Comscore Tracker

5 Pemain Hebat yang Jarang Mendapat Kesempatan Membela Timnas Inggris

Padahal punya peran penting bagi klubnya

Punya kompetisi sepak bola terbaik di dunia membuat Inggris tak pernah kekurangan pemain hebat. Namun, itu juga membuat persaingan untuk membela Timnas Inggris sangat ketat.

Lihat saja saat ini, beberapa nama yang tengah tampil bagus tak dimainkan Gareth Southgate. Salah satunya Trent Alexander-Arnold yang selalu bermain bagus untuk Liverpool jarang sekali diturunkan oleh Southgate. Bahkan, Fikayo Tomori dan Ben White tak mendapat panggilan dari Southgate. Berikut lima pemain hebat yang jarang mendapat kesempatan membela Timnas Inggris.

1. Steve Bruce

5 Pemain Hebat yang Jarang Mendapat Kesempatan Membela Timnas InggrisSteve Bruce (twitter.com/ManUtd)

Steve Bruce merupakan mantan kapten Manchester United yang hampir memenangkan segalanya di level klub. Penampilannya tak tergantikan sebagai seorang bek dengan mencatatkan 417 pertandingan bagi The Red Devils.

Namun, semua itu sepertinya tak cukup untuk membuatnya mendapat panggilan dari Timnas Inggris. Bruce tak pernah sekali pun tampil membela negaranya dalam pertandingan apa pun. Ia kalah bersaing dengan Des Walker, Mark Wright, dan Martin Keown.

2. Matt Le Tissier

5 Pemain Hebat yang Jarang Mendapat Kesempatan Membela Timnas InggrisMatt Le Tissier (kiri) dan Alan Shearer (premierleague.com)

Matt Le Tissier merupakan seorang gelandang hebat yang menghabiskan sebagian besar kariernya membela Southampton. Meski beberapa kali menerima tawaran dari tim-tim besar, Le Tissier begitu setia bersama The Saints.

Penampilan cantik Le Tissier ternyata tak membuat para pelatih The Three Lions terpikat. Hingga pensiun dari dunia sepak bola, Le Tissier hanya delapan kali membela Inggris. Ia juga tak pernah terpilih masuk dalam skuad ketika menghadapi turnamen besar.

Baca Juga: 5 Opsi Kiper Utama Timnas Inggris pada Piala Dunia 2022

3. Andy Cole

5 Pemain Hebat yang Jarang Mendapat Kesempatan Membela Timnas InggrisAndy Cole (premierleague.com)

Torehan 187 gol di Premier League sudah membuktikan betapa tajamnya seorang Andy Cole di depan gawang. Ia juga masih memegang rekor gol terbanyak dalam satu musim Premier League dengan 34 gol pada 1993/1994 bersama Newcastle United.

Sayangnya, Cole bermain di saat Inggris punya penyerang hebat, macam Alan Shearer, Teddy Sheringham, Ian Wright, Les Ferdinand, hingga Michael Owen. Hal itu membuat Cole hanya pernah 14 kali merumput bagi Timnas Inggris.

4. Robbie Fowler

5 Pemain Hebat yang Jarang Mendapat Kesempatan Membela Timnas InggrisRobbie Fowler (liverpoolfc.com)

Robbie Fowler tampil sangat menjanjikan di usia muda bersama Liverpool. Hal itu ia buktikan dengan koleksi PFA Young Player of the Year secara back to back. Namun, itu semua tak membuat Fowler sering dipercaya membela Timnas Inggris.

Bahkan, Fowler baru mendapat panggilan ketika sudah mencetak hampir 100 gol. Ia sebenarnya sempat masuk skuad pada Piala Eropa 1996, tetapi saat itu ia hanya turun sebanyak dua kali.

Fowler kembali tampil pada Piala Dunia 2002, kali ini ia hanya diberi kesempatan turun sekali. Hingga akhir kariernya, Fowler hanya 26 kali membela Timnas Inggris dengan koleksi 7 gol.

5. Michael Carrick

5 Pemain Hebat yang Jarang Mendapat Kesempatan Membela Timnas InggrisMichael Carrick (premierleague.com)

Michael Carrick punya 34 caps untuk The Three Lions, tetapi hanya 22 kali sebagai starter dan hanya sekali tampil di turnamen besar. Penampilan Carrick saat itu tertutupi sinar Frank Lampard dan Steven Gerrard yang seakan tak tergantikan di sektor tengah.

Padahal, Carrick merupakan salah satu andalan Sir Alex Ferguson di Manchester United. Perannya sebagai penyeimbang di lini tengah membuatnya mengoleksi lima gelar English Premier League dan satu trofi Liga Champions.

 

Meskipun punya peran penting dan selalu tampil menawan bagi tim yang mereka bela, hal itu ternyata tak cukup membuat kelima pemain tersebut selalu dipercaya membela Timnas Inggris.

Baca Juga: Ini Torehan Trofi yang Pernah Diraih Michael Carrick Bersama MU

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya