Comscore Tracker

7 Pemain Hebat Ini Ternyata 'Produk' Ajax Amsterdam

Ajax memang gudangnya pemain hebat!

Ajax Amsterdam adalah salah satu klub tersukses di Belanda bersama dengan sang rival PSV Eindhoven dan Feyenoord Rotterdam. Klub ibukota ini telah memenangkan 33 title Eredivisie dan 4 gelar Liga Champions.

Dibalik kesuksesannya, ternyata para pemain Ajax banyak yang berasal dari akademi sepak bola mereka sendiri. Bahkan akademi sepak bola Ajax merupakan salah satu yang terbaik di dunia.

Banyak pemain hebat berasal dari Ajax, sebelum memulai rentetan panjang kesuksesannya. Berikut ini merupakan beberapa contoh pesepak bola sukses yang berasal dari Ajax Amsterdam.

1. Clarence Seedorf

7 Pemain Hebat Ini Ternyata 'Produk' Ajax Amsterdamfootballblog.co.uk

Seedorf memulai debutnya di tim senior pada tahun 1992. Kemampuan mengolah bolanya yang hebat membuat ia mendapat satu tempat di lini tengah Ajax. Ia bahkan membantu tim meraih gelar Liga Champions ke empat tahun 1995 dengan mengalahkan AC Milan.

Kemampuannya yang luar biasa membuat Real Madrid memboyongnya ke Santiago Bernabeu. Ia sekali lagi membuktikannya dengan meraih berbagai gelar bersama tim ibukota Spanyol tersebut.

Puncak kesuksesan Seedorf adalah saat dirinya menerima pinangan AC Milan. Di sana ia sukses menjadi legenda dengan memainkan 300 laga dan mencetak 47 gol. Di sana ia merasakan banyak gelar mulai dari juara Serie A hingga Liga Champions.

2. Dennis Bergkamp

7 Pemain Hebat Ini Ternyata 'Produk' Ajax Amsterdampremierleague.com

Pendukung Arsenal pasti tahu pemain yang satu ini. Bergkamp dikenal karena teknik olah bolanya yang luar biasa dan juga predator di kotak penalti lawan.

Namun sebelum sukses bersama The Gunners, ia lebih dulu membela bersama Ajax Amsterdam dari tahun 1986-1993. Dari 183 penampilan ia berhasil menyarangkan 103 gol. Kariernya pun langsung melejit dan jadi pujaan supporter.

The Iceman meneruskan perjalanannya ke Inter Milan dari 1993-1995 sebelum mencetak 315 penampilan dan 87 gol bersama Arsenal. Bahkan Dennis Bergkamp punya patungnya di Stadion Emirates.

3. Wesley Sneijder

7 Pemain Hebat Ini Ternyata 'Produk' Ajax Amsterdam90min.com

Wesley Sneijder menimba ilmu di akademi Ajax sejak berusia 7 tahun dan memulai penampilan pertama bersama tim senior Ajax pada tahun 2002. Ia mengabdi bersama raksasa belanda selama 5 tahun sebelum hengkang pada 2007. Setelahnya Sneijder mengembara ke Real Madrid dan Inter Milan hingga Galatasaray.

Sneidjer dikenal karena akurasi umpannya yang brillian serta sebagai jenderal di lini tengah. Eksekusi bola matinya juga dapat membuat klub lawan cemas. Ia merupakan salah satu gelandang terbaik timnas Belanda

Baca Juga: Ini 4 Alasan Kenapa Ajax Amsterdam Begitu Memikat di Liga Champions

4. Edgar Davids

7 Pemain Hebat Ini Ternyata 'Produk' Ajax Amsterdammedcom.id

Pemain yang dikenal karena kacamatanya ini merupakan salah satu gelandang bertahan terbaik di dunia. Kekuatan dan kemampuannya dalam mengalirkan bola membuat siapa pun akan kesulitan untuk menghadapinya.

Davids bermain untuk Ajax Amsterdam dari 1991 hingga 1996. Ia membantu tim ibukota untuk meraih gelar bergengsi. Setelah itu ia bertualang ke berbagai klub elit dunia, ia bahkan pernah membela tiga tim tersukses di Italia, yaitu AC Milan, Juventus, dan Inter Milan.

Davids juga pernah membela Barcelona dan juga Tottenham Hotspur sebelum gantung sepatu bersama Barnet musim 2014.

5. Rafael Van Der Vaart

7 Pemain Hebat Ini Ternyata 'Produk' Ajax Amsterdamfootballfancast.com

Tahun 2000 menjadi debut awal Van Der Vaart bersama Ajax ketika ia berusia 17 tahun. Ia dengan cepat menjadi bagian penting di lini tengah Ajax bersama dengan Wesley Sneijder.

Sneidjer sempat membela Hamburg SV selama tiga musim sebelum pindah ke ibukota Spanyol bersama Real Madrid. Dua musim di Santiago Bernabeu ia melanjutkan kariernya di Tottenham Hotspur sebelum kembali ke Hamburg.

Van Der Vaart juga menjadi bagian penting dalam timnas Belanda, karena berhasil memainkan 109 laga sepanjang kariernya.

6. Christian Eriksen

7 Pemain Hebat Ini Ternyata 'Produk' Ajax Amsterdampremierleague.com

Chritian Eriksen saat ini merupakan pemain andalan di lini tengah Tottenham Hotspur. Ia menjadi bagian tak tergantikan sejak kedatangannya pada 2013 lalu. Bersama tim yang bermarkas di London tersebut ia berhasil membawa timnya menjadi salah satu kekuatan baru di liga Inggris bahkan Eropa.

Eriksen juga tak tergantikan bersama tim nasional Denmark. Sampai saat ini ia telah mencetak 87 caps dan masih akan terus bertambah.

7. Jan Vertonghen

7 Pemain Hebat Ini Ternyata 'Produk' Ajax Amsterdamtelegraph.co.uk

Pria kelahiran 1987 pertama kali memulai debut bersama Ajax pada musim 2006. Vertonghen berhasil mencuri satu tempat di posisi bek tengah, yang menunjukkan bahwa dia merupakan salah satu pemain penting dalam tim. Di sana ia berhasil membukukan 153 penampilan selama 6 musim membela raksasa Belanda tersebut.

Vertonghen sempat semusim dipinjamkan ke RKC Walwijk sebelum sukses bersama Tottenham Hotspur. Di Spurs ia tak tergantikan di lini pertahanan. Vertonghen juga sukses bersama timnas Belgia, sejak pertama kali dipanggil pada 2007 ia telah melakoni 112 laga hingga saat ini.

Itulah beberapa pemain terbaik yang pernah membela Ajax Amsterdam, sebetulnya masih banyak lagi pemain yang tidak kalah bagus. Semoga Ajax selalu menghasilkan banyak pemain hebat.

Baca Juga: Ajax Amsterdam vs Tottenham Hotspur: Bisa Comeback, Spurs?

Althaf Jauhar Photo Verified Writer Althaf Jauhar

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya