5 Pemain Real Betis 2023/2024 yang Pernah Berseragam Barcelona

Ada Marc Bartra dan Hector Bellerin

Barcelona akan bertandang ke Stadion Benito Villamarin, markas Real Betis, pada lanjutan LaLiga Spanyol pekan ke-21, Senin (22/1/2024) dini hari. Barcelona wajib mencuri tiga poin jika masih ingin menjaga asa menjadi juara. Sementara itu, kemenangan bisa membuat Real Betis, yang saat ini menempati peringkat ketujuh klasemen sementara, masuk ke zona Eropa.

Menariknya, terdapat lima pemain Real Betis yang pernah berseragam Barcelona. Ada yang baru bergabung pada musim ini, tetapi ada juga yang sudah berseragam tim asal Sevilla tersebut cukup lama. Berikut lima pemain Real Betis 2023/2024 yang pernah berseragam Barcelona.

1. Chadi Riad dipinjam Real Betis dari Barcelona

5 Pemain Real Betis 2023/2024 yang Pernah Berseragam BarcelonaChadi Riad (fcbarcelona.com)

Chadi Riad merupakan pemain yang sempat menimba ilmu di akademi sepak bola Barcelona. Ia kemudian mendapat debut di tim senior pada 2022/2023. Namun, performa Riad tak mampu membuat Xavi Hernandez mau memainkannya untuk mengisi satu tempat di bek tengah.

Untuk menambah jam terbangnya, Riad dipinjamkan kepada Real Betis untuk 2023/2024. Bersama Real Betis, Riad mendapat cukup banyak menit bermain. Ia sudah dimainkan sebanyak 13 kali di LaLiga. Bahkan, Riad dipanggil Maroko untuk mengikuti Piala Afrika 2023.

2. Abde Ezzalzouli melakoni musim pertamanya bersama Real Betis

5 Pemain Real Betis 2023/2024 yang Pernah Berseragam BarcelonaAbde Ezzalzouli (fcbarcelona.com)

Musim 2023/2024 merupakan musim pertama Abde Ezzalzouli berseragam Real Betis. Sejauh ini, Abde sudah dimainkan sebanyak 16 kali di LaLiga oleh sang pelatih, Manuel Pellegrini. Sama seperti Chadi Riad, pemain yang berposisi sebagai sayap kiri tersebut juga dipanggil Maroko untuk bertarung di Piala Afrika 2023.

Sebelum berkostum Real Betis, Abde sempat 2 musim membela Barcelona. Namun, ia tak pernah benar-benar menjadi pilihan utama. Pemain berusia 22 tahun tersebut sempat dipinjamkan kepada Osasuna sebelum akhirnya dilepas secara permanen menuju Real Betis.

Baca Juga: Profil Pau Cubarsi, Remaja 16 Tahun yang Debut di Tim Utama Barcelona

3. Marc Bartra menjalani periode kedua bersama Real Betis

5 Pemain Real Betis 2023/2024 yang Pernah Berseragam BarcelonaMarc Bartra (fcbarcelona.com)

Marc Bartra merupakan sosok bek senior yang dimiliki Real Betis. Bartra datang pada bursa transfer musim panas 2023 dari tim Liga Turki, Trabzonspor. Sayang, Bartra saat ini tengah mengalami cedera yang membuatnya baru dimainkan sebanyak tiga kali oleh Manuel Pellegrini di LaLiga.

Bagi Bartra, Real Betis bukanlah tempat yang asing baginya. Sebab, ini merupakan periode keduanya bersama tim yang bermarkas di Stadion Benito Villamarin tersebut. Periode pertama Bartra membela Real Betis terjadi pada 2018--2022. Selama periode tersebut, Bartra turut mengantar Real Betis menjuarai Copa del Rey 2021/2022.

Meski saat ini membela Real Betis, Bartra merupakan lulusan La Masia yang merupakan akademi milik Barcelona. Namun, sejak debut ke tim senior pada 2009, Bartra tak pernah menjadi pilihan utama. Salah satu momen yang diingat dari Bartra selama membela Barcelona adalah ketika ia kalah berlari dari Gareth Bale di final Copa del Rey 2013/2014.

4. Perjalanan singkat Hector Bellerin bersama Barcelona

5 Pemain Real Betis 2023/2024 yang Pernah Berseragam BarcelonaHector Bellerin (twitter.com/HectorBellerin)

Hector Bellerin sempat menimba ilmu di La Masia semasa masih muda. Namun, sebelum debut ke tim senior, ia lebih dulu bergabung dengan Arsenal. Setelah 9 musim bermain di English Premier League, Bellerin akhirnya pulang ke Barcelona pada 2022. Meski turut mengantar Barcelona menjadi juara LaLiga, ia kemudian hengkang pada pertengahan musim menuju Sporting Lisbon.

Pada bursa tranfer musim panas 2023, Bellerin kemudian memilih berlabuh ke Real Betis. Bagi Bellerin, ini bukanlah kali pertama ia bermain untuk Real Betis. Sebab, ia pernah membela Real Betis pada 2021/2022 sebagai pemain pinjaman dari Arsenal. Saat itu, Bellerin turut berkontribusi dalam mengantar tim berjuluk Los Verdiblancos tersebut menjuarai Copa del Rey.

5. Claudio Bravo sempat menjadi kiper utama Barcelona

5 Pemain Real Betis 2023/2024 yang Pernah Berseragam BarcelonaClaudio Bravo (twitter.com/C1audioBravo)

Claudio Bravo sempat mengemban tanggung jawab sebagai kiper nomor satu Barcelona. Ia juga merupakan punggawa Barcelona yang meraih treble winner pada 2014/2015. Sekitar 3 musim bersama Barcelona, Bravo kemudian hengkang menuju Manchester City pada 2016.

Sayang, ia hanya menjadi penghangat bangku cadangan selama bermain untuk Manchester City. Pada 2020, Bravo kembali ke LaLiga dan mulai menemukan tempatnya kembali bersama Real Betis. Namun, kebersamaan Bravo bersama Real Betis sering dihantui cedera. Pada 2023/2024 ini, Bravo baru memainkan tujuh pertandingan karena mengalami cedera hamstring.

Kelima pemain Real Betis di atas tercatat pernah membela Barcelona. Selain Bravo, empat pemain lainnya bahkan merupakan didikan La Masia.

Baca Juga: Kontribusi 4 Pemain Gratis Real Betis pada Paruh Musim 2023/2024

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya