5 Pemain Terbaik Asal Prancis yang Pernah Berseragam Chelsea

Ada Claude Makelele hingga N'Golo Kante

Inggris dan Prancis merupakan dua negara yang punya sejarah kuat dalam hal sepak bola. Maka tak heran, banyak pemain Prancis yang memilih melanjutkan kariernya di tanah Ratu Elizabeth tersebut.

Bahkan, tak sedikit dari mereka yang kemudian jadi sosok penting bagi para klub Premier League. Tak terkecuali Chelsea yang selalu punya pemain Prancis di skuad juara mereka. Berikut lima pemain terbaik asal Prancis yang pernah berseragam Chelsea.

1. William Gallas

5 Pemain Terbaik Asal Prancis yang Pernah Berseragam ChelseaWilliam Gallas (skysports.com)

William Gallas datang ke Stamford Bridge dari Marseille pada 2001. Kedatangan Gallas pun berdampak positif bagi The Blues, duetnya dengan Marcel Desailly maupun John Terry sangat sulit ditembus para pemain lawan.

Gallas pun turut membantu Chelsea ketika mereka meraih dua gelar Premier League secara beruntun. Namun, ia sempat membuat seisi Stamford Bridge marah ketika ia berlabuh ke Arsenal. 

2. Frank Leboeuf

5 Pemain Terbaik Asal Prancis yang Pernah Berseragam ChelseaFrank Lebouef (skysports.com)

Chelsea mendatangkan Leboeuf pada 1996 usai melihat penampilannya yang sangat solid di lini pertahanan bersama Strasbourg. Datangnya Leboeuf ke Stamford Bridge pun tak disesali Chelsea.

Bek yang juga membawa Prancis juara Piala Dunia 1998 tersebut mampu mempersembahkan 2 Piala FA, 1 Piala Winners, dan 1 Piala UEFA. Uniknya, Leboeuf sempat menjadi aktor dengan membintangi beberapa film, salah satunya ketika ia berperan sebagai dokter dalam The Theory of Everything.

Baca Juga: 5 Pemain Chelsea dengan Masa Bakti Terlama saat Ini, Wujud Setia!

3. Claude Makelele

5 Pemain Terbaik Asal Prancis yang Pernah Berseragam ChelseaClaude Makelele (skysports.com)

Sebelum punya N'Golo Kante, Chelsea lebih dulu punya sosok Claude Makelele sebagai jangkar di lini tengah. Mantan pemain Real Madrid tersebut akan jadi pemain yang pertama memutus serangan lawan.

Hal itu menjadi salah satu kunci Chelsea memenangi dua gelar Premier League secara beruntun. Makelele juga sempat membawa The Blues melaju ke partai final Liga Champions 2008 sebelum takluk dari Manchester United.

4. Marcel Desailly

5 Pemain Terbaik Asal Prancis yang Pernah Berseragam ChelseaMarcel Desailly (skysports.com)

Sebelum bergabung dengan Chelsea, Marcel Desailly sudah bergelimang trofi ketika membela Marseille dan AC Milan. Sosoknya begitu tangguh di lini belakang dan siap menghalau setiap serangan lawan.

Selama enam musim di Stamford Bridge, Desailly turut mempersembahkan masing-masing satu Piala FA dan Piala UEFA. Desailly juga merupakan sosok kapten Chelsea sebelum berpindah ke John Terry.

5. N'Golo Kante

5 Pemain Terbaik Asal Prancis yang Pernah Berseragam ChelseaN'Golo Kante (skysports.com)

N'Golo Kante pertama kali mencuri perhatian pecinta sepak bola ketika ia mampu membuat Leicester City menjadi juara Premier League 2015/2016. Chelsea pun tak ragu memboyongnya ke London semusim berselang.

Di musim debutnya, Kante langsung membawa The Blues menjuarai Premier League. Pemain yang membawa Prancis juara Piala Dunia 2018 tersebut juga turut membawa Chelsea merengkuh gelar Europa League, Liga Champions, hingga Piala Dunia Antarklub. 

 

Kelima pemain tersebut mampu memberikan dampak positif bagi permainan Chelsea. Terbukti, kini Chelsea jadi salah satu tim terbaik di Eropa bahkan dunia dengan berbagai gelar yang mereka raih.

Baca Juga: 7 Pemain Chelsea yang Pernah Raih Trofi Bersama Timnas, Mendy Terbaru

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya