5 Tim Terakhir yang Menyingkirkan Real Madrid dari Copa del Rey

Atletico Madrid pulangkan sang rival sekota

Real Madrid kalah dengan skor 2-4 dari Atletico Madrid di babak 16 besar Copa del Rey, Jumat (19/1/2024) dini hari. Hal tersebut membuat langkah Real Madrid untuk mempertahankan gelar juara Copa del Rey pupus. Saat ini, mereka tinggal menyisakan LaLiga dan Liga Champions untuk dikejar.

Real Madrid memang tak terlalu sukses di ajang Copa del Rey. Mereka hanya mampu meraih 4 gelar juara dalam 30 tahun terakhir. Bahkan, langkah mereka tak jarang dijegal oleh tim kejutan. Berikut lima tim terakhir yang mengalahkan Real Madrid di ajang Copa del Rey.

1. Barcelona mengalahkan Real Madrid di semifinal 2018/2019

5 Tim Terakhir yang Menyingkirkan Real Madrid dari Copa del ReyBarcelona mengalahkan Real Madrid di babak semifnal Copa del Rey 2018/2019. (fcbarcelona.com)

El Clasico antara Real Madrid dan Barcelona terjadi di babak semifinal Copa del Rey 2018/2019. Kali itu, Barcelona tampil lebih baik untuk melaju ke babak final. Pada leg pertama yang berlangsung di Camp Nou, kedua tim bermain imbang 1-1 setelah gol Lucas Vazquez berhasil dibalas oleh Malcom.

Pada leg kedua yang dimainkan di Santiago Bernabeu, Real Madrid justru terjungkal. Luis Suarez tampil sebagai bintang dengan memborong dua gol. Sementara itu, gol bunuh diri dari Raphael Varane membuat skor akhir menjadi 0-3. Dengan hasil tersebut Real Madrid tersingkir dengan agregat mencolok 1-4.

2. Real Madrid kalah dari Real Sociedad di perempat final 2019/2020

5 Tim Terakhir yang Menyingkirkan Real Madrid dari Copa del ReyReal Sociedad menang 4-3 atas Real Madrid di perempat final Copa del Rey 2019/2020. (realsociedad.eus)

Real Sociedad harus bertandang ke Santiago Bernabeu di babak perempat final Copa del Rey 2019/2020. Martin Odegaard membuat Real Sociedad unggul terlebih dahulu pada menit ke-22. Tim berjuluk Txuriurdin tersebut semakin di atas angin setelah Alexander Isak mencetak dua gol cepat pada babak kedua yang membuat skor menjadi 3-0.

Real Madrid sempat menipiskan kedudukan melalui sontekan Marcelo. Namun, Real Sociedad kembali menjauh berkat aksi Mikel Merino. Menjelang pertandingan berakhir, Real Madrid mendapat dua gol tambahan melalui Rodrygo dan Nacho. Meski begitu, Real Sociedad tetap keluar sebagai pemenang dengan skor akhir 4-3.

Langkah apik Real Sociedad berlanjut di babak selanjutnya. Di babak semifinal, mereka mengalahkan Mirandes dengan agregat 3-1. Di partai puncak, Real Sociedad sukses merengkuh gelar juara usai menumbangkan Athletic Bilbao dengan skor tipis 1-0 berkat gol tunggal Mikel Oyarzabal.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Usai Real Madrid Juara Piala Super Spanyol

3. Alcoyano mengejutkan Real Madrid di babak 32 besar 2020/2021

5 Tim Terakhir yang Menyingkirkan Real Madrid dari Copa del ReyAlcoyano menang 2-1 atas Real Madrid di babak 32 besar Copa del Rey 2020/2021. (twitter.com/realmadrid)

Kejutan besar terjadi di babak 32 besar Copa del Rey 2020/2021. Alcoyano yang merupakan tim divisi tiga LaLiga Spanyol berhasil menumbangkan Real Madrid. Bermain di El Collao, markas Alcoyano, Real Madrid harus tertunduk lesu setelah takluk dengan skor 1-2.

Real Madrid yang turun dengan beberapa pemain lapis kedua unggul terlebih dahulu pada menit ke-45 melalui Eder Militao. Alcoyano yang tak mau menyerah begitu saja kemudian mendapat gol balasan pada menit ke-80 melalui aksi Jose Solbes. Skor imbang 1-1 membuat pertandingan berlanjut ke masa perpanjangan waktu.

Memasuki menit ke-110, Alcoyano harus bermain dengan sepuluh orang setelah Ramon Lopez mendapat kartu kuning kedua. Namun, justru Alcoyano yang mampu mencetak gol kemenangan melalui Juanan. Kedudukan 2-1 bagi Alcoyano tak berubah hingga pertandingan berakhir.

4. Athletic Bilbao menghentikan langkah Real Madrid di perempat final 2021/2022

5 Tim Terakhir yang Menyingkirkan Real Madrid dari Copa del ReyAlejandro Berenguer (kanan) mencetak gol ke gawang Real Madrid di perempat final Copa del Rey 2021/2022. (athletic-club.eus)

Alejandro Berenguer menjadi pahlawan bagi Athletic Bilbao di babak perempat final Copa del Rey 2021/2022. Gol tunggalnya pada menit ke-89 membuat Bilbao meraih kemenangan di markas mereka, San Mames. Sebelumnya, pertandingan berjalan alot yang membuat kedua tim kesulitan menjaringkan bola ke gawang lawan.

Kemenangan atas Real Madrid meneruskan catatan impresif Athletic Bilbao. Sebelumnya, tim yang berasal dari Basque tersebut mengalahkan Barcelona dengan skor 3-2 di babak 16 besar. Sayang, langkah mereka untuk menjadi juara dihentikan Valencia di babak semifinal dengan agregat 1-2.

5. Atletico Madrid mengalahkan Real Madrid di babak 16 besar 2023/2024

5 Tim Terakhir yang Menyingkirkan Real Madrid dari Copa del ReyAtletico Madrid menang 4-2 atas Real Madrid di babak 16 besar Copa del Rey 2023/2024. (twitter.com/Atleti)

Bermain di Metropolitano, Atletico Madrid berhasil unggul terlebih dahulu dari Real Madrid. Umpan manis Rodrigo De Paul salah diantisipasi oleh Antonio Ruediger yang membuat Samuel Lino berhasil membobol gawang Andriy Lunin. Real Madrid merespons pada menit ke-46 melalui gol bunuh diri Jan Oblak yang salah mengantisipasi tendangan bebas Luka Modric.

Tuan rumah kembali unggul pada menit ke-57. Kali ini kesalahan Lunin tak disia-siakan Alvaro Morata. Real Madrid berhasil memaksa kedudukan kembali sama setelah Joselu menanduk umpan manis dari Jude Bellingham pada menit ke-82. Gol tersebut merupakan gol terakhir di waktu normal yang membuat laga berlanjut ke masa perpanjangan waktu.

Pada menit ke-100, Atletico Madrid kembali unggul berkat aksi Antoine Griezmann yang mampu mengacak-acak pertahanan Real Madrid. Atletico Madrid mencetak gol keempat melalui Rodrigo Riquelme jelang pertandingan berakhir yang membuat skor menjadi 4-2.

Kemenangan tersebut membuat Atletico Madrid lolos ke babak perempat final. Sementara itu, langkah Real Madrid untuk mempertahankan gelar juara mereka pupus. Hasil ini juga merupakan balasan di Piala Super Spanyol ketika Real Madrid membungkan Atletico Madrid dengan skor 5-3.

Real Madrid harus tersisih dari Copa del Rey 2023/2024 di tangan sang rival, Atletico Madrid. Hasil ini membuat fokus mereka musim ini tersisa di LaLiga dan Liga Champions.

Baca Juga: Daftar Juara Copa del Rey dari 1902-2023, Barcelona Terbanyak

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya