5 Pemain dengan Gol Tandang Terbanyak di Fase Knock Out UCL

Kylian Mbappe salip Karim Benzema

Paris Saint-Germain (PSG) berhasil mengalahkan Barcelona pada leg kedua dengan skor 4-1 perempat final Liga Champions Eropa 2023/2024, Rabu (17/4/2024). Hasil ini membawa raksasa Prancis tersebut melaju ke babak semifinal setelah unggul agregat 6-4. Selanjutnya, PSG sudah ditunggu Borussia Dortmund pada semifinal yang sebelumnya mengalahkan Atletico Madrid.

Kylian Mbappe menjadi salah satu aktor kemenangan pertandingan tersebut. Pemain berusia 26 tahun tersebut berhasil mencetak dua gol ke jala Marc-Andre ter Stegen. Torehan tersebut membuat Mbappe saat ini menjadi pemuncak daftar top skor sementara UCL 2023/2024 dengan koleksi delapan gol.

Selain makin kokoh di daftar top skor, Kylian Mbappe berhasil melewati catatan Karim Benzema dalam urusan mencetak gol saat bertandang ke markas lawan di fase knock out Liga Champions. Meski begitu, masih ada satu nama lagi yang belum dilewati Mbappe. Simak daftar lima pencetak gol tandang terbanyak di fase knock out Liga Champions melalui ulasan berikut!

1. Sadio Mane mencetak sepuluh gol di markas lawan

5 Pemain dengan Gol Tandang Terbanyak di Fase Knock Out UCLSadio Mane (twitter.com/ChampionsLeague)

Sadio Mane berada di urutan ketiga dalam daftar top skor sepanjang masa Liverpool di Liga Champions dengan 24 gol. Ia berada di belakang Mohamed Salah (42 gol) dan Steven Gerrard (30 gol). Meski begitu, penyerang asal Senegal tersebut punya catatan gol terbanyak ketika bertandang ke markas lawan pada fase gugur.

Salah satu penampilan impresif Mane terjadi pada 16 besar Liga Champions 2018/2019. Saat itu, Mane mencetak dua gol di Allianz Arena untuk membawa Liverpool melaju ke perempat final. Selain itu, Mane juga pernah mencatatkan hattrick ke gawang FC Porto pada 2017/2018.

Baca Juga: 3 Pemain yang Cetak Gol di UCL saat Hari Ulang Tahun

2. Lionel Messi mampu membukukan 12 gol ketika menjalani laga tandang

5 Pemain dengan Gol Tandang Terbanyak di Fase Knock Out UCLLionel Messi (twitter.com/ChampionsLeague)

Lionel Messi memiliki catatan 49 gol ketika bermain di fase knock out Liga Champions. Dari 49 gol tersebut, terdapat 12 gol yang berhasil dicetak di markas lawan. Salah satu yang paling ikonik adalah gol solo Messi ke gawang Real Madrid pada semifinal Liga Champions 2010/2011.

Menariknya, semua gol tandang tersebut dibuat Messi ketika berseragam Barcelona. Sebab, pemain asal Argentina tersebut tak pernah mencetak gol di markas lawan ketika berseragam PSG. Bersama PSG, langkah Messi selalu kandas di babak 16 besar.

3. Karim Benzema punya catatan 14 gol ketika tak bermain di Santiago Bernabeu

5 Pemain dengan Gol Tandang Terbanyak di Fase Knock Out UCLKarim Benzema (twitter.com/ChampionsLeague)

Karim Benzema merupakan salah satu pemain tertajam dalam sejarah Liga Champions dengan koleksi 90 gol. Penyerang asal Prancis tersebut juga tak takut ketika bermain di kandang lawan. Sebab, Benzema memiliki catatan 14 gol ketika bertandang ke markas lawan di fase knock out Liga Champions.

Salah satu penampilan terbaik Benzema terjadi pada 2021/2022 ketika mencetak lima gol tandang di fase knock out. Benzema mencetak hattrick ketika melawan Chelsea di Stamford Bridge pada perempat final. Ia juga berhasil menyarangkan dua gol ketika melawan Manchester City di Etihad Stadium pada semifinal.

4. Kylian Mbappe mengoleksi 15 gol ketika bertandang ke markas lawan

5 Pemain dengan Gol Tandang Terbanyak di Fase Knock Out UCLKylian Mbappe mencetak gol pada leg kedua perempat final Liga Champions 2023/2024 melawan Barcelona. (psg.fr)

Kylian Mbappe dibuat tak berkutik pada leg pertama perempat final Liga Champions 2023/2024 meski tampil di kandang menghadapi Barcelona. Penyerang asal Prancis tersebut gagal mencetak satu pun gol. Alhasil, PSG harus menelan kekalahan dengan skor 2-3 dari Barcelona.

Pada leg kedua yang dimainkan di Olimpiade Lluis Companys, Barcelona sempat berada di atas angin ketika Raphinha membuka keunggulan. Namun, keadaan berbalik ketika Ronald Araujo diberi kartu merah setelah melanggar Bradley Barcola. Sejak saat itu, PSG mulai mendominasi jalannya pertandingan.

PSG berhasil mencetak dua gol untuk menyamakan agregat menjadi 4-4 melalui sontekan Ousmane Dembele dan Vitinha. Langkah PSG ke semifinal dipastikan oleh Mbappe yang mencetak dua gol untuk membuat agregat menjadi 6-4. torehan tersebut membuat Mbappe sudah mengoleksi 15 gol di partai tandang fase knock out Liga Champions sekaligus melewati catatan milik Karim Benzema.

5. Cristiano Ronaldo menjadi pemilik gol tandang terbanyak dengan 23 gol

5 Pemain dengan Gol Tandang Terbanyak di Fase Knock Out UCLCristiano Ronaldo (twitter.com/ChampionsLeague)

Cristiano Ronaldo masih memegang rekor gol terbanyak di Liga Champions dengan 140 gol. Pemain asal Portugal tersebut juga menjadi pemilik rekor gol terbanyak di fase knock out dengan 67 gol. Menariknya, sebanyak 23 gol yang dicetak Cristiano Ronaldo di fase knock out dibuat ketika bermain di markas lawan.

CR7 membuat catatan tersebut bersama tiga tim berbeda, yakni Manchester United, Real Madrid, dan Juventus. Bersama Manchester United, Ronaldo sukses mencetak empat gol di kandang lawan. Salah satunya merupakan tendangan roket dari luar kotak penalti ketika menghadapi FC Porto pada leg kedua perempat final 2008/2009.

Sementara itu, Ronaldo hanya membukukan satu gol tandang bersama Juventus. Catatan terbanyak Ronaldo dibuat ketika membela Real Madrid. Bersama Los Blancos, Ronaldo mampu mencetak 18 gol ketika bermain di markas lawan pada fase knock out.

Kylian Mbappe telah melewati jumlah gol tandang di fase knock out Liga Champions milik Karim Benzema. Dengan performa Mbappe yang kian tajam, bukan tak mungkin rekor milik Cristiano Ronaldo akan ia rebut suatu saat nanti.

Baca Juga: 4 Pemain yang Mencetak Gol dalam 4 Laga Kandang Pertamanya di UCL

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya