5 Pemain Manchester United asal Denmark Sebelum Christian Eriksen

Ada Peter Schmeichel dan Anders Lindegaard

Manchester United sukses mendatangkan mantan pemain Tottenham Hotspur, Christian Eriksen demi bersaing kembali di papan atas musim depan. Eriksen bisa dikatakan salah satu gelandang terbaik selama bermain di Spurs.

Eriksen juga diyakini tak kesulitan beradaptasi karena cukup lama berkiprah di Premier League. Berikut lima pemain asal Denmark yang lebih dulu berkostum Manchester United sebelum Christian Eriksen.

1. Anders Lindegaard

5 Pemain Manchester United asal Denmark Sebelum Christian EriksenAnders Lindegaard (skysports.com)

Anders Lindegaard datang ke Old Trafford setelah tampil gemilang bersama klub asal Norwegia, Aalesund. Ia saat itu diproyeksikan menjadi pelapis Edwin van der Sar yang mulai termakan usia.

Namun, kedatangan David De Gea membuat Lindegaard tetap menjadi penghangat bangku cadangan. Lindegaard kemudian hengkang ke West Bromwich Albion karena tak kunjung diberi menit bermain. Kini, kiper berusia 38 tahun tersebut membela klub asal Swedia, Helsingborg.

2. Mads Timm

5 Pemain Manchester United asal Denmark Sebelum Christian EriksenMads Timm (balls.ie)

Mads Timm belum genap berusia 20 tahun ketika Manchester United mendatangkannya dari klub asal Denmark, Odense pada 2002. Sayang, Timm hanya sekali tampil untuk Setan Merah pada Liga Champions menghadapi Maccabi Haifa.

Setelahnya, Timm lebih sering dipinjamkan ke beberapa klub lainnya. Pada 2006, Timm akhirnya kembali membela Odense. Saat ini, ia masih menjadi bagian dari Kerteminde.

Baca Juga: 6 Kiper Denmark yang Pernah Merumput di English Premier League

3. Peter Schmeichel

5 Pemain Manchester United asal Denmark Sebelum Christian EriksenPeter Schmeichel (manutd.com)

Peter Schmeichel merupakan salah satu penjaga gawang terbaik dalam sejarah Premier League. Sejak kedatangannya dari Brondby pada 1991, Schmeichel langsung memberi ketenangan di bawah mistar gawang.

Schmeichel juga meraih berbagai gelar bersama The Red Devils, termasuk 5 titel Premier League, 3 Piala FA, 1, Piala Liga, dan 1 Liga Champions. Tak heran, ia didaulat sebagai pemain asal Denmark terbaik yang pernah bermain di Manchester United dan Premier League.

4. John Sivebaek

5 Pemain Manchester United asal Denmark Sebelum Christian EriksenJohn Sivebaek (manutd.com)

John Sivebaek merupakan pemain pertama yang mencetak gol bagi Manchester United di bawah asuhan Sir Alex Ferguson. Namun, ia tak mampu membawa trofi apapun ke Old Trafford dalam 2 musim pengabdiannya. 

Padahal, sebelum bergabung dengan Setan Merah, Sivebaek cukup sukses bersama Vejle Boldklub di Liga Denmark. Sivebaek juga merupakan anggota Timnas Denmark yang menjuarai Piala Eropa 1992.

5. Jesper Olsen

5 Pemain Manchester United asal Denmark Sebelum Christian EriksenJesper Olsen (manutd.com)

Jesper Olsen tampil mengesankan ketika masih berkostum Ajax Amsterdam. Satu tim dengan pemain kenamaan seperti Johan Cruyff, Frank Rijkaard, hingga Marco van Basten, Olsen berhasil membawa sederet trofi.

Olsen kemudian datang ke Manchester United di saat pemain asing masih sangat jarang di Liga Inggris. Namun, Olsen yang berposisi di sayap kiri mampu tampil baik dan bertahan di Old Trafford hingga 1988. 

 

Beberapa pemain Denmark punya karier yang berbeda-beda selama membela Manchester United. Lantas, akankah Eriksen mampu membawa The Red Devils memutus puasa gelar mereka musim depan?

Baca Juga: 5 Pemain Denmark dengan Penampilan Terbanyak Sepanjang Sejarah EPL

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya