Performa 3 Pemain Belanda yang Membela Bologna pada 2023/2024

Bologna tampil apik sejauh ini

Bologna menjadi salah satu tim yang cukup mengejutkan di Serie A Italia 2023/2024. Tim yang bermarkas di Stadio Renato Dall'Ara tersebut menduduki peringkat kelima klasemen sementara hingga pekan ke-19. Mereka berada di atas tim-tim besar seperti Lazio, AS Roma, Atalanta, hingga Napoli.

Pemain yang punya kontribusi besar atas penampilan Bologna musim ini adalah dua pemain Belanda, Joshua Zirkzee dan Sam Bekuema. Zirkzee tampil tajam di depan gawang lawan, sementara Bekuema mampu mengawal lini belakang dengan baik. Selain keduanya, masih ada Sydney van Hooijdonk yang berposisi sebagai penyerang.

Mari melihat performa ketiga pemain Belanda tersebut bersama Bologna sejauh ini.

1. Sydney van Hooijdonk belum banyak mendapat kesempatan bermain

Performa 3 Pemain Belanda yang Membela Bologna pada 2023/2024Sydney van Hooijdonk (twitter.com/sydneyvh17)

Sydney van Hooijdonk masih belum menemukan performa terbaiknya bersama Bologna musim ini. Sebagai seorang penyerang, Van Hooijdonk belum pernah mencetak gol dari delapan kali tampil di Serie A musim ini. Namun, Hooijdonk sempat mencetak satu gol ke gawang Hellas Verona di ajang Coppa Italia.

Van Hooijdonk sebelumnya dipinjamkan kepada salah satu klub Eredivisie Belanda, SC Heerenveen, selama 2 musim. Penampilannya pun terbilang cukup memukau dengan mengemas 25 gol dari 52 pertandingan di semua kompetisi. Sayang, performanya tersebut tak mampu ia buktikan ketika kembali ke Bologna.

Baca Juga: Performa 4 Gelandang Anyar Bologna pada Paruh Musim 2023/2024

2. Sam Beukema tampil apik di lini belakang

Performa 3 Pemain Belanda yang Membela Bologna pada 2023/2024Sam Beukema (instagram.com/sambeukema)

Bologna merupakan salah satu tim dengan lini pertahanan terbaik di Serie A musim ini. Hingga pekan ke-19, tim berjuluk I Rossoblu tersebut baru 16 kali kemasukan. Jumlah tersebut hanya kalah dari Inter Milan dan Juventus yang masing-masing kebobolan sebanyak 9 dan 12 gol. Hal tersebut membuat Bologna baru tiga kali mengalami kekalahan musim ini. Lagi-lagi, jumlah tersebut hanya kalah dari Inter Milan dan Juventus yang baru sekali kalah.

Salah satu alasan kokohnya lini belakang Bologna adalah kedatangan Sam Beukema pada bursa transfer musim panas 2023. Didatangkan dari AZ Alkmaar, Beukema langsung nyetel dengan skema permainan yang diusung sang pelatih, Thiago Motta. Duetnya bersama Riccardo Calafiori di sisi tengah pertahanan Bologna benar-benar sulit untuk ditembus penyerang lawan.

Meskipun musim ini tampil solid bersama Bologna, Beukema belum pernah tampil untuk Timnas Belanda. Padahal, ia bisa diduetkan dengan Virgil van Dijk untuk membuat lini pertahanan De Oranje kian solid. Meski begitu, usianya yang masih 25 tahun membuat kesempatan Beukema tampil bagi Belanda cukup terbuka.

3. Joshua Zirkzee menjadi top skor sementara Bologna

Performa 3 Pemain Belanda yang Membela Bologna pada 2023/2024Joshua Zirkzee (twitter.com/SerieA_EN)

Joshua Zirkzee seperti terlahir kembali ketika memutuskan hijrah dari Bayern Munich ke Bologna pada bursa transfer musim panas 2022. Sebelumnya, Zirkzee tak pernah mendapatkan tempat utama di lini depan Bayern Munich. Ia bahkan sempat dipinjamkan kepada Parma dan Anderlecht. Bersama tim terakhir, Zirkzee tampil menawan dengan mengemas 18 gol dari 47 laga di semua kompetisi.

Pada musim pertamanya bersama Bologna, Zirkzee sebenarnya tak langsung tampil apik. Ia tak selalu jadi pilihan utama dan hanya meraup dua gol di Serie A. Namun, performanya meningkat pesat pada 2023/2024 dengan koleksi 7 gol dari 19 pertandingan di Serie A. Ia juga sudah mencetak 1 gol dari 3 pertandingan di Coppa Italia.

Jika mampu mempertahankan performa apiknya musim ini, maka bukan tak mungkin Zirkzee bisa menjadi incaran tim-tim besar Eropa. Usianya yang baru menginjak 22 tahun membuat Zirkzee masih bisa berkembang pada masa depan. Sama seperti Beukema, Zirkzee juga belum pernah tampil bagi Timas Belanda.

Joshua Zirkzee dan Sam Beukema terbukti mampu menjadi pemain kunci Bologna pada 2023/2024. Sementara itu, Sydney van Hooijdonk masih perlu membuktikan kualitasnya untuk bisa menembus skuad utama Bologna.

Baca Juga: Kinerja 3 Pemain Pinjaman Bologna pada Paruh Musim 2023/2024

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya