4 Pemain Republik Ceko yang Pernah Berseragam Liverpool

Tentu termasuk Milan Baros dan Vladimir Smicer

Liverpool akan menghadapi Sparta Praha pada leg pertama babak 16 besar Liga Europa 2023/2024, Jum'at (8/3/2024) dini hari WIB. Meski di atas kertas lebih diunggulkan, The Reds tak boleh menganggap remeh tim asal Republik Ceko tersebut. Apalagi, jadwal mereka cukup padat karena mereka masih harus bermain di English Premier League (EPL) dan Piala FA.

Bagi Liverpool, ini merupakan kali kedua bertemu dengan Sparta Praha. Sebelumnya, Liverpool pernah bertemu pada babak 32 besar Liga Europa 2010/2011. Saat itu, The Reds berhasil melangkah ke babak 16 besar dengan agregat tipis 1-0. Selain Sparta Praha, Liverpool juga pernah berhadapan dengan Slovan Liberec pada 2000/2001 di kompetisi serupa.

Tak hanya pernah berhadapan dengan tim asal Republik Ceko, Liverpool juga pernah memiliki pemain dari negara yang berbatasan dengan Jerman tersebut. Bahkan, ada pemain Ceko yang pernah memiliki peran cukup penting bagi Liverpool, lho! Siapa mereka?

1. Patrik Berger menjadi pemain Republik Ceko pertama yang membela Liverpool

4 Pemain Republik Ceko yang Pernah Berseragam LiverpoolPatrik Berger (liverpoolfc.com)

Patrik Berger merupakan salah satu pemain yang berperan penting membawa Republik Ceko melaju ke final Euro 1996. Pada babak final menghadapi Jerman, Berger mencetak satu gol melalui titik putih. Sayang, Ceko gagal keluar sebagai juara setelah takluk 1-2 berkat golden goal Oliver Bierhoff. 

Selain membawa Ceko ke final Euro 1996, pada tahun yang sama, Berger juga mengantar Borussia Dortmund menjuarai Bundesliga Jerman. Penampilan apik Berger membuat Liverpool kepincut untuk membajaknya. Pemain yang biasa berposisi sebagai sayap tersebut membela Liverpool selama 7 musim dengan catatan 35 gol dari 196 penampilan di semua kompetisi.

Berger turut membawa The Reds meraih gelar juara Piala FA dan Piala UEFA. Rentetan cedera membuat Berger mulai terpinggirkan dari skuad Liverpool. Ia kemudian dilego ke Portsmouth pada 2003. 

Baca Juga: 5 Pemain yang Paling Diandalkan Rafael Benitez kala Melatih Liverpool

2. Milan Baros tak terlalu bersinar di Anfield

4 Pemain Republik Ceko yang Pernah Berseragam LiverpoolMilan Baros (liverpoolfc.com)

Liverpool mendatangkan Milan Baros pada 2002 setelah ia tampil apik bersama tim Republik Ceko, Banik Ostrava. Baros juga tampil apik pada pertandingan debut di EPL menghadapi Bolton Wanderers. Kala itu, ia langsung mencetak 2 gol dalam kemenangan The Reds 3-2 atas Bolton.

Meski debutnya berlangsung manis, perolehan gol Baros jauh dari kata impresif sebagai seorang penyerang. Baros hanya mampu menorehkan 19 gol dari 68 pertandingan di EPL. Pada 2005, ia akhirnya hengkang dari Anfield menuju Aston Villa.

Selama berkostum Liverpool, Baros turut merasakan gelar juara Piala Liga dan Liga Champions. Pada final Liga Champions 2005, Baros bermain sejak menit awal sebelum akhirnya ditarik keluar pada menit ke-85. Bersama Vladimir Smicer, keduanya merupakan pemain Republik Ceko pertama yang mengangkat trofi Liga Champions.

3. Vladimir Smicer mencetak satu gol pada final Liga Champions 2005

4 Pemain Republik Ceko yang Pernah Berseragam LiverpoolVladimir Smicer (liverpoolfc.com)

Selain Milan Baros, Vladimir Smicer juga tampil pada final Liga Champions 2005 menghadapi AC Milan. Berbeda dengan Baros, Smicer masuk dari bangku cadangan pada menit ke-23. Kala itu, ia bermain untuk menggantikan Harry Kewell yang mengalami cedera.

Dalam laga tersebut, Smicer mencetak satu gol dari luar kotak penalti yang membuat Liverpool menipiskan kedudukan menjadi 2-3. Pada babak adu penalti, Smicer menjadi salah satu eksekutor yang berhasil menjebol jala Nelson Dida. Momen itu sendiri akhirnya menjadi pertandingan terakhir Smicer bersama Liverpool.

Selain trofi Liga Champions, Smicer juga sempat meraih 2 gelar juara Piala Liga serta masing-masing 1 Piala FA dan Piala UEFA. Selama 6 musim berada di Anfield, Smicer tampil sebanyak 184 kali dengan mencetak 19 gol di semua kompetisi. Setelah meninggalkan Anfield, Smicer sempat membela Bordeaux sebelum akhirnya pensiun bersama Slavia Praha. 

4. Vitezslav Jaros belum diberi kesempatan merumput bersama Liverpool

4 Pemain Republik Ceko yang Pernah Berseragam LiverpoolVitezslav Jaros (liverpoolfc.com)

Vitezslav Jaros merupakan penjaga gawang didikan akademi Liverpool. Ia pertama kali masuk ke tim senior Liverpool pada 2020. Namun, Jaros belum pernah sekalipun diturunkan oleh Juergen Klopp dalam pertandingan apa pun.

Jaros beberapa kali dipinjamkan untuk menambah jam terbang dan pengalaman. Pada Januari 2024, Jaros dipinjamkan ke tim Bundesliga Austria, Sturm Graz. Sebelumnya, ia sempat membela St Patrick's Athletic, Notts County, dan Stockport County yang notabene merupakan tim kasta bawah sepak bola Inggris.

Jaros harus bisa menunjukkan performa yang menawan jika ingin debut bersama Liverpool. Sebab, cukup sulit untuk menggeser posisi Alisson Becker yang tampil begitu solid di bawah mistar. Selain itu, masih ada Caoimhin Kelleher yang juga tak kalah bagus ketika Alisson absen.

Dari keempat pemain tersebut, hanya Vitezslav Jaros yang belum pernah merumput bersama Liverpool. Sementara itu, ketiga pemain lainnya sanggup memberikan beberapa trofi bergengsi.

Baca Juga: 5 Eks Liverpool yang Berkarier di Super Lig Turki 2023/2024

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya