5 Pencetak Gol Terbanyak Piala Super Italia, Paulo Dybala Teratas

Didominasi para pemain Juventus

Piala Super Italia merupakan turnamen yang pertama kali diadakan pada 1988. Piala Super Italia mempertemukan juara Serie A Italia dengan juara Coppa Italia. Namun, sejak 2023, turnamen ini mempertemukan masing-masing juara dan runner-up Serie A dan Coppa Italia.

Juventus menjadi tim yang paling sering menjadi juara Piala Super Italia. La Vecchia Signora berhasil meraih 9 gelar juara dari 17 kali tampil di final. Tak heran banyak pemain mereka yang menghiasi daftar top skor Piala Super Italia. Salah satunya adalah Paulo Dybala yang saat ini masih memegang rekor gol terbanyak Piala Super Italia.

Termasuk Dybala, berikut lima pencetak gol terbanyak pada Piala Super Italia.

1. Samuel Eto'o mencetak tiga gol bagi Inter Milan

5 Pencetak Gol Terbanyak Piala Super Italia, Paulo Dybala TeratasSamuel Eto'o (twitter.com/ChampionsLeague)

Meski hanya dua musim berkostum Inter Milan, Samuel Eto'o mampu mempersembahkan banyak trofi. Ia membawa Inter Milan meraih 1 Scudetto, 2 Coppa Italia, dan 1 Liga Champions. Pemain berkebangsaan Kamerun tersebut turut mengantar Nerazzurri merengkuh treble winner pada 2009/2010.

Eto'o tercatat tiga kali bermain pada Piala Super Italia dengan mengemas tiga gol. Sayang, dari tiga final tersebut, Eto'o hanya mampu membawa Inter Milan sekali menjadi juara. Inter Milan menjadi juara pada 2010 ketika mengalahkan AS Roma dengan skor 3-1. Eto'o turut menyumbang dua gol dalam laga tersebut.

Pada 2009, Eto'o juga mencetak gol ketika Inter Milan kalah 1-2 dari Lazio. Pada 2011, Inter Milan ditekuk sang rival, AC Milan, dengan skor tipis 1-2. Eto'o yang tampil penuh tak mampu merobek jala yang dijaga Christian Abbiati.

2. Carlos Tevez mengemas tiga gol bagi Juventus

5 Pencetak Gol Terbanyak Piala Super Italia, Paulo Dybala TeratasCarlos Tevez (twitter.com/ChampionsLeague)

Carlos Tevez pertama kali tampil pada Piala Super Italia pada 2013 bersama Juventus. Kali itu, mereka menantang Lazio yang berstatus sebagai juara Coppa Italia. Dalam laga tersebut, Tevez mampu mencetak satu gol dalam kemenangan Juventus 4-0 atas Lazio.

Tevez kembali dipercaya sebagai juru gedor pada Piala Super Italia 2014 menghadapi Napoli. Dalam laga tersebut, Tevez tampil apik dengan memborong dua gol. Namun, Napoli memaksa laga berlanjut ke babak adu penalti setelah Gonzalo Higuain juga mencetak brace.

Pada babak adu penalti, Tevez yang menjadi eksekutor pertama Juventus gagal mencetak gol. Juventus akhirnya gagal menjadi juara setelah Simone Padoin gagal menjebol jala Rafael. Sementara itu, Kalidou Koulibaly menjadi penentu kemenangan Napoli setelah tembakannya mampu menjebol gawang Gianluigi Buffon.

Baca Juga: Kinerja 6 Gelandang AC Milan pada Paruh Musim 2023/2024

3. Andriy Shevchenko tampil apik dengan menyarangkan tiga gol bagi AC Milan

5 Pencetak Gol Terbanyak Piala Super Italia, Paulo Dybala TeratasAndriy Shevchenko (twitter.com/ChampionsLeague)

Piala Super Italia 2004 menjadi panggung tersendiri bagi Andriy Shevchenko. Pemain asal Ukraina tersebut mampu mencetak tiga gol untuk membawa AC Milan mengalahkan Lazio dengan skor 3-0. Shevchenko menjadi pemain pertama yang mampu mencetak hattrick pada Piala Super Italia.

Kemenangan tersebut menjadi pembalasan bagi Shevchenko yang dalam dua pertandingan Piala Super Italia sebelumnya selalu mengalami kekalahan. Pada 1999, AC Milan dipaksa bertekuk lutut setelah kalah 1-2 dari Parma. Pada 2003, giliran Juventus yang mengalahkan AC Milan melalui drama adu penalti. Shevchenko juga gagal mencetak gol dalam dua pertandingan tersebut.

4. Alessandro Del Piero punya catatan tiga gol bersama Juventus

5 Pencetak Gol Terbanyak Piala Super Italia, Paulo Dybala TeratasAlessandro Del Piero (twitter.com/ChampionsLeague)

Alessandro Del Piero memenangkan 4 dari 9 trofi Piala Super Italia yang dimiliki Juventus. Del Piero tercatat hanya 2 kali menelan kekalahan dari 6 pertandingan Piala Super Italia. Meski tak selalu mencetak gol, ia punya catatan 3 gol pada Piala Super Italia.

Gol pertama Del Piero tercipta ke gawang Lazio pada 1998. Sayang, dalam laga tersebut Juventus harus mengakui keunggulan Lazio dengan skor 1-2. Pada 2002, Del Piero tampil sebagai bintang kemenangan dengan mencetak brace melawan Parma. Dua gol tersebut mampu membuat Juventus menjadi juara dengan skor 2-1.

5. Paulo Dybala menjadi top skor Piala Super Italia dengan empat gol

5 Pencetak Gol Terbanyak Piala Super Italia, Paulo Dybala TeratasPaulo Dybala (juventus.com)

Sama seperti Del Piero, Paulo Dybala juga tampil sebanyak enam kali di Piala Super Italia bersama Juventus. Namun, penyerang asal Argentina tersebut hanya mampu menyabet dua gelar juara. Ia juga sempat absen pada 2021 karena mengalami cedera.

Hingga saat ini, Dybala masih menjadi pemuncak daftar top skor Piala Super Italia dengan empat gol. Dybala mencetak masing-masing satu gol pada 2015 dan 2019 ke gawang Lazio. Ia juga pernah mencetak brace pada 2017 yang juga dicetak ke jala Lazio.

Para pemain Juventus mendominasi daftar pencetak gol terbanyak pada Piala Super Italia. Lantas adakah pemain yang mampu melewati rekor milik Dybala? Kita lihat saja!

Baca Juga: 6 Pemain Aktif yang Cetak 100 Gol di Serie A selain Paulo Dybala

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya