6 Tim EPL yang Sudah Lolos dari Fase Grup Kompetisi Eropa 2023/2024

Hasil laga terakhir tak menentukan

English Premier League (EPL) mengirimkan 8 wakil di kompetisi Eropa dengan rincian 4 di Liga Champions, 3 di Liga Europa, dan 1 di Liga Konferensi Eropa. Setelah pekan kelima, terdapat 6 dari 8 wakil yang memastikan lolos ke fase gugur. Hasil ini membuat mereka tak perlu risau mengenai hasil pada partai terakhir.

Dari enam tim tersebut, hampir semuanya sudah dipastikan menjadi juara grup. Namun, ada beberapa tim yang akan bertarung untuk memperebutkan posisi puncak pada pekan keenam. Berikut enam tim EPL yang sudah dipastikan melenggang ke fase gugur kompetisi Eropa.

1. Manchester City sudah dipastikan menjadi juara grup G Liga Champions

6 Tim EPL yang Sudah Lolos dari Fase Grup Kompetisi Eropa 2023/2024Manchester City menang 3-2 atas RB Leipzig pada pekan kelima Liga Champions 2023/2024. (twitter.com/ManCity)

Manchester City menang secara dramatis dari RB Leipzig di Etihad Stadium dengan skor ketat 3-2. Anak asuhan Pep Guardiola tersebut sempat dikejutkan oleh Leipzig yang unggul dua gol terlebih dahulu melalui Lois Openda. Beruntung, sumbangan gol dari Erling Haaland, Phil Foden, dan Julian Alvarez membuat Manchester City membalikkan keadaan.

Kemenangan tersebut memastikan Manchester City sebagai juara grup G apa pun hasilnya pada partai pamungkas. Sebelumnya, Manchester City sudah memastikan melangkah ke fase gugur setelah menekuk Young Boys dengan skor telak 3-0 pada pekan keempat. Hasil ini membuat Manchester City selalu melangkah ke fase gugur Liga Champions dalam sebelas musim terakhir.

2. Arsenal memuncaki grup B Liga Champions

6 Tim EPL yang Sudah Lolos dari Fase Grup Kompetisi Eropa 2023/2024Arsenal menang 6-0 atas Lens pada pekan kelima Liga Champions 2023/2024. (twitter.com/Arsenal)

Arsenal yang absen cukup lama dari Liga Champions sepertinya tak kesulitan untuk keluar dari grup B yang juga diisi PSV Eindhoven, RC Lens, dan Sevilla. Kemenangan besar 6-0 atas Lens di Emirates Stadium pada pekan kelima memastikan langkah mereka lolos ke babak 16 besar. Arsenal juga berhak menjadi juara grup karena poinnya sudah tak bisa lagi dikejar tim peringkat kedua yang saat ini dihuni PSV Eindhoven.

Langkah Arsenal memang cukup mulus sepanjang fase grup dengan menuai 4 kemenangan dari 5 pertandingan. Arsenal hanya kecolongan ketika kalah melawan Lens pada pekan keempat. Anak asuhan Mikel Arteta tersebut akan bermain di fase gugur Liga Champions untuk pertama kalinya sejak 2016/2017.

3. Liverpool dipastikan lolos sebagai juara grup E Liga Europa

6 Tim EPL yang Sudah Lolos dari Fase Grup Kompetisi Eropa 2023/2024Liverpool menang 4-0 atas LASK pada pekan kelima Liga Europa 2023/2024. (liverpoolfc.com)

Liverpool memastikan diri melaju ke fase gugur Liga Europa setelah menumbangkan LASK di Anfield dengan skor telak 4-0 pada pekan kelima. Sebelumnya, kelolosan mereka sempat tertunda setelah kalah mengejutkan ketika bertandang ke markas Toulouse pada pekan keempat. Selain itu, The Reds juga sudah dipastikan sebagai juara grup berkat hasil imbang antara Toulouse dan Union Saint-Guilloise.

Selain kekalahan melawan Toulouse, perjalanan Liverpool bisa dibilang impresif dengan koleksi empat kemenangan. Ini akan menjadi kali pertama Liverpool tampil di fase gugur Liga Europa sejak 2015/2016. Saat itu, The Reds menjadi runner up usai takluk dari Sevilla di laga final.

Baca Juga: Rekap Liga Europa: Liverpool dan West Ham Lolos Fase Gugur

4. Brighton & Hove Albion masih memperebutkan puncak grup B Liga Europa

6 Tim EPL yang Sudah Lolos dari Fase Grup Kompetisi Eropa 2023/2024Brighton & Hove Albion menang 1-0 atas AEK Athens pada pekan kelima Liga Europa 2023/2024. (twitter.com/OfficialBHAFC)

Brighton & Hove Albion menjalani musim pertama mereka bermain di kompetisi Eropa pada 2023/2024 di ajang Liga Europa. Tak punya pengalaman di kancah Eropa membuat The Seagulls mendapat hasil negatif pada dua pertandingan pertama. Mereka menelan kekalahan dari AEK Athens dan bermain imbang kontra Marseille.

Kebangkitan Brighton dimulai pada pekan ketiga dan keempat ketika mereka sukses dua kali menekuk raksasa Belanda, Ajax Amsterdam. Kemenangan atas AEK Athens pada pekan kelima memastikan langkah anak asuhan Roberto De Zerbi tersebut ke fase gugur. Pada pekan keenam, Brighton akan bertanding dengan Marseille untuk memeperebutkan puncak klasemen.

5. West Ham United juga masih bersaing menjadi juara grup A Liga Europa

6 Tim EPL yang Sudah Lolos dari Fase Grup Kompetisi Eropa 2023/2024West Ham United menang 1-0 atas Backa Topola pada pekan kelima Liga Europa 2023/2024. (twitter.com/WestHam)

West Ham United menjadi tim ketiga asal Inggris yang memastikan diri melaju ke fase gugur Liga Europa. Anak asuhan David Moyes tersebut lolos setelah mengalahkan Backa Topola dengan skor tipis 1-0. Gol tunggal The Hammers dalam pertandingan tersebut dicetak oleh Tomas Soucek menjelang pertandingan berakhir.

Kini, West Ham United tinggal bertarung dengan SC Freiburg pada laga terakhir untuk memperebutkan juara grup. Ini menjadi kali kedua The Hammers melaju ke fase gugur Liga Europa. Sebelumnya, mereka mencapai babak semifinal pada 2021/2022 sebelum dihentikan Eintracht Frankfurt.

6. Aston Villa memastikan diri lolos ke fase gugur dari grup E Liga Konferensi Eropa

6 Tim EPL yang Sudah Lolos dari Fase Grup Kompetisi Eropa 2023/2024Aston Villa menang 2-1 atas Legia Warsaw pada pekan kelima Liga Konferensi Eropa 2023/2024. (twitter.com/AlexMoreno)

Aston Villa menjadi satu-satunya wakil Inggris di ajang Liga Konferensi Eropa 2023/2024. Anak asuhan Unai Emery tersebut tergabung di grup E bersama AZ Alkmaar, Legia Warsaw, dan Zrijnski Mostar. Aston Villa memulai kiprah mereka dengan buruk setelah kalah dari Legia Warsaw dengan skor tipis 2-3 pada laga pertama.

Namun, The Lions mampu bangkit untuk memenangi empat pertandingan berikutnya secara beruntun. Kemenangan kontra Legia Warsaw dengan skor 2-1 pada pekan kelima memastikan langkah mereka ke fase gugur. Namun, Aston Villa masih belum memastikan diri sebagai juara grup. Mereka harus meraih minimal hasil imbang pada laga terakhir kontra Zrijnski Mostar untuk bisa menjadi pemuncak grup.

Keenam wakil Inggris tersebut berhasil memastikan diri lolos ke fase gugur kompetisi Eropa musim 2023/2024. Saat ini, hanya Manchester United dan Newcsastle United yang masih harus berjuang pada pekan terakhir untuk bisa tampil di babak 16 besar Liga Champions.

Baca Juga: 5 Pemain Argentina Termuda yang Mencetak Gol di Liga Champions Eropa

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya