7 Pemain Chelsea yang Pernah Raih Trofi Bersama Timnas, Mendy Terbaru

Ada yang juara Piala Dunia!

Timnas Senegal berhasil menjadi juara Piala Afrika 2021. Usai menaklukkan Mesir di partai final, Singa-Singa dari Teranga akhirnya mengangkat trofi Piala Afrika untuk pertama kalinya.

Pastilah itu adalah pencapaian membanggakan bagi seluruh pemain Senegal, termasuk kipe Edouard Mendy. Ya, setelah meraih trofi Liga Champions 2020/2021 dan menjadi kiper terbaik dunia versi FIFA, Mendy melengkapi prestasinya dengan trofi Piala Afrika.

Kiper Chelsea ini pun menyusul para pemain The Blues lain yang sudah pernah meraih trofi bersama timnas. Termasuk Mendy, inilah para pemain tersebut. Siapa saja?

1. N'Golo Kante (Piala Dunia 2018)

7 Pemain Chelsea yang Pernah Raih Trofi Bersama Timnas, Mendy TerbaruN'Golo Kante berpose dengan trofi Piala Dunia. (instagram.com/nglkante)

Pertama tentu adalah N'Golo Kante. Gelandang andalan Chelsea ini pernah meraih trofi internasional yang paling bergengsi bersama Timnas Prancis, yaitu Piala Dunia 2018. Tak sekadar jadi juara, Kante juga punya andil besar dalam kesuksesan Prancis kala itu.

Kante tampil dalam seluruh pertandingan Prancis di Piala Dunia 2018. Kerja kerasnya sebagai gelandang bertahan membuat Prancis sukses mencatat empat clean sheets sepanjang turnamen. Timnas Prancis juga berhasil menjuarai UEFA Nations League 2020/2021, tetapi Kante tak ikut serta sehingga tidak turut mengangkat trofi.

2. Thiago Silva (Piala Konfederasi 2013 dan Copa America 2019)

7 Pemain Chelsea yang Pernah Raih Trofi Bersama Timnas, Mendy TerbaruThiago Silva berseragam Timnas Brasil (instagram.com/thiagosilva)

Sementara Thiago Silva belum pernah menjuarai Piala Dunia bersama negaranya. Namun, ia pernah membawa Timnas Brasil meraih dua trofi. Pertama adalah Piala Konfederasi 2013. Turnamen itu diadakan di Brasil sebagai bagian dari persiapan menuju Piala Dunia 2014, dan sang tuan rumah sukses jadi juara.

Berikutnya, Thiago Silva berhasil membawa Brasil jadi juara Copa America 2019. Brasil kembali jadi tuan rumah sekaligus sang juara. Silva tampil dalam seluruh pertandingan Brasil dan sukses membangun pertahanan kokoh sehingga Tim Samba hanya kebobolan sekali sepanjang turnamen.

Baca Juga: Dari Kante hingga Mount, Inilah 5 Pemain Terbaik Chelsea Saat Ini

3. Jorginho (Piala Eropa 2020)

7 Pemain Chelsea yang Pernah Raih Trofi Bersama Timnas, Mendy TerbaruJorginho berseragam Timnas Italia (skysports.com)

Ada pula pemain Chelsea yang sudah pernah menaklukkan Eropa bersama negaranya, yaitu Jorginho. Gelandang kelahiran Brasil ini sukses membawa Timnas Italia menjuarai Piala Eropa 2020 yang digelar pada 2021 lalu.

Peran Jorginho pun sangat besar karena ia tampil dalam seluruh pertandingan Italia hingga jadi juara. Penampilan apik Jorginho bahkan membuat dirinya jadi salah satu kandidat kuat peraih Ballon d'Or 2021, meski akhirnya tak jadi pemenang.

Selain Jorginho, ada pula pemain Chelsea lain yang turut juara Piala Eropa 2020 bersama Timnas Italia. Ia adalah Emerson Palmieri, yang sedang dipinjamkan ke Olympique Lyon pada 2021/2022.

4. Christian Pulisic (CONCACAF Nations League 2019/2020)

7 Pemain Chelsea yang Pernah Raih Trofi Bersama Timnas, Mendy TerbaruChristian Pulisic berseragam Timnas Amerika Serikat (instagram.com/cmpulisic)

Di kawasan CONCACAF alias Amerika Utara, Tengah, dan Karibia, turnamen antarnegara yang paling bergengsi adalah Gold Cup atau Piala Emas. Christian Pulisic belum pernah menjuarai Piala Emas bersama Timnas Amerika Serikat.

Mereka sebenarnya sukses juara Piala Emas 2021, tetapi Pulisic tidak masuk skuad sehingga tak ikut meraih trofi. Namun, Pulisic pernah membawa negaranya memenangi CONCACAF Nations League 2019/2020.

Amerika Serikat menjuarai turnamen tersebut setelah mengalahkan Meksiko di partai final. Pulisic sendiri tampil sebagai kapten pada laga tersebut dan sukses mencetak satu gol.

5. Timo Werner (Piala Konfederasi 2017)

7 Pemain Chelsea yang Pernah Raih Trofi Bersama Timnas, Mendy TerbaruTimo Werner berseragam Timnas Jerman (instagram.com/timowerner)

Ada pula dua pemain Chelsea yang sukses menjuarai Piala Konfederasi 2017 bersama Timnas Jerman. Yang pertama adalah Timo Werner. Werner yang kala itu baru berusia 21 tahun dipanggil masuk skuad Jerman, dan ternyata ia tampil apik sepanjang turnamen.

Werner tampil empat kali sepanjang Piala Konfederasi 2017, dengan sumbangan 3 gol dan 2 assists. Werner pun jadi salah satu top skor turnamen tersebut, bersama dengan dua pemain Jerman lainnya yang juga mencetak tiga gol.

6. Antonio Rudiger (Piala Konfederasi 2017)

7 Pemain Chelsea yang Pernah Raih Trofi Bersama Timnas, Mendy TerbaruAntonio Rudiger berseragam Timnas Jerman (instagram.com/toniruediger)

Antonio Rudiger juga masuk skuad Jerman yang menjuarai Piala Konfederasi 2017. Seperti Werner, Rudiger juga tampil empat kali sepanjang turnamen yang digelar di Rusia tersebut. Pemain berposisi bek ini berhasil memenangi seluruh laga yang ia mainkan.

Rudiger sendiri sebenarnya sudah debut bersama Timnas Jerman sejak 2014. Namun, ia tak masuk skuad Jerman yang menjuarai Piala Dunia 2014. Selain Piala Konfederasi 2017, Rudiger juga tampil di Piala Dunia 2018 dan Piala Eropa 2020, tetapi gagal membawa Jerman meraih prestasi.

7. Edouard Mendy (Piala Afrika 2021)

7 Pemain Chelsea yang Pernah Raih Trofi Bersama Timnas, Mendy TerbaruEdouard Mendy memegang trofi Piala Afrika. (instagram.com/edou_mendy)

Edouard Mendy menjadi nama terbaru pemain Chelsea yang sukses meraih trofi bersama timnas. Mendy tampil apik bersama Timnas Senegal di Piala Afrika 2021 dan membawa negaranya juara. Ia bermain lima kali sepanjang turnamen, dan hanya kebobolan dua kali saja.

Bahkan, Mendy jadi pahlawan kemenangan negaranya di partai final. Ia menepis tendangan pemain Mesir pada babak adu penalti yang memastikan Senegal jadi juara. Tak heran jika di akhir turnamen Mendy dinyatakan sebaga kiper terbaik Piala Afrika 2021.

 

Chelsea boleh berbangga karena memiliki sejumlah pemain yang pernah meraih trofi bersama timnas. Dengan materi para pemain yang bermental juara tersebut, The Blues berpeluang besar meraih trofi musim 2021/2022 ini.

Baca Juga: 5 Pemain Chelsea dengan Masa Bakti Terlama saat Ini, Wujud Setia!

Peter Eduard Photo Verified Writer Peter Eduard

Be weird, because being normal is so boring

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya