5 Pencetak Gol Paling Telat dalam Sejarah EPL, McBurnie Pecahkan Rekor

Tiga di antaranya terjadi pada 2023/2024

Mencetak gol pada menit-menit akhir pertandingan menimbulkan sensasi tersendiri bagi seorang pemain. Apalagi jika gol tersebut membuat timnya selamat dari kekalahan atau bahkan memenangi pertandingan. Tak heran jika tiap pemain harus terus fokus hingga wasit meniup peluit tanda pertandingan berakhir.

Gol pada detik-detik akhir pertandingan terjadi pada lanjutan English Premier League (EPL) pekan ke-21 antara Sheffield United dan West Ham United, Minggu (21/1/2024) dini hari. West Ham United yang hampir pasti meraih tiga poin dibuyarkan tendangan penalti Oli McBurnie. Gol McBurnie menjadi yang paling telat dalam sejarah EPL karena dicetak pada menit ke-103.

Menariknya, pada 2023/2024, terdapat tiga pencetak gol paling telat dalam sejarah EPL. Hal itu terjadi karena saat ini perpanjangan waktu dibuat lebih lama untuk mengatasi pemain yang sering mengulur-ulur waktu.

Berikut lima pencetak gol paling telat dalam sejarah EPL.

1. Juan Mata menutup kemenangan Chelsea atas Norwich City

5 Pencetak Gol Paling Telat dalam Sejarah EPL, McBurnie Pecahkan RekorJuan Mata (nomor 10) merayakan gol ke gawang Norwich City pada 2011/2012. (chelseafc.com)

Chelsea menjamu Norwich City di Stamford Bridge pada 2011/2012. Bermain di kandang sendiri membuat Chelsea mampu unggul cepat pada menit keenam melalui Jose Bosingwa. Norwich City baru bisa membalas pada menit ke-62 berkat aksi Grant Holt.

Chelsea yang terus menekan akhirnya mampu kembali unggul berkat eksekusi penalti Frank Lampard. Juan Mata yang melakoni debutnya bersama Chelsea menutup kemenangan The Blues pada menit ke-101. Wasit memberi tambahan waktu cukup lama karena pertandingan sempat dihentikan karena Didier Drogba mengalami cedera kepala.

2. Leon Bailey mengunci tiga angka untuk Aston Villa dari Crystal Palace

5 Pencetak Gol Paling Telat dalam Sejarah EPL, McBurnie Pecahkan RekorLeon Bailey mencetak gol ke gawang Crystal Palace pada 2023/2024. (avfc.co.uk)

Laga dramatis terjadi di Villa Park ketika Aston Villa menjamu Crystal Palace pada pekan kelima Premier League 2023/2024. Meski bermain di kandang sendiri, justru Crystal Palace yang mampu mencuri gol terlebih dahulu. Odsonne Edouard mampu membuka keunggulan berkat assist Jean-Philippe Mateta.

Memasuki menit-menit akhir pertandingan, publik Villa Park dibuat heboh berkat gol Jhon Duran pada menit ke-87. Aston Villa kemudian mencetak dua gol pada injury time untuk mencuri tiga angka. Douglas Luiz mencetak gol melalui titik putih pada menit ke-98. Pada sisa waktu pertandingan, Leon Bailey menyegel kemenangan Aston Villa berkat golnya pada menit ke-101.

Baca Juga: 6 Mantan Pemain Feyenoord yang Membela Klub Premier League 2023/2024

3. Gabriel Jesus menyegel kemenangan Arsenal atas Manchester United

5 Pencetak Gol Paling Telat dalam Sejarah EPL, McBurnie Pecahkan RekorGabriel Jesus mencetak gol ke gawang Arsenal pada 2023/2024. (arsenal.com)

Pertandingan antara Arsenal dan Manchester United pada pekan keempat Premier League 2023/2024 berlangsung cukup ketat. Manchester United berhasil membuka keunggulan terlebih dahulu berkat gol Marcus Rashford. Tak berselang lama, Martin Odegaard membuat kedudukan kembali imbang.

Hingga memasuki menit ke-90, kedua tim tak kunjung mendapatkan gol. Arsenal akhirnya mendapatkan gol berkat tendangan Declan Rice yang sempat membentur kaki salah satu pemain Manchester United. Setan Merah yang tampil menyerang justru terkena serangan balik yang mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Gabriel Jesus pada menit ke-101.

4. Dirk Kuyt menyelamatkan Liverpool dari kekalahan melawan Arsenal

5 Pencetak Gol Paling Telat dalam Sejarah EPL, McBurnie Pecahkan RekorDirk Kuyt mencetak gol ke gawang Arsenal pada 2010/2011. (uefa.com)

Laga dramatis tersaji pada 2010/2011 ketika Arsenal menjamu Liverpool di Emirates Stadium. Kedua tim bermain sama kuat sehingga tak satu pun gol tercipta hingga laga memasuki injury time. Tambahan waktu yang diberikan wasit cukup lama karena Jamie Carragher sempat mengalami cedera kepala setelah berbenturan dengan Jon Flanagan.

Pada injury time, Arsenal mendapat hadiah penalti setelah Cesc Fabregas dijatuhkan Jay Spearing. Dengan tenang, Robin van Persie mampu membuat Pepe Reina mati langkah saat penalti berlangsung. Pada sisa waktu pertandingan, giliran Liverpool yang mendapat tendangan penalti karena Dirk Kuyt dilanggar Emmanuel Eboue. Kuyt yang tampil sebagai eksekutor mampu menjalankan tugasnya dengan baik pada menit ke-102 untuk membawa Liverpool mencuri satu poin.

5. Penalti Oli McBurnie membuat Sheffield United mengamankan tiga poin

5 Pencetak Gol Paling Telat dalam Sejarah EPL, McBurnie Pecahkan RekorOli McBurnie (twitter.com/oli_mcburnie)

Oli McBurnie mencetak rekor sebagai pencetak gol paling telat dalam sejarah EPL. Pemain asal Skotlandia tersebut mencetak gol dari titik putih pada menit ke-103 untuk memaksa hasil imbang menghadapi West Ham United. Tambahan sau poin ini penting bagi tim berjuluk The Blades tersebut yang kini tengah berada di dasar klasemen.

Bermain di Bramall Lane yang merupakan kandang Sheffield United, tim tamu justru membuka keunggulan terlebih dahulu berkat gol Maxwel Cornet. Jelang turun minum, Sheffield United menyamakan kedudukan berkat aksi Ben Brereton Diaz. Gol tersebut merupakan gol debut Diaz yang dipinjam dari Villarreal pada Januari 2024.

Memasuki menit ke-79, West Ham United kembali unggul melalui eksekusi penalti James Ward-Prowse. Jelang pertandingan berakhir, Alphonse Areola melanggar Oli McBurnie yang membuat wasit memberi hadiah penalti untuk Sheffield United. West Ham United yang sempat melakukan pergantian penjaga gawang dengan memasukkan Lukasz Fabianski tetap tak mampu membendung tendangan keras dari McBurnie.

Kelima gol di atas membuktikan jika setiap pemain harus tetap fokus hingga pertandingan benar-benar berakhir. Tak boleh ada kesalahan yang kemudian menghasilkan gol maupun penalti kepada lawan jika tak ingin kehilangan poin.

Baca Juga: 5 Bintang Saudi Pro League yang Bisa Balik ke Eropa, Susul Henderson?

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya