3 Perempat Final Kompetisi Eropa 2023/2024 yang Berakhir Adu Penalti

Penjaga gawang jadi pahlawan

Babak perempat final kompetisi Eropa 2023/2024 telah selesai digelar. Menariknya, terdapat beberapa pertandingan yang berlangsung cukup alot. Hal itu membuat adu penalti menjadi penentu siapa yang akan melaju ke semifinal.

Terdapat tiga tim yang melangkah ke semifinal kompetisi Eropa 2023/2024 setelah melalui drama adu penalti. Mereka cukup beruntung karena memiliki penjaga gawang yang andal dalam membaca tendangan penalti lawan. Berikut tiga tim yang lolos ke semifinal kompetisi Eropa melalui drama adu penalti.

1. Real Madrid mengalahkan Mancheter City melalui adu penalti di Etihad Stadium

3 Perempat Final Kompetisi Eropa 2023/2024 yang Berakhir Adu PenaltiAndriy Lunin menahan tendangan penalti Bernardo Silva pada perempat final Liga Champions 2023/2024. (uefa.com)

Manchester City gagal memanfaatkan keuntungan sebagai tuan rumah pada leg kedua perempat final Liga Champions 2023/2024 melawan Real Madrid. Anak asuh Pep Guardiola justru tertinggal lebih dulu pada menit ke-12 melalui aksi Rodrygo. Beruntung, Manchester City mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 berkat gol Kevin De Bruyne.

Skor 1-1 yang bertahan hingga pertandingan berakhir membuat agregat menjadi sama kuat 4-4. Sebelumnya, kedua tim bermain imbang 3-3 pada leg pertama di Santiago Bernabeu. Hal itu membuat laga harus berlanjut ke babak adu penalti.

Real Madrid patut berterima kasih kepada penjaga gawang mereka, Andriy Lunin. Ia berhasil menggagalkan tendangan Bernardo Silva dan Mateo Kovacic. Sementara itu, hanya Luka Modric yang gagal menembus jala Ederson dari Real Madrid. Los Blancos resmi melangkah ke babak semifinal untuk menantang Bayern Munich yang menyingkirkan Arsenal.

2. Marseille berhasil memenangi duel adu penalti melawan Benfica

3 Perempat Final Kompetisi Eropa 2023/2024 yang Berakhir Adu PenaltiOlympique Marseille mengalahkan Benfica pada perempat final Liga Europa 2023/2024. (twitter.com/OM_English)

Olympique Marseille bermain di kandang sendiri melawan Benfica pada leg kedua perempat final Liga Europa 2023/2024. Mereka sempat mengalami kekalahan pada leg pertama dengan skor tipis 1-2 dari raksasa Portugal tersebut. Hal itu membuat Marseille harus meraih kemenangan untuk bisa lolos ke semifinal.

Bermain di hadapan pendukung sendiri membuat Marseille mampu menguasai pertandingan. Meski begitu, mereka cukup kesulitan menembus jala Benfica yang dijaga Anatoliy Trubin. Marseille baru bisa membuka keunggulan pada menit ke-79 melalui tandukan Faris Moumbagna untuk membuat agregat menjadi sama kuat 2-2.

Tak ada gol tambahan pada laga tersebut yang membuat adu penalti menjadi penentu siapa yang akan lolos ke babak selanjutnya. Marseille melangkah ke semifinal setelah sepakan Angel Di Maria membentur tiang gawang dan tendangan Antonio Silva ditepis Paul Lopez. Selanjutnya, tim asal Prancis tersebut akan menantang Atalanta yang mengalahkan Liverpool.

3. Emiliano Martinez menjadi pahlawan Aston Villa ketika mengalahkan LOSC Lille

3 Perempat Final Kompetisi Eropa 2023/2024 yang Berakhir Adu PenaltiEmiliano Martinez menahan tendangan penalti pemain LOSC Lille pada perempat final Liga Konferensi Eropa 2023/2024. (avfc.co.uk)

Lille yang tertinggal 1-2 pada leg pertama mencoba tampil lebih agresif. Hal itu membuahkan hasil setelah Yusuf Yazici dan Benjamin Andre membuat Lille unggul 2-0. Beruntung, Aston Villa berhasil mencetak satu gol melalui tendangan keras Matty Cash jelang pertandingan berakhir untuk membuat agregat sama kuat 3-3.

Pada babak adu penalti, Aston Villa patut berterima kasih kepada Emiliano Martinez. Ia berhasil menahan dua penendang penalti Lille untuk membawa Aston Villa lolos ke semifinal. Berikutnya, The Lions sudah ditunggu Olympiacos yang mengalahkan Fenerbahce.

Momen ini semakin membuktikan jika Martinez merupakan penjaga gawang spesialis adu penalti. Sebelumnya, ia merupakan pahlawan Argentina pada Piala Dunia 2022 dengan menjadi penyelamat dalam dua adu penalti. Termasuk dalam pertandingan final menghadapi Prancis.

Ketiga tim yang lolos melalui drama adu penalti di atas patut berterima kasih kepada sang penjaga gawang. Ketenangan mereka di bawah mistar membuat timnya lolos ke semifinal kompetisi Eropa 2023/2024.

Baca Juga: 4 Jebolan Akademi Aston Villa di Klub Premier League 2023/2024 Lain

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya