Comscore Tracker

6 Pemain Tinggalkan Piala Dunia Lebih Awal Selain Ben White

Berbagai alasan melatar belakangi keputusan mereka

Kabar mengejutkan datang dari Ben White yang memutuskan untuk meninggalkan kamp latihan Timnas Inggris di Qatar. Melansir situs resmi sepak bola Inggris, belum ada alasan pasti mengapa pemain Arsenal itu pulang lebih cepat.

Kepergian pemain dari gelaran Piala Dunia meski timnya masih bermain bukanlah kali pertama terjadi. Berbagai alasan pun membuat mereka pulang lebih cepat ke negaranya. Selain Ben White, berikut enam pemain lainnya yang juga tinggalkan gelaran Piala Dunia lebih awal.

1. Willie Johnston

6 Pemain Tinggalkan Piala Dunia Lebih Awal Selain Ben WhiteWillie Johnston (kanan) (wba.co.uk)

Willie Johnston masuk ke skuad Timnas Skotlandia pada Piala Dunia 1978. Namun, ia sudah dipulangkan oleh Asosiasi Sepak Bola Skotlandia karena gagal lolos tes doping.

Ia sempat bermain ketika Skotlandia kalah dari Peru dengan skor 1-3 di laga pembuka. Johnston memang dikenal sebagai pemain yang bengal dan kerap membuat masalah selama kariernya.

2. Roy Keane

6 Pemain Tinggalkan Piala Dunia Lebih Awal Selain Ben WhiteRoy Keane (manutd.com)

Roy Keane pernah menolak bermain untuk Timnas Irlandia pada Piala Dunia 2002. Hal itu didasari karena ia merasa tak puas dengan fasilitas latihan timnya yang terletak di Pulau Saipan.

Keane pun sempat berselisih dengan sang pelatih terkait hal tersebut. Ia pun akhirnya lebih memilih jalan-jalan di Kota Manchester ketika timnya tengah bersiap menghadapi Kamerun. Tanpa Keane, Irlandia berhasil melaju hingga babak 16 besar sebelum akhirnya ditekuk Spanyol.

3. Diego Maradona

6 Pemain Tinggalkan Piala Dunia Lebih Awal Selain Ben WhiteDiego Maradona pada Piala Dunia 1994. (fifa.com)

Meski usianya tak lagi muda ketika Argentina berlaga di Piala Dunia 1994, sosoknya sebagai kapten dan pahlawan Argentina membuat keberadaannya penting dalam tim. Namun, Maradona malah meninggalkan timnya lebih cepat.

Hal itu terjadi lantaran Maradona terbukti positif menggunakan obat-obatan terlarang setelah partai terakhir fase grup menghadapi Bulgaria. Tanpa sang kapten, Albiceleste kandas di babak 16 besar dari Romania.

Baca Juga: Soal Izin Pemain Timnas Inggris Bertemu WAGs, Southgate Masih Ragu

4. Nicolas Anelka

6 Pemain Tinggalkan Piala Dunia Lebih Awal Selain Ben WhiteNicolas Anelka (bwfc.co.uk)

Piala Dunia 2010 menjadi salah satu Piala Dunia yang ingin dilupakan oleh pendukung Prancis. Sebagai salah satu negara yang diunggulkan, Les Blues justru menjadi juru kunci Grup A dengan koleksi satu poin.

Salah satu penyebab buruknya penampilan Prancis adalah konflik antara Nicolas Anelka dengan sang pelatih, Raymond Domenech. Anelka sempat menghina sang pelatih ketika Prancis kalah 0-2 dari Meksiko.

Domenech yang sebelumnya sudah tak dipercaya oleh tim makin membuat kondisi ruang ganti Prancis memanas. Anelka pun akhirnya dipulangkan lebih awal. Tak lama, Anelka memutuskan pensiun dari kancah internasional pasca drama tersebut.

5. Zlatko Zahovic

6 Pemain Tinggalkan Piala Dunia Lebih Awal Selain Ben WhiteZlatko Zahovic (nomor 10) bersama skuad Slovenia pada Piala Dunia 2002. (uefa.com)

Setelah merdeka dari Yugoslavia, Slovenia mencetak sejarah menjadi debutan di Piala Dunia 2002. Namun, lolosnya mereka ke ajang empat tahunan tersebut juga tak lepas dari kontroversi.

Zlatko Zahovic yang berposisi sebagai gelandang merasa tak senang dengan sang pelatih, Srecko Katanec, setelah ia diganti di tengah pertandingan kala Slovenia kalah 1-3 dari Spanyol. Hal itu membuat Zahovic dipulangkan lebih awal, sementara Slovenia menjadi juru kunci tanpa bisa meraih satu poin pun.

6. Nikola Kalinic 

6 Pemain Tinggalkan Piala Dunia Lebih Awal Selain Ben WhiteNikola Kalinic (twitter.com/HNS_CFF)

Piala Dunia 2018 akan menjadi Piala Dunia yang tak bisa dilupakan bagi Timnas Kroasia. Datang sebagai kuda hitam, mereka secara mengejutkan mampu menembus babak final sebelum kalah dari Prancis.

Namun, momen heroik tersebut tak bisa dirasakan oleh Nikola Kalinic yang dipulangkan lebih awal. Sang pelatih, Zlatko Dalic, merasa marah karena ia menolak untuk diturunkan dalam laga melawan Nigeria dengan alasan sakit pada punggungnya. 

Pamitnya Ben White dari skuad Inggris yang berlaga di Piala Dunia 2022 Qatar memang cukup mengejutkan. Lantas, apakah penampilan para penggawa Inggris akan terpengaruh atau mereka justru tetap baik-baik saja? Bagaimana prediksimu?

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Hanya Sekali Membela Timnas Inggris

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya