7 Pemain asal Spanyol Terbaik yang Pernah Berseragam Liverpool

Ada Luis Garcia hingga Fernando Torres

Para pemain Spanyol saat ini banyak yang bersinar di English Premier League. Salah satu klub yang cukup kental dengan nuansa Spanyol adalah Liverpool. Pasalnya, mereka pernah dilatih oleh Rafael Benitez yang merupakan orang Spanyol.

Dari sekian banyak pemain asal Spanyol tersebut, tak semuanya berhasil tampil bagus. Namun, tak sedikit juga yang akhirnya menjadi andalan tim asal Merseyside tersebut. Berikut tujuh pemain terbaik asal Spanyol yang pernah berseragam Liverpool.

1. Jose Enrique

7 Pemain asal Spanyol Terbaik yang Pernah Berseragam LiverpoolJose Enrique (liverpoolfc.com)

Jose Enrique dibeli Liverpool dari Newcastle United pada 2011. Pada dua musim pertamanya, ia cukup sering dimainkan, bahkan berhasil mempersembahkan satu gelar Piala Liga.

Namun, cedera lutut yang cukup parah membuatnya lebih sering masuk ruang perawatan. Bahkan, ia hanya memainkan 12 laga selama 3 musim. Hal itulah yang kemudian membuat The Reds melepasnya ke Real Zaragoza pada 2016.

2. Alvaro Arbeloa

7 Pemain asal Spanyol Terbaik yang Pernah Berseragam LiverpoolAlvaro Arbeloa (liverpoolfc.com)

Alvaro Arbeloa merupakan produk asli akademi Real Madrid. Namun, sulitnya mendapat tempat utama di skuad utama membuatnya hengkang Deportivo La Coruna sebelum akhirnya merapat ke Anfield pada 2006.

Tak disangka permainannnya semakin berkembang bersama Liverpool dan kerap dipercaya menjadi starter di tiap pertandingan. Real Madrid yang kepincut pun akhirnya memulangkan mantan anak didiknya tersebut pada 2009.

3. Luis Garcia

7 Pemain asal Spanyol Terbaik yang Pernah Berseragam LiverpoolLuis Garcia (liverpoolfc.com)

Luis Garcia didatangkan oleh Rafael Benitez dari Barcelona pada 2004. Ia merupakan pemain keempat asal Spanyol yang membela Liverpool. Pada musim pertamanya, Garcia tampil meyakinkan dan sering menjadi pilihan utama.

Ia juga merupakan bagian skuad Liverpool ketika mereka menjuarai Liga Champions 2005 usai melakukan comeback luar biasa melawan AC Milan. Semusim berselang, Garcia menambah gelar Piala FA ke lemari Liverpool.

Baca Juga: Guardiola Amuk Wasit saat Lawan Liverpool: Berat Sebelah!

4. Thiago

7 Pemain asal Spanyol Terbaik yang Pernah Berseragam LiverpoolThiago Alcantara (liverpoolfc.com)

Jurgen Klopp melakukan pembelian brilian dengan mendatangkan Thiago Alcantara dari Bayern Munich pada 2020. Perannya sebagai pengatur serangan di lini tengah membuat Liverpool kian sulit dihentikan.

Akurasi umpan dan visi bermainnya di lapangan pun terbukti sangat bagus. Jika tak cedera, tak ada alasan bagi Klopp untuk tak memasangnya sejak menit awal pertandingan.

5. Pepe Reina

7 Pemain asal Spanyol Terbaik yang Pernah Berseragam LiverpoolPepe Reina (liverpoolfc.com)

Sejak kedatangannya dari Villarreal pada 2005, Pepe Reina langsung menggeser posisi Jerzy Dudek sebagai kiper utama Liverpool. Reina pun membuktikannya dengan membuat lebih dari 100 clean sheets di English Premier League.

Bahkan, Reina merupakan peraih Golden Glove EPL Selama tiga musim beruntun dari 2006 hingga 2008. Ia juga pernah didaulat sebagai pemain terbaik The Reds musim 2009/2010. Pada musim 2022/2023, Reina kembali berseragam Villarreal.

6. Fernando Torres

7 Pemain asal Spanyol Terbaik yang Pernah Berseragam LiverpoolFernando Torres (liverpoolfc.com)

Fernando Torres merupakan salah satu bomber terbaik yang pernah dimiliki Liverpool. Bahkan, di musim pertamanya bermain di Anfield, Torres berhasil membukukan 24 gol di English Premier League.

Ia pun menjadi pujaan para pendukung Liverpool karena penampilannya yang menawan di tiap pertandingan. Sayang, keputusannya untuk menerima pinangan Chelsea merupakan awal dari penurunan kariernya. Sejak saat itu, performa Torres tak lagi sebagus saat ia masih membela Liverpool.

7. Xabi Alonso

7 Pemain asal Spanyol Terbaik yang Pernah Berseragam LiverpoolXabi Alonso (liverpoolfc.com)

Liverpool pernah punya duet mematikan di lini tengah lewat kombinasi Xabi Alonso dan Steven Gerrard. Mereka merupakan sosok penting di balik kemenangan Liverpool di Liga Champions 2005 dan Piala FA 2006.

Tak heran selama lima musim bermain di Anfield, Alonso tak pernah tergantikan di lini tengah. Penampilan menawannya tersebut akhirnya membuat Real Madrid memboyongnya pada 2009.

 

Liverpool sepertinya punya hubungan bagu dengan para pemain asal Spanyol. Terbukti ketujuh pemain tersebut mampu tampil gemilang dan bahkan memberikan tambahan trofi ke lemari The Reds.

Baca Juga: 5 Pelatih Hebat yang Pernah Melatih Xabi Alonso saat Jadi Pemain

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya