5 Pemain Terbaik yang Pernah Berseragam Fulham dan Chelsea

Ada Damien Duff dan Andre Schurrle

Pertemuan antara Chelsea dan Fulham sering disebut sebagai West London Derby karena kedua tim tersebut berasal dari London Barat. Meskipun tak sepanas North London Derby antara Tottenham Hotspur dan Arsenal, West London Derby juga selalu ditunggu oleh para fans. Posisi stadion dari kedua tim tersebut hanya terpaut jarak sekitar 2 kilometer. 

Meski merupakan rival, kedua tim juga beberapa kali saling bertukar pemain. Beberapa bahkan ada yang menuai prestasi mengesankan, baik bersama Chelsea maupun Fulham. Berikut lima pemain terbaik yang pernah berseragam Chelsea dan Fulham.

1. Roy Bentley persembahkan gelar kasta teratas pertama bagi Chelsea

5 Pemain Terbaik yang Pernah Berseragam Fulham dan ChelseaRoy Bentley (kanan) (chelseafc.com)

Datang dari Newcastle United pada 1948, Roy Bentley langsung menjadi andalan Chelsea di lini depan. Total ia mampu menyarangkan 150 gol dari 367 pertandingan di semua kompetisi. Bentley juga merupakan kapten pertama The Blues yang memberikan gelar juara First Division pada 1954/1955.

Usai membawa Chelsea menjadi juara, Bentley kemudian menyeberang ke Fulham. Di sana ia berhasil membawa tim berjuluk The Cottagers tersebut menjejak babak semifinal Piala FA 1958 dan promosi ke kasta teratas. Pada 1960, Bentley meninggalkan Fulham untuk membela Queens Park Rangers sekaligus menjadi pelabuhan terakhirnya sebagai pesepak bola.

2. John Dempsey membawa Chelsea meraih gelar juara perdana di kancah Eropa

5 Pemain Terbaik yang Pernah Berseragam Fulham dan ChelseaJohn Dempsey (chelseafc.com)

Chelsea merupakan tim Inggris yang cukup sukses di level Eropa. Namun, gelar perdana The Blues di kancah Eropa bukanlah Liga Champions ataupun Europa League, melainkan Piala Winners 1970/1971. Ketika itu, Chelsea mampu mengalahkan Real Madrid dengan skor 2-1 melalui partai ulangan setelah sebelumnya bermain imbang 1-1.

Salah satu pemain yang berjasa dalam meraih trofi tersebut adalah John Dempsey. Ia mencetak satu gol ke gawang Real Madrid pada laga ulangan final tersebut. Selain meraih trofi Piala Winners, Dempsey juga sempat membawa Chelsea menjuarai Piala FA 1970.

Namun, sebelum meraih berbagai kesuksesan tersebut, Dempsey lebih dulu membela Fulham pada 1964--1969. Fulham juga merupakan tim pertama yang dibela oleh Dempsey. Ia kemudian hengkang ke Chelsea setelah Fulham terjerembab di kasta ketiga Liga Inggris.

Baca Juga: Chelsea Permalukan Fulham di Kandangnya

3. Clive Walker yang merupakan didikan akademi Chelsea pernah bermain bagi Fulham

5 Pemain Terbaik yang Pernah Berseragam Fulham dan ChelseaClive Walker (fulhamfc.com)

Clive Walker merupakan pesepak bola yang sempat menimba ilmu di akademi milik Chelsea. Ia kemudian debut di tim senior pada 1976 dan memainkan 198 pertandingan sebelum hengkang dari Stamford Bridge pada 1984. Sayang, ketika itu ia tak mampu membawa Chelsea berprestasi karena The Blues sempat turun ke kasta kedua dan bahkan hampir bermain di kasta ketiga.

Setelah petualangannya bersama Chelsea selesai, Walker sempat membela Sunderland dan Queens Park Rangers sebelum bergabung dengan Fulham. Selama tiga musim membela The Cottagers, pemain yang berposisi sebagai winger tersebut mencatatkan 121 penampilan dan 31 gol di semua kompetisi. Pada 1990, Walker memutuskan untuk hengkang ke Brighton & Hove Albion.

4. Damien Duff membawa Fulham ke final Europa League

5 Pemain Terbaik yang Pernah Berseragam Fulham dan ChelseaDamien Duff (fulhamfc.com)

Didatangkan pada 2003 dari Blackburn Rovers, Damien Duff menjadi salah satu pemain di balik revolusi Chelsea di bawah Roman Abramovich. Selama tiga musim bermain di Stamford Bridge, Duff berhasil membawa Chelsea meraih dua gelar juara English Premier League (EPL). Ia juga mencatatkan 125 penampilan dengan koleksi 19 gol.

Duff kemudian sempat membela Newcastle United sebelum berlabuh ke Fulham pada 2009. Pada musim pertamanya, ia menjadi sosok vital yang membawa The Cottagers melangkah ke babak final Europa League. Sayang, asa mereka untuk menjadi juara dikandaskan Atletico Madrid dengan skor 1-2.

5. Chelsea dan Fulham menjadi dua tim EPL yang pernah dibela Andre Schurrle

5 Pemain Terbaik yang Pernah Berseragam Fulham dan ChelseaAndre Schurrle (fulhamfc.com)

Penampilan menawan Andre Schurrle bersama Bayer Leverkusen membuat Chelsea meminangnya pada 2013. Bersama The Blues, Schurrle mencetak 11 gol dari 44 pertandingan di EPL. Menariknya, Schurrle turut membawa Chelsea menjuarai EPL 2014/2015 meski pada pertengahan musim ia sudah hengkang ke Wolfsburg. Namun, ia berhasil memainkan cukup laga untuk meraih medali.

Setelah meninggalkan Chelsea, penampilan Schurrle terbilang mulai menurun. Ia tak mampu menunjukkan performa bagus ketika membela Wolfsburg dan Borussia Dortmund. Bahkan, Dortmund sempat meminjamkannya selama semusim ke Fulham. Schurrle pensiun dari dunia sepak bola pada usia yang cukup muda, yakni 29 tahun pada 2020.

Kelima pemain tersebut berhasil menunjukkan performa yang cukup bagus ketika bermain bagi Chelsea maupun Fulham. Bahkan, beberapa pemain tersebut mampu memberi gelar juara baik di kancah domestik maupun Eropa.

Baca Juga: 5 Pemain Aktif Fulham dengan Masa Bakti Terlama, Jadi Andalan!

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya