5 Pertemuan Terakhir Chelsea vs Leicester di Piala FA per Maret 2024

The Blues lebih dominan

Chelsea akan menjamu Leicester City di Stamford Bridge pada perempat final Piala FA 2023/2024, Minggu (17/3/2024). Bagi Chelsea, trofi Piala FA menjadi satu-satunya trofi yang bisa diraih musim ini. Namun, Leicester City yang saat ini bermain di kasta kedua sepak bola Inggris juga tak bisa dianggap remeh.

Kedua tim terbilang cukup sering berjumpa di turnamen sepak bola tertua di dunia tersebut, yakni sebanyak sepuluh kali. The Blues terbilang lebih dominan dengan tujuh kali menjadi pemenang. Meski secara rekor pertemuan kalah, pertandingan terakhir kedua tim dimenangkan oleh The Foxes. Menariknya, selalu ada yang bermain di partai final jika mereka bertemu di Piala FA.

Berikut lima pertemuan terakhir Chelsea dan Leicester City di Piala FA. 

1. Chelsea mengalahkan Leicester City pada 16 besar 1999/2000

5 Pertemuan Terakhir Chelsea vs Leicester di Piala FA per Maret 2024Chelsea menjadi juara Piala FA 1999/2000. (chelseafc.com)

Chelsea bertemu Leicester City pada 16 besar Piala FA 1999/2000. Pada pertandingan yang digelar di Stamford Bridge tersebut, The Blues mampu unggul dua gol berkat aksi Gustavo Poyet dan George Weah. Sementara itu, Leicester City hanya mampu memperkecil kedudukan melalui Matthew Elliott jelang pertandingan berakhir.

Setelah mengalahkan Leicester City, langkah Chelsea terbilang mulus. Mereka mengalahkan Gillingham 5-0 pada perempat final dan Newcastle United dengan skor 2-1 pada semifinal. Chelsea kemudian mengangkat trofi juara setelah mengalahkan Aston Villa berkat gol tunggal Roberto Di Matteo.

2. Chelsea menang besar atas Leicester City pada perempat final Piala FA 2011/2012

5 Pertemuan Terakhir Chelsea vs Leicester di Piala FA per Maret 2024Chelsea menjadi juara Piala FA 2011/2012. (chelseafc.com)

Bermain di Stamford Bridge pada perempat final Piala FA 2011/2012, Chelsea tak memberi ampun kepada Leicester City. The Blues berhasil meraih kemenangan dengan skor telak 5-2. Pertandingan terkesan berat sebelah karena Leicester City ketika itu masih bermain di Championship.

Pada babak pertama, Gary Cahill dan Solomon Kalou membawa Chelsea unggul 2-0. Pada babak kedua, keunggulan Chelsea semakin lebar setelah Fernando Torres mencetak 2 gol dan Raul Meireles menyumbang 1 gol. Sementara itu, The Foxes hanya mampu menipiskan keadaan berkat dua gol dari Jermaine Beckford dan Ben Marshall.

Setelah memulangkan Leicester City, Chelsea membantai Tottenham Hotspur dengan skor 5-1 pada semifinal. Pada partai final, Chelsea berhasil menang atas Liverpool dengan skor 2-1. Gelar juara tersebut melengkapi prestasi Chelsea musim itu yang juga menjuarai Liga Champions.

Baca Juga: Kesetiaan Jamie Vardy untuk Leicester City yang Tak Lekang oleh Waktu

3. Chelsea melangkah ke semifinal melalui perpanjangan waktu pada 2017/2018

5 Pertemuan Terakhir Chelsea vs Leicester di Piala FA per Maret 2024Chelsea menang 2-1 atas Leicester City pada perempat final Piala FA 2017/2018. (chelseafc.com)

Perempat final Piala FA 2017/2018 mempertemukan Chelsea dan Leicester City. Berbeda dengan dua pertandingan sebelumnya, kali itu Leicester City bertindak sebagai tuan rumah. Meski begitu, justru Chelsea yang mampu membawa pulang kemenangan.

The Blues unggul terlebih dahulu melalui gol yang dicetak Alvaro Morata pada menit ke-42. The Foxes baru bisa membalas pada menit ke-72 melalui Jamie Vardy. Pada akhirnya, Chelsea berhasil menang dengan skor 2-1 berkat gol Pedro pada babak tambahan.

Kemenangan atas Leicester City mampu dilanjutkan Chelsea hingga keluar sebagai juara. Pada semifinal, mereka berhasil menumbangkan Southampton dengan skor 2-0. Gol tunggal Eden Hazard kemudian membawa The Blues menekuk Manchester United pada partai final.

4. Chelsea menang lagi pada perempat final Piala FA 2019/2020

5 Pertemuan Terakhir Chelsea vs Leicester di Piala FA per Maret 2024Ross Barkley mencetak gol ke gawang Leicester City pada perempat final Piala FA 2019/2020. (thefa.com)

Rekor buruk Leicester City atas Chelsea di Piala FA berlanjut pada perempat final 2019/2020. Bermain di King Power Stadium, Leicester City tak mampu membobol gawang Chelsea yang dijaga Willy Caballero. Sebaliknya, justru Chelsea mampu mencetak gol kemenangan melalui aksi Ross Barkley pada menit ke-63.

Pada semifinal, Chelsea berhasil menaklukan Manchester United dengan skor 3-1. Sayang, ambisi mereka untuk menjadi juara dijegal sang rival sekota, Arsenal. The Blues takluk dengan skor 1-2 pada pertandingan yang dimainkan di Wembley tersebut.

5. Leicester City menjadi juara pada 2020/2021 dengan mengalahkan Chelsea

5 Pertemuan Terakhir Chelsea vs Leicester di Piala FA per Maret 2024Leicester City menjadi juara Piala FA 2020/2021. (thefa.com)

Leicester City mampu menjadi juara Piala FA 2020/2021 dengan mengalahkan Chelsea dengan skor 1-0 pada partai final. Gol tunggal Leicester City dicetak oleh Youri Tielemans. Kemenangan itu merupakan pemutus rekor buruk The Foxes atas The Blues di Piala FA.

Gelar juara tersebut bisa dibilang berserajah karena menjadi yang pertama dalam sejarah Leicester City. Sebelumnya, The Foxes empat kali menembus partai final yang semuanya berujung kekalahan. Empat tim yang mengalahkan Leicester City adalah Wolverhampton Wanderers, Tottenham Hotspur, Manchester United, dan Manchester City.

Chelsea dan Leicester City kembali bertemu pada perempat final Piala FA 2023/2024. Meski Chelsea lebih diunggulkan, bukan berarti Leicester City tak akan memberi perlawanan. Lantas, apakah tim yang berhasil meraih kemenangan akan bermain di partai final?

Baca Juga: 4 Pemain Akademi Chelsea yang Berkarier di Serie A Italia 2023/2024

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya