Performa 5 Penyerang Nigeria yang Tampil di Serie A 2023/2024

Tak semuanya tampil tajam

Nigeria merupakan salah satu negara penghasil penyerang dengan kualitas mumpuni. Salah satu penyerang terbaik Nigeria saat ini adalah Victor Osimhen yang berseragam Napoli. Osimhen tampil apik dengan membawa Napoli meraih Scudetto 2022/2023, sekaligus menyabet gelar top skor dengan koleksi 26 gol.

Menariknya, Osimhen bukanlah satu-satunya penyerang asal Nigeria yang bermain di Serie A 2023/2024. Terdapat empat nama lain yang membela berbagai tim kasta teratas sepak bola Italia tersebut. Berikut performa lima penyerang Nigeria yang bermain di Serie A 2023/2024.

1. Simy jarang bermain bagi Salernitana

Performa 5 Penyerang Nigeria yang Tampil di Serie A 2023/2024Simy (twitter.com/OfficialUSS1919)

Simeon Tochukwu Nwankwo atau yang kerap disapa Simy datang pertama kali ke Salernitana pada 2021 dengan status pinjaman dari Crotone. Salernitana tertarik meminjamnya karena Simy mampu mencetak 20 gol dari 38 pertandingan di Serie A 2020/2021. Simy kemudian dipermanenkan oleh Salernitana pada akhir musim.

Sayang, ketajaman Simy selama berkostum Crotone sepertinya menghilang begitu saja. Simy hanya mampu mencetak 1 gol dari 19 pertandingan di Serie A. Hal tersebut membuatnya sempat dipinjamkan ke Parma dan Benevento. Musim 2023/2024 ini, Simy baru 5 kali dimainkan dengan sumbangan 1 gol. Dengan performanya tersebut, Simy tak masuk skuad Nigeria di Piala Afrika 2023.

2. Chukwubuikem Ikwuemesi masih belum mampu tampil produktif bagi Salernitana

Performa 5 Penyerang Nigeria yang Tampil di Serie A 2023/2024Chukwubuikem Ikwuemesi (legaseriea.it)

Chukwubuikem Ikwuemesi menjadi penyerang Nigeria lainnya yang membela Salernitana pada 2023/2024. Ikwuemesi didatangkan pada bursa transfer musim panas 2023 dari tim asal Slovenia, Celje. Dibanding dengan Simy, Ikwuemesi musim ini mendapat lebih banyak kesempatan bermain, yakni 16 kali.

Meski lebih sering tampil, bukan berarti Ikwuemesi jauh lebih tajam dari Simy. Penyerang berusia 22 tahun tersebut tercatat baru mengoleksi 1 gol di Serie A serta 2 gol di Coppa Italia. Sama seperti Simy, Ikwuemesi juga tak ikut serta membela Nigeria di Piala Afrika 2023.

Baca Juga: 3 Bintang Nigeria yang Absen di Piala Afrika 2023 Akibat Cedera

3. Isaac Success belum menemukan ketajamannya bersama Udinese

Performa 5 Penyerang Nigeria yang Tampil di Serie A 2023/2024Isaac Success (udinese.it)

Sejak dibeli dari Watford pada 2021, Isaac Success belum berhasil membuktikan ketajamannya di depan gawang lawan. Musim ini, ia belum sekali pun mencetak gol meski sudah 18 kali diberi kesempatan turun ke lapangan. Kontribusinya sejauh ini bagi tim berjuluk Le Zebrette musim ini hanyalah mencetak satu assist.

Jika melihat dua musim sebelumnya, Success memang bukan penyerang kelas atas. Pada musim perdananya bersama Udinese, Success hanya mencetak 2 gol dari 22 pertandingan. Jumlah tersebut bahkan menurun menjadi 1 gol dari 30 pertandingan di Serie A pada 2022/2023. Dengan performanya tersebut, Success belum dipanggil membela Nigeria di Piala Afrika 2023.

4. Ademola Lookman menjadi andalan di lini depan Atalanta

Performa 5 Penyerang Nigeria yang Tampil di Serie A 2023/2024Ademola Lookman (twitter.com/Alookman_)

Sempat dicap gagal di English Premier League ketika membela Everton, Ademola Lookman mulai menemukan permainan terbaiknya ketika bergabung dengan Atalanta pada 2022. Pada musim pertamanya, Lookman mampu mencetak 13 gol dari 31 pertandingan di Serie A. Atalanta juga berhasil ia bawa menempati peringkat kelima untuk mengamankan satu tike ke Liga Europa.

Ketajaman Lookman berlajut musim ini dengan koleksi 7 gol dari 18 pertandingan. Posisi Lookman juga cukup fleksibel, Gian Piero Gasperini bisa memainkannya sebagai penyerang utama, second striker, ataupun menyisir dari sisi sayap. La Dea dipastikan kehilangan sosok Lookman yang akan absen karena membela Nigeria di ajang Piala Afrika 2023.

5. Victor Osimhen masih cukup tajam bersama Napoli

Performa 5 Penyerang Nigeria yang Tampil di Serie A 2023/2024Victor Osimhen (twitter.com/victorosimhen9)

Meski sempat mengalami cedera pada pertengahan musim, Victor Osimhen masih cukup tajam bersama Napoli. Penyerang berusia 25 tahun tersebut sudah membuat 7 gol dari 13 pertandingan di Serie A. Jumlah tersebut jelas jauh dari performanya tahun lalu yang mencetak 14 gol dari jumlah pertandingan yang sama.

Meski tak setajam musim lalu, Osimhen masih menjadi andalan Nigeria di Piala Afrika 2023. Osimhen pun membuktikannya dengan mencetak satu gol pada pertandingan pertama melawan Guinea Khatulistiwa. Sayang, Osimhen tak mampu membawa Super Eagle meraih kemenangan. Mereka ditahan Guinea Khatulistiwa dengan skor 1-1.

Victor Osimhen dan Ademola Lookman menjadi ujung tombak Nigeria di Piala Afrika 2023. Sementara itu, ketiga penyerang lainnya belum bisa membuktikan ketajamannya bersama timnya masing-masing.

Baca Juga: Victor Osimhen Sebagai Pemain Terbaik Afrika 2023, Pantas!

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

Berita Terkini Lainnya