6 Pemain Ini Raih Trofi Piala Dunia saat Bermain untuk Arsenal

Ada Patrick Vieira dan Emmanuel Petit

Sebagai salah satu tim besar yang bermain di English Premier League (EPL), tak heran jika pemain Arsenal sering dipanggil ke Piala Dunia, termasuk Piala Dunia 2022 Qatar. Beberapa pemain The Gunners kembali dipanggil negaranya masing-masing untuk turnamen tahun ini.

Tak hanya ikut berpartisipasi, dalam sejarahnya, para pemain Arsenal banyak yang melaju cukup jauh. Bahkan, beberapa pemain berhasil membawa timnya merebut gelar juara dunia. Enam pemain ini raih trofi Piala Dunia saat bermain untuk Arsenal.

1. Emmanuel Petit

6 Pemain Ini Raih Trofi Piala Dunia saat Bermain untuk ArsenalEmmanuel Petit (twitter.com/Arsenal)

Emmanuel Petit didatangkan Arsene Wenger ke Highbury dari AS Monaco pada 1997. Pada musim pertamanya, ia berhasil membawa Arsenal meraih double winner dengan memenangi gelar English Premier League dan FA Cup.

Berkat penampilannya tersebut, ia akhirnya dipanggil Aime Jacquet untuk membela Prancis di Piala Dunia 1998 Prancis. Tampil di kandang sendiri, Petit membawa Les Bleus menjadi juara dunia untuk pertama kali. Ia bahkan mencetak gol di laga final melawan Brasil.

2. Patrick Vieira

6 Pemain Ini Raih Trofi Piala Dunia saat Bermain untuk ArsenalPatrick Vieira (twitter.com/Arsenal)

Patrick Vieira merupakan sosok kapten Invincibles Arsenal yang menjadi juara English Premier League tanpa kekalahan pada 2003/2004. Sosoknya yang kharismatik serta kepemimpinannya tak perlu diragukan lagi.

Sama seperti Petit, Vieira juga turut membantu Prancis meraih trofi Piala Dunia 1998. Ia saat itu hanya diberi kesempatan turun dua kali, yakni pada fase grup melawan Denmark dan sebagai pengganti di final menghadapi Brasil.

3. Cesc Fabregas

6 Pemain Ini Raih Trofi Piala Dunia saat Bermain untuk ArsenalCesc Fabregas (premierleague.com)

Cesc Fabregas merupakan salah satu pemain muda terbaik yang pernah diorbitkan oleh Arsene Wenger. Ia bahkan sudah menjadi pilihan utama dan sempat menjabat sebagai kapten tim pada usianya yang masih muda.

Fabregas tergabung dalam generasi emas Spanyol yang menjuarai Piala Dunia 2010 Afrika Selatan. Namun, adanya para gelandang hebat seperti Xavi Hernandez dan Andres Iniesta membuat Fabregas lebih sering turun dari bangku cadangan.

Baca Juga: Arsenal di Puncak Saat Jeda Piala Dunia, Arteta Senang

4. Per Mertesacker

6 Pemain Ini Raih Trofi Piala Dunia saat Bermain untuk ArsenalPer Mertesacker (twitter.com/Arsenal)

Per Mertesacker sempat menjadi pilihan utama Joachim Loew pada fase grup dan babak 16 besar melawan Aljazair. Namun, posisinya mulai direbut Matts Hummels sebagai tembok di lini belakang. Mertesacker pun tak lagi dimainkan hingga Jerman menjadi juara.

Bersama Arsenal, Mertesacker sudah memainkan 221 pertandingan di semua kompetisi. Ia membangun duet yang cukup kokoh bersama Laurent Koscielny. Mertesacker sendiri mengakhiri kiprahnya di dunia sepak bola bersama Arsenal pada 2018.

5. Mesut Oezil

6 Pemain Ini Raih Trofi Piala Dunia saat Bermain untuk ArsenalMesut Ozil (facebook.com/fifaworldcup)

Mesut Oezil memainkan peran penting sebagai jenderal lini tengah ketika Jerman menjadi juara Piala Dunia 2014 Brasil. Pergerakannya yang dinamis serta umpannya yang akurat membuatnya tak pernah dipinggirkan Joachim Loew.

Hal itulah yang juga ia perlihatkan selama 8 musim berkostum Meriam London. Ia selalu didapuk sebagai pengatur serangan Arsenal. Sayang, ia pergi dari Emirates Stadium dengan kurang terhormat setelah berseteru dengan Mikel Arteta.

6. Lukas Podolski

6 Pemain Ini Raih Trofi Piala Dunia saat Bermain untuk ArsenalLukas Podolski (twitter.com/FIFAWorldCup)

Satu lagi pemain Arsenal yang ikut membantu Jerman menjuarai Piala Dunia 2014 adalah Lukas Podolski. Adanya Miroslav Klose dan Thomas Mueller membuat Podolski jarang diturunkan. Ia hanya bermain pada fase grup melawan Amerika Serikat dan Portugal.

Podolski bergabung dengan Arsenal dari FC Koeln pada 2012 dan cukup bersinar pada awal penampilannya. Namun, kiprahnya tak lama bersama The Gunners karena pada 2015 memutuskan untuk menerima tawaran Galatasaray.

Keenam pemain Arsenal tersebut sukses membantu negaranya menjadi juara Piala Dunia. Menarik menyaksikan apakah pada Piala Dunia 2022 Qatar akan ada lagi pemain Arsenal yang meraih trofi paling bergengsi bagi pemain sepak bola tersebut.

Baca Juga: Ketika Citra Sepak Bola dan Keragaman Etnis Berpadu di Timnas Prancis

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya