Rekor Mentereng Pep Guardiola di Final Piala Domestik

Pep Guardiola hanya sekali kalah di final

Manchester City akan bertemu Manchester United untuk memperebutkan gelar FA Cup 2022/2023. Menilik performa Manchester City musim ini, mereka lebih diunggulkan untuk menjadi juara dibandingkan rival sekotanya tersebut.

Pep Guardiola juga punya rekor mentereng ketika membawa timnya melaju hingga final Piala Domestik. Pelatih asal Spanyol tersebut tercatat hanya 1 kali kalah dari 10 final Piala Domestik yang pernah ia lakoni. Mampukah Guardiola mempertajam catatan manisnya tersebut ketika bertemu Manchester United di final FA Cup pada, 3 Juni 2023 mendatang?

1. Real Madrid beri satu-satunya kekalahan bagi Pep Guardiola di final piala domestik

Rekor Mentereng Pep Guardiola di Final Piala DomestikReal Madrid kalahkan Barcelona di final Copa del Rey 2010/2011. (realmadrid.com)

Real Madrid memberi satu-satunya kekalahan Pep Guardiola di final Piala Domestik sebagai pelatih. Bertemu di final Copa Del Rey 2010/2011, gol tunggal Cristiano Ronaldo pada masa perpanjangan waktu membuat Barcelona gagal mengangkat piala.

Meski begitu, Guardiola tetap mampu memberikan dua gelar Copa del Rey bagi Barcelona. Pada final 2008/2009, Barcelona ia bawa mengalahkan Athletic Bilbao dengan skor 4-1. Pada 2011/2012, lawan yang sama kembali mereka kalahkan tiga gol tanpa balas.

Baca Juga: Erling Haaland Buat Kelakar Pep Guardiola Jadi Kenyataan 

2. Dua kali bawa Bayern Munich menjuarai DFB Pokal

Rekor Mentereng Pep Guardiola di Final Piala DomestikPep Guardiola menjuarai DFB Pokal bersama Bayern Munich. (mancity.com)

Selama tiga musim menukangi Bayern Munich, Pep Guardiola sukses meraih dua gelar DFB Pokal. Musim pertamanya bersama Die Roten pada 2013/2014, Guardiola membawa timnya mengalahkan Borussia Dortmund dengan skor 2-0.

Gelar kedua Pep datang pada musim 2015/2016. Kali itu mereka kembali mengalahkan Borussia Dortmund melalui drama adu penalti. Satu-satunya kegagalan Pep meraih DFB Pokal terjadi pada musim 2014/2015 ketika Bayern Munich terhenti di babak semifinal.

3. Dominasi Manchester City di ajang Piala Liga

Rekor Mentereng Pep Guardiola di Final Piala DomestikManchester City menjuarai Carabao Cup. (premierleague.com)

Di bawah asuhan Pep Guardiola, Manchester City berhasil mendominasi Piala Liga atau yang juga dikenal sebagai Carabao Cup. Manchester City menjuarai Carabao Cup dalam empat musim beruntun dari 2018--2021.

Arsenal, Chelsea, Aston Villa, dan Tottenham Hotspur menjadi korban ketangguhan Manchester City asuhan Pep Guardiola di final. Sayang, musim 2022/2023 ini tim asuhannya gagal meraih gelar setelah ditekuk Southampton di babak perempat final.

4. Siap hadapi final Piala FA melawan Manchester United

Rekor Mentereng Pep Guardiola di Final Piala DomestikFinal Piala FA 2022/2023 mempertemukan Manchester City vs Manchester United. (premierleague.com)

Meski tak sedominan penampilan mereka di Piala Liga, Pep Guardiola pernah membawa Manchester City menjuarai Piala FA pada musim 2018/2019. Ketika itu Manchester City membungkam Watford dengan skor telak 6-0.

Peluang Pep Guardiola menambah Piala FA ke lemari Manchester City kembali terbuka musim ini. Usai mengalahkan Sheffield United di semifinal, mereka sudah ditunggu Manchester United yang sebelumnya menekuk Brighton & Hove Albion.

Manchester City lebih diunggulkan untuk menjadi juara melihat performa mentereng mereka sepanjang musim. Di sisi lain, Manchester United di bawah asuhan Erik ten Hag masih belum bisa menunjukkan konsistensi penampilan.

5. Potensi bawa Manchester City raih treble winner

Rekor Mentereng Pep Guardiola di Final Piala DomestikPep Guardiola (mancity.com)

Jika berhasil membawa Manchester City menjuarai Piala FA, Pep Guardiola berpeluang meraih treble winner musim ini. Mereka masih bersaing sengit dengan Arsenal dalam perebutan gelar English Premier League 2022/2023.

Di ajang Liga Champions, Manchester City harus menghadapi Real Madrid di babak semifinal. Pep sebelumnya pernah meraih treble winner ketika masih mengasuh Barcelona pada musim 2008/2009.

Pep Guardiola punya rekor mentereng ketika mencapai babak final Piala Domestik. Mampukah Pep Guardiola mengantarkan Manchester City menjuarai FA Cup sekaligus membuka peluang Manchester City untuk meraih treble winner?

Baca Juga: Pep Guardiola, Mastermind Penggilas Bayern Sang Pembantai

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya