Comscore Tracker

10 Pembelian Terakhir Real Madrid pada Januari, Tak Ada yang Bertahan

Ada Gonzalo Higuain hingga Reinier

Bursa transfer Januari merupakan salah satu ajang bagi klub-klub Eropa untuk mencari tambahan amunisi, tak terkecuali Real Madrid. Klub asal ibukota Spanyol tersebut tercatat pernah melakukan beberapa pembelian pada musim dingin meski tak semuanya sesuai ekspektasi.

Dari sebelas pembelian terakhir mereka pada bursa transfer Januari, tak ada yang bertahan di Santiago Bernabeu hingga saat ini. Beberapa ada yang dijual dan dipinjamkan ke klub lain. Bahkan ada yang tak pernah sekalipun merumput untuk Los Blancos.

1. Gonzalo Higuain

10 Pembelian Terakhir Real Madrid pada Januari, Tak Ada yang BertahanGonzalo Higuain (skysports.com)

Gonzalo Higuain didatangkan Real Madrid pada 2006 untuk memperkuat lini depan mereka. Dua musim pertama, ia tak langsung tampil tajam. Barulah pada musim ketiganya ia memperlihatkan insting predator di depan gawang lawan dengan torehan 22 gol di LaLiga.

Karier Higuain di Real Madrid sendiri lebih sering tertutup sinar Karim Benzema dan Cristiano Ronaldo. Padahal ia sukses mengukir 121 gol selama 6 musim berkostum Los Blancos. Sempat berkelana ke Serie A, penyerang asal Argentina tersebut kini bermain di Major League Soccer dengan membela Inter Miami.

2. Fernando Gago

10 Pembelian Terakhir Real Madrid pada Januari, Tak Ada yang BertahanFernando Gago (skysports.com)

Fernando Gago sudah menarik perhatian ketika masih membela Boca Juniors. Meskipun masih berusia muda, Real Madrid tak ragu untuk mendatangkannya pada 2006. Kariernya sendiri terbilang naik-turun akibat masalah cedera.

Gelandang asal Argentina tersebut tampil sebanyak 121 pertandingan untuk Los Blancos. Gago sempat bermain untuk AS Roma dan Valencia sebelum kembali ke Boca Juniors. Pada 2020, Gago memutuskan pensiun dalam usia 34 tahun akibat cedera yang tak kunjung sembuh.

Baca Juga: 13 Fakta Casemiro, Gelandang Bertahan Brasil Andalan Real Madrid

3. Julien Faubert

10 Pembelian Terakhir Real Madrid pada Januari, Tak Ada yang BertahanJulien Faubert (marca.com)

Bagi pencinta sepak bola tanah air, mungkin tak asing dengan nama Julien Faubert. Ia sempat membela Borneo FC pada 2018. Karier Faubert sebenarnya tak terlalu mentereng di kancah Eropa.

Meskipun pernah berkostum Real Madrid, ia hanya tampil sebanyak dua pertandingan. Kala itu, pemain asal Prancis tersebut memang tengah dipinjam dari West Ham. Penampilannya yang tak terlalu istimewa membuat Real Madrid memulangkannya.

4. Lassana Diarra

10 Pembelian Terakhir Real Madrid pada Januari, Tak Ada yang BertahanLassana Diarra (skysports.com)

Sebelum membela Real Madrid, Lassana Diarra sempat berkiprah di Premier League dengan membela Chelsea, Arsenal, dan Portsmouth. Pada 2009, ia resmi berlabuh ke Santiago Bernabeu dan bertahan hingga 2013.

Selama periode tersebut, Diarra sukses mempersembahkan 1 gelar LaLiga dan 1 Copa del Rey. Usai hengkang dari Real Madrid, ia sempat berkarier di Liga Rusia bersama Anzhi Makhackala dan Lokomotiv Moscow. Pemain asal Prancis tersebut pensiun pada 2019 usai kontraknya tak diperpanjang Paris Saint-Germain.

5. Klaas-Jan Huntelaar

10 Pembelian Terakhir Real Madrid pada Januari, Tak Ada yang BertahanKlaas-Jan Huntelaar (goal.com)

Klaas Jan Huntelaar merupakan salah satu striker berbakat yang pernah dihasilkan Belanda. Penampilan tajamnya ketika membela Ajax dengan torehan 105 gol dari 136 penampilan membuat Real Madrid tak ragu untuk mendatangkannya.

Sayangnya, performanya jauh menurun ketika tiba di Santiago Bernabeu. Huntelaar hanya sanggup mencetak 8 gol dari 20 penampilannya di LaLiga. Hal itu membuatnya dilepas ke AC Milan semusim berselang. Ia juga sempat membela Schalke 04 sebelum kembali memperkuat Ajax.

6. Emmanuel Adebayor

10 Pembelian Terakhir Real Madrid pada Januari, Tak Ada yang BertahanEmmanuel Adebayor (skysports.com)

Pada 2011, Real Madrid terbilang berani mendatangkan Emmanuel Adebayor dengan status pinjaman dari Manchester City. Padahal ia tengah tampil buruk dengan hanya mencetak 1 gol dari 8 pertandingan di Premier League.

Bersama Los Blancos, penyerang asal Togo tersebut mencetak 8 gol dari 22 penampilan. Hal itu membuat Real Madrid tak mau mempermanenkannya. Adebayor pun memilih bergabung dengan Tottenham Hotspur. Ia pensiun pada 2020 ketika memperkuat tim asal Paraguay, Olimpia.

7. Diego Lopez

10 Pembelian Terakhir Real Madrid pada Januari, Tak Ada yang BertahanDiego Lopez (skysports.com)

Diego Lopez didatangkan Jose Mourinho dari Sevilla untuk menggantikan posisi Iker Casillas yang mengalami cedera tangan. Ia perlahan menggeser posisi mantan kiper nomor satu Spanyol tersebut meski Casillas sudah pulih.

Lopez bahkan ditunjuk menjadi kiper utama Real Madrid pada 2013/2014. Namun, kedatangan Keylor Navas membuat Lopez memutuskan pergi ke AC Milan. Penjaga gawang berusia 40 tahun itu kini masih aktif bermain dengan membela Espanyol.

8. Lucas Silva

10 Pembelian Terakhir Real Madrid pada Januari, Tak Ada yang BertahanLucas Silva (skysports.com)

Lucas Silva sempat tampil mengesankan kala masih membela Cruzeiro. Hal itu membuat Carlo Ancelotti memboyongnya ke Santiago Bernabeu pada 2014. Namun, penampilannya tak sesuai harapan. Ia justru lebih sering dipinjamkan.

Lucas Silva hanya bermain sebanyak delapan pertandingan di LaLiga. Padahal awalnya ia dianggap sebagai pemain masa depan Los Blancos. Silva kemudian kembali ke klub lamanya, Cruzeiro, dan kini tengah memperkuat Gremio.

9. Brahim Diaz

10 Pembelian Terakhir Real Madrid pada Januari, Tak Ada yang BertahanBrahim Diaz (skysports.com)

Brahim Diaz merupakan produk asli akademi Manchester City dan sempat digadang-gadang sebagai pemain muda potensial pada 2019. Meskipun terbilang kurang pengalaman, tetapi hal tersebut tak membuat Real Madrid ragu untuk mendatangkannya.

Diaz ternyata tak mampu menjadi pilihan utama di lini tengah Los Blancos. Pemain berkebangsaan Spanyol tersebut hanya merumput 21 kali untuk Real Madrid di semua kompetisi. Ia kini dipinjamkan selama 2 musim ke AC Milan dengan opsi pembelian pada akhir masa peminjaman.

10. Hugo Vallejo

10 Pembelian Terakhir Real Madrid pada Januari, Tak Ada yang BertahanHugo Vallejo (elnortedecastilla.es)

Hugo Vallejo didatangkan Real Madrid dari Malaga pada 2020. Namun, ia tak sempat bermain. Vallejo justru langsung dipinjamkan ke Deportivo La Coruna. Bersama Super Depor, ia hanya sanggup mencetak 1 gol dari 13 laga.

Usai kembali dari masa peminjamannya, Vallejo tak lantas bergabung dengan tim utama. Ia justru bermain untuk Real Madrid B yang berkompetisi di kasta ketiga Liga Spanyol. Ia kembali dipinjamkan ke Real Valladolid yang bermain di Segunda Division.

11. Reinier

10 Pembelian Terakhir Real Madrid pada Januari, Tak Ada yang BertahanReinier (marca.com)

Real Madrid membeli Reinier dari Flamengo dengan harga cukup mahal untuk seorang pemain muda, yakni senilai 26 juta pound sterling atau setara dengan Rp503 miliar. Namun, ia belum sekalipun tercatat pernah merumput untuk Los Blancos.

Sama seperti Hugo Vallejo, ia justru lebih dahulu membela Real Madrid B. Ia kini tengah menikmati masa peminjamannya selama 2 musim bersama Borussia Dortmund. Meski begitu, ia tak mampu menembus skuad inti Borussia Dortmund dan lebih sering turun dari bangku cadangan.

Sebelas pemain yang didatangkan Real Madrid pada bursa transfer tak semuanya mampu tampil baik. Bahkan, ada yang tak pernah tampil dan dipinjamkan ke klub lain. Akankah Real Madrid kembali mendatangkan pemain pada bursa transfer Januari ini?

Baca Juga: 7 Pemain Terbaik yang Pernah Berkostum Real Madrid dan Atletico Madrid

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya