4 Peserta Piala Asia 2023 yang Pertama Kali Lolos ke Fase Gugur

Indonesia mencetak sejarah

Piala Asia 2023 Qatar telah menyelesaikan 36 pertandingan pada fase grup. Terdapat 16 tim yang berhak melaju ke fase gugur dengan rincian 6 juara grup, 6 runner-up grup, serta 4 peringkat ketiga terbaik. Ke-16 tim tersebut akan memperebutkan gelar juara.

Dari 16 tim yang telah lolos, terdapat 4 tim yang pertama kali melaju ke fase gugur sepanjang keikutsertaan mereka di Piala Asia. Salah satunya adalah Indonesia. Anak asuh Shin Tae Yong memastikan diri lolos setelah hasil imbang antara Oman dan Kyrgyzstan.

Termasuk Indonesia, berikut empat tim yang pertama kali lolos ke fase gugur Piala Asia.

1. Tajikistan lolos ke fase gugur pada debutnya di Piala Asia

4 Peserta Piala Asia 2023 yang Pertama Kali Lolos ke Fase GugurTajikistan menang 2-1 atas Lebanon pada laga ketiga fase grup Piala Asia 2023. (the-afc.com)

Tajikistan merupakan satu-satunya debutan yang tampil di Piala Asia 2023. Meski pertama kali tampil di Piala Asia, Tajikistan mampu menunjukkan performa yang luar biasa. Pada fase grup, Tajikistan tergabung di Grup A bersama tuan rumah Qatar, China, dan Lebanon.

Pada pertandingan pertama menghadapi China, Tajikistan hanya mampu memetik satu poin. Pada pertandingan berikutnya, gol tunggal Akram Afif membuat Tajiksitan takluk dari Qatar. Dalam pertandingan tersebut, Amadoni Kamolov juga menerima kartu merah.

Hanya memiliki satu poin membuat Tajikistan wajib meraih kemenangan melawan Lebanon jika ingin lolos ke fase gugur. Misi tersebut tak berlangsung mudah karena Lebanon mampu unggul terlebih dahulu melalui Bassel Jradi pada menit ke-46. Tajikistan baru bisa menyamakan kedudukan berkat gol Parvizdzhon Umarbayev pada menit ke-80. Nuriddin Khamrokulov memastikan langkah Tajikistan ke babak 16 besar berkat sundulannya pada injury time.

Bagi tim asuhan Petar Segrt tersebut, hasil ini cukup bagus bagi tim yang pertama kali tampil di turnamen besar. Namun, pada babak 16 besar, Tajikistan sudah ditunggu Uni Emirat Arab yang berstatus runner-up Grup C. Jika meraih kemenangan, maka Tajikistan akan menantang pemenang antara Irak dan Yordania.

2. Palestina menjadi salah satu peringkat terbaik

4 Peserta Piala Asia 2023 yang Pertama Kali Lolos ke Fase GugurPalestina menang 3-0 atas Hong Kong pada laga ketiga fase grup Piala Asia 2023. (the-afc.com)

Piala Asia 2023 merupakan ketiga kalinya Palestina berpartisipasi di Piala Asia. Sebelumnya, mereka hanya menjadi juru kunci Grup D Piala Asia 2015. Pada edisi berikutnya, Palestina sedikit lebih baik dengan mengakhiri turnamen di peringkat ketiga fase grup.

Langkah Palestina pada fase grup diawali dengan kekalahan mencolok 1-4 dari salah satu favorit juara, Iran. Mereka mampu bangkit pada laga kedua dengan meraih hasil imbang 1-1 kontra Uni Emirat Arab. Kelolosan Palestina dipastikan setelah mendapat kemenangan meyakinkan dengan skor 3-0 melawan Hong Kong.

Pada babak 16 besar, Palestina sudah ditunggu Qatar yang merupakan juara Grup A. Pertandingan tersebut tak akan berjalan mudah karena status Qatar yang merupakan tuan rumah sekaligus juara bertahan. Jika berhasil menang, maka Palestina akan berjumpa pemenang laga Uzbekistan melawan Thailand.

Baca Juga: 6 Pemain Termuda pada Fase Grup Piala Asia 2023, Ada Duo Indonesia

3. Suriah pertama kali lolos ke babak 16 besar dari tujuh kali tampil pada putaran final

4 Peserta Piala Asia 2023 yang Pertama Kali Lolos ke Fase GugurSuriah menang 2-1 atas India pada laga ketiga fase grup Piala Asia 2023. (the-afc.com)

Suriah merupakan tim yang cukup sering mentas di Piala Asia. Negara yang bertetangga dengan Irak tersebut sudah tujuh kali tampil di putaran final. Namun, langkah suriah tak pernah lebih jauh dari fase grup, termasuk keikutsertaan terakhir mereka pada 2019.

Kali ini, Suriah yang dilatih mantan arsitek Valencia dan Inter Milan, Hector Cuper, berhasil melaju ke fase gugur untuk pertama kalinya. Pada pertandingan pertama, Suriah berhasil mencuri satu poin berkat hasil imbang tanpa gol kontra Uzbekistan. Pada laga berikutnya, gol tunggal Jackson Irvine membuat Suriah harus mengakui keunggulan Australia.

Suriah yang mengantongi satu poin harus menjalani laga hidup mati melawan India pada partai ketiga. Pada awal laga, Suriah yang tampil lebih dominan sempat kesulitan mencetak gol ke jala India. Beruntung, mereka mampu memecah kebuntuan berkat gol Omar khribin yang memastikan langkah Suriah ke fase gugur.

Pada babak 16 besar, Suriah akan bertarung dengan Iran. Mereka memperebutkan satu tiket ke perempat final. Jika berhasil menekuk raksasa Asia tersebut, Suriah sudah ditunggu pemenang laga Bahrain melawan Jepang.

4. Indonesia melaju ke fase gugur berkat hasil imbang Oman vs Kirgistan

4 Peserta Piala Asia 2023 yang Pertama Kali Lolos ke Fase GugurIndonesia kalah 1-3 dari Jepang pada laga ketiga fase grup Piala Asia 2023. (the-afc.com)

Indonesia harus menunggu hingga laga terakhir fase grup antara Oman dan Kyrgyzstan untuk memastikan diri melaju ke babak 16 besar Piala Asia 2023. Beruntung, hasil imbang yang terjadi antara kedua tim membuat Tim Garuda untuk pertama kalinya lolos ke fase gugur dari lima kali mentas di Piala Asia. Indonesia berhasil lolos sebagai salah satu peringkat ketiga terbaik.

Indonesia tak bisa memastikan diri lolos lebih cepat setelah takluk 1-3 dari Jepang pada laga terakhir fase grup. Hasil itu membuat mereka tertahan di peringkat ketiga dengan koleksi tiga poin. Pada dua laga sebelumnya, Indonesia harus mengakui keunggulan Irak 1-3 dan menang kontra Vietnam dengan skor tipis 1-0.

Indonesia menjadi tim Asia Tenggara kedua setelah Thailand yang berhasil melaju ke babak 16 besar. Sementara itu, Vietnam dan Malaysia harus menerima kenyataan menjadi juru kunci di masing-masing grup. Pada babak 16 besar, Indonesia sudah ditunggu Australia yang merupakan juara Piala Asia 2015. Jika meraih kemenangan, Arab Saudi atau Korea Selatan sudah menunggu di perempat final.

Keempat tim di atas berhasil mencetak sejarah untuk kali pertama lolos ke fase gugur Piala Asia. Lantas, mampukah mereka kembali tampil mengejutkan dengan lolos ke babak perempat final atau lebih jauh? Kita lihat saja!

Baca Juga: 3 Tim dengan Koleksi Gol Terbanyak pada Fase Grup Piala Asia 2023

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya