7 Pemain asal Italia Terbaik yang Pernah Berseragam Chelsea

Mampukah Cesare Casadei teruskan jejak mereka?

Chelsea merupakan klub Premier League yang akrab dengan pemain asal Italia. Sebelum mendatangkan Cesare Casadei, mereka telah memiliki Jorginho dan Emerson Palmieri. 

Jika menengok lebih jauh lagi, cukup banyak pemain asal Italia yang terbilang sukses ketika membela The Blues. Berikut tujuh pemain asal Italia terbaik yang pernah berseragam Chelsea di era Premier League.

1. Emerson Palmieri

7 Pemain asal Italia Terbaik yang Pernah Berseragam ChelseaEmerson Palmieri (twitter.com/ChelseaFC)

Datang pada 2018 dari AS Roma, Emerson Palmieri sebenarnya tak terlalu banyak diberikan jam terbang. Total, ia baru melakoni 33 laga di Premier League selama empat musim berada di Stamford Bridge.

Emerson juga sempat dipinjamkan ke Lyon pada musim 2021/2022. Meski begitu, ia setidakya pernah mengangkat gelar Liga Champions bersama Chelsea. Emerson juga punya peran penting ketika Italia menjuarai Piala Eropa 2020.

2. Samuele Dalla Bona

7 Pemain asal Italia Terbaik yang Pernah Berseragam ChelseaSamuele Dalla Bona (skysports.com)

Sempat menimba ilmu di akademi milik Chelsea, Samuele Dalla Bona mendapat debut di tim senior pada 1999. Penampilan terbaiknya datang pada musim 2000/2001 ketika ia memainkan 32 pertandingan di Premier League dengan koleksi 2 gol.

Hal tersebut kemudian membuat AC Milan berminat mendatangkannya ke San Siro. Sayang, keputusannya untuk berseragam Rossonerri justru membuat kariernya meredup. Dalla Bona tak mampu bersaing di tengah barisan pemain bintang AC Milan.

3. Carlo Cudicini

7 Pemain asal Italia Terbaik yang Pernah Berseragam ChelseaCarlo Cudicini (twitter.com/ChelseaFC)

Carlo Cudicini merupakan kiper utama Chelsea memasuki musim 2000/2001. Total, ia menjaga gawang The Blues dalam 142 pertandingan di Premier League.

Namun, kedatangan Petr Cech pada 2004 memaksanya untuk lebih sering duduk di bangku cadangan. Cudicini akhirnya meninggalkan Stamford Bridge pada 2009 untuk membela Tottenham Hotspur.

4. Jorginho

7 Pemain asal Italia Terbaik yang Pernah Berseragam ChelseaJorginho (twitter.com/ChelseaFC)

Jorginho merupakan salah satu gelandang terbaik yang dimiliki Chelsea saat ini. Pemain kelahiran Imbituba, Brasil, tersebut menjadi jenderal yang mengatur distribusi bola di lini tengah.

Jorginho juga merupakan salah satu aktor penting dalam keberhasilan Chelsea mengangkat trofi Liga Champions 2021. Ia pun sepertinya masih menjadi andalan untuk musim 2022/2023.

Baca Juga: Dimakan Usia, 5 Gelandang yang Dapat Gantikan Jorginho di Chelsea

5. Gianluca Vialli

7 Pemain asal Italia Terbaik yang Pernah Berseragam ChelseaGianluca Vialli (chelseafc.com)

Bermodalkan gelar Liga Champions yang ia raih bersama Juventus pada 1996, Gianluca Vialli memutuskan menerima pinangan Chelsea. Padahal, Chelsea saat itu masih merupakan tim papan tengah.

Namun, berkat ketajamannya, Vialli sukses membawa Chelsea meraih Piala FA di musim perdananya. Pemain berkepala plontos tersebut kemudian didapuk sebagai pelatih The Blues pada 1998.

6. Roberto Di Matteo

7 Pemain asal Italia Terbaik yang Pernah Berseragam ChelseaRoberto Di Matteo (kiri) dan Gianfranco Zola (chelseafc.com)

Selama enam musim berada di Stamford Bridge, Roberto Di Matteo sukses menghadirkan 2 gelar Piala FA dan masing-masing 1 Piala Liga, 1 Piala Winners, dan 1 Piala Super Eropa. Tak heran ia begitu dicintai oleh para pendukung Chelsea.

Di Matteo sempat kembali ke Chelsea pada 2012, tetapi kali ini ia berperan sebagai pelatih. Ia pun menjadi pelatih pertama Chelsea yang mampu memenangkan gelar Liga Champions.

7. Gianfranco Zola

7 Pemain asal Italia Terbaik yang Pernah Berseragam ChelseaGianfranco Zola (twitter.com/ChelseaFC)

Selain Gianluca Vialli, Chelsea juga mendatangkan Gianfranco Zola dari Parma. Kedatangannya pun mampu membuat Chelsea yang merupakan tim medioker menjadi tim yang cukup disegani.

Permainannya yang menawan serta efektif di depan gawang lawan membuatnya jadi salah satu pemain terbaik Chelsea di era Premier League. Zola meninggalkan Chelsea pada 2003 untuk kembali ke Serie A bersama Cagliari.

 

Chelsea punya sejarah cukup bagus ketika mendatangkan pemain asal Italia. Kini, mampukah Cesare Casadei meneruskan jejak manis para pendahulunya tersebut?

Baca Juga: Son Heung Min Jadi Korban Rasisme Fans Chelsea

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya