tersebut, Dortmund berhasil menggulung Augsburg dengan skor telak 6-1.

Pemain asal Gabon tersebut kemudian mencatatkan empat gol dalam kemenangan 5-2 atas Hamburger SV pada 2016. Hattrick terakhir Aubameyang di Bundesliga terjadi pada 2017 ketika timnya menang atas Borussia Moenchengladbach dengan skor telak 6-1. Aubameyang merupakan satu-satunya pemain asal Gabon yang pernah mencetak hattrick di Bundesliga.

2. Paco Alcacer mencetak tiga gol dari bangku cadangan

5 Pemain Borussia Dortmund Terakhir yang Hattrick di BundesligaPaco Alcacer (bundesliga.com)

Perjalanan Paco Alcacer bersama Borussia Dortmund bisa dibilang tak terlalu lama. Ia pertama kali datang ke Signal Iduna Park pada 2018 sebagai pemain pinjaman dari Barcelona. Ia kemudian dipermanenkan Dortmund dan bertahan hingga 2020 ketika memutuskan hengkang ke Villarreal.

Secara statistik, Alcacer bisa dibilang cukup tajam sebagai penyerang dengan koleksi 23 gol dari 37 pertandingan di Bundesliga. Momen terbaik pemain asal Spanyol tersebut terjadi pada drama tujuh gol melawan Augsburg pada 2018. Dalam laga tersebut Alcacer mencetak tiga gol meski turun dari bangku cadangan.

Alcacer baru masuk ke lapangan pada menit ke-60 menggantikan Maximilian Philipp ketika Dortmund tengah tertinggal dengan skor 0-1. Tak butuh waktu lama, Alcacer langsung menjebol gawang Augsburg pada menit ke-66. Namun, Augsburg kembali unggul pada menit ke-71 yang disamakan lagi oleh Alcacer pada menit ke-80.

Memasuki menit-menit akhir, drama makin menegangkan ketika Dortmund dan Augsburg masing-masing menambah satu gol yang membuat skor menjadi 3-3. Ketika laga diprediksi akan berakhir imbang, Alcacer mencetak gol pada injury time untuk mengunci kemenangan Dortmund. Itu merupakan satu-satunya catatan hattrick Alcacer selama membela Dortmund.

Baca Juga: 5 Pengguna Nomor Punggung 22 Borussia Dortmund sebelum Ian Maatsen

3. Jadon Sancho mengemas tiga gol dalam kemenangan besar atas Paderborn

5 Pemain Borussia Dortmund Terakhir yang Hattrick di BundesligaJadon Sancho (bundesliga.com)

Jadon Sancho pernah sekali mencatatkan hattrick bersama Borussia Dortmund. Pemain asal Inggris tersebut melakukannya pada 2020 ketika Dortmund menghadapi Paderborn. Sancho mencetak gol pertamanya dalam laga tersebut pada menit ke-57.

Pada babak kedua, Sancho mengemas hattrick setelah menambah dua gol. Selain Sancho, Thorgan Hazard, Marcel Schmelzer, dan Achraf Hakimi juga mencatatkan namanya di papan skor. Sementara itu, Paderborn hanya mampu mencetak satu gol melalui aksi Uwe Huenemeier yang membuat skor menjadi 6-1 untuk kemenangan Dortmund.

4. Erling Haaland tiga kali mencetak hattrick bagi Borussia Dortmund

5 Pemain Borussia Dortmund Terakhir yang Hattrick di BundesligaErling Haaland (bundesliga.com)

Tak perlu lagi meragukan kualitas Erling Haaland dalam merobek gawang lawan. Sebelum bergabung dengan Manchester City, Haaland sudah menunjukkan ketajamannya bersama Borussia Dortmund. Bersama Die Borussen, Haaland mampu mencatatkan 62 gol dari 67 pertandingan di Bundesliga.

Tak hanya itu, pemain asal Norwegia tersebut juga tiga kali mengukir hattrick. Tiga gol pertama Haaland terjadi pada 2020 melawan Augsburg. Pada tahun yang sama, Haaland menceploskan empat gol dalam kemenangan 5-2 atas Hertha Berlin. Hattrick terakhir Haaland terjadi ketika timnya kalah 3-4 dari VfL Bochum pada 2022.

5. Niclas Fuellkrug mencetak hattrick pertamanya bagi Borussia Dortmund

5 Pemain Borussia Dortmund Terakhir yang Hattrick di BundesligaNiclas Fuellkrug (instagram.com/niclas.fuellkrug24)

Niclas Fuellkrug bergabung dengan Borussia Dortmund pada bursa transfer musim panas 2023 dari Werder Bremen. Pada musim pertamanya, Fuellkrug tampil cukup apik dengan mengemas 9 gol dan 5 assist dari 19 pertandingan di Bundesliga sejauh ini. Terbaru, ia menciptakan hattrick ketika Dortmund menang 3-1 atas VfL Bochum.

Fuellkrug membuka keunggulan Dortmund pada menit ketujuh melalui titik putih. Namun, keunggulan tersebut dapat disamakan oleh Bochum jelang turun minum berkat gol bunuh diri Nico Schlotterbeck. Pada babak kedua, Fuellkrug mampu mencetak dua gol untuk mengamankan kemenangan Dortmund.

Kelima pemain di atas mampu mencetak hattrick bagi Borussia Dortmund di Bundesliga. Catatan tersebut jelas menjadi pencapaian tersendiri bagi mereka.

Baca Juga: 6 Pemain yang Pernah Dipinjam Borussia Dortmund dari Klub EPL

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya