4 Tim Premier League dengan 8 Kemenangan Beruntun pada Awal Tahun

Tiga di antaranya menjadi juara

Arsenal berhasil mengalahkan Brentford pada lanjutan pekan ke-28 English Premier League 2023/2024, Minggu (10/3/2024) dini hari WIB. The Gunners berhasil unggul terlebih dahulu berkat tandukan Declan Rice. Brentford kemudian membalas jelang turun minum berkat aksi Yoane Wissa yang memanfaatkan blunder Aaron Ramsdale. Arsenal berhasil meraih tiga poin berkat gol Kai Havertz jelang pertandingan berakhir.

Kemenangan atas Brentford membuat anak asuh Mikel Arteta masih sempurna di Premier League sejak awal 2024. Mereka kini telah mencatatkan delapan kemenangan secara beruntun. Arsenal menjadi tim keempat yang mampu meraih delapan kemenangan beruntun pada awal musim. Menariknya, ketiga tim sebelumnya berhasil keluar sebagai juara.

1. Manchester United meraih sembilan kemenangan beruntun pada awal 2009

4 Tim Premier League dengan 8 Kemenangan Beruntun pada Awal TahunManchester United menjadi juara English Premier League 2008/2009. (manutd.com)

Manchester United menjadi juara Premier League 2008/2009 dengan mengoleksi 90 poin. Pada akhir musim, The Red Devils unggul empat poin dari Liverpool yang menempati peringkat kedua. Salah satu kunci mereka untuk menjadi juara adalah raihan sembilan kemenangan beruntun pada awal 2009. 

Manchester United meraih lima kemenangan pada Januari melawan Chelsea, Wigan Athletic, Bolton Wanderers, West Bromwich Albion, dan Everton. Catatan apik tersebut berlanjut dengan empat kemenangan beruntun atas West Ham United, Fulham, Blackburn Rovers, dan Newcastle United. Catatan sempurna akhirnya terhenti ketika mereka kalah 1-4 dari Liverpool di Old Trafford.

Pada pertandingan berikutnya, Manchester United dipaksa kembali bertekuk lutut dari Fulham dengan skor 0-2. Meski menderita kekalahan atas Liverpool dan Fulham, perolehan poin Manchester United tak terkejar hingga akhir musim. Setelah dua kekalahan tersebut, Manchester United meraih 8 kemenangan dan 1 hasil imbang dalam 9 pertandingan penutup musim.

2. Liverpool tampil dominan pada awal 2020

4 Tim Premier League dengan 8 Kemenangan Beruntun pada Awal TahunLiverpool menjadi juara English Premier League 2019/2020. (twitter.com/LFC)

Perjalanan Liverpool pada 2019/2020 merupakan salah satu yang paling dominan dalam sejarah Premier League. Sepanjang musim, The Reds hanya sekali tak menduduki puncak klasemen, yakni pada pekan pertama. Pada akhir musim, Liverpool sukses menjadi juara dengan mengoleksi 99 poin.

Pada awal 2020, Liverpool berhasil mencatatkan delapan kemenangan beruntun melawan Sheffield United, Tottenham Hotspur, Manchester United, Wolverhampton Wanderers, West Ham United, Southampton, Norwich City, dan West Ham United. Rentetan apik akhirnya terhenti ketika mereka takluk 0-3 dari Watford. Kekalahan tersebut merupakan kekalahan pertama Liverpool musim itu.

Baca Juga: Jelang Liverpool vs Man City pada Pekan 28 Premier League 2023/2024

3. Manchester City bangkit pada awal 2021 untuk menjadi juara

4 Tim Premier League dengan 8 Kemenangan Beruntun pada Awal TahunManchester City menjuarai English Premier League 2020/2021. (mancity.com)

Manchester City sempat terseok-seok pada awal 2020/2021. Hasil buruk yang mereka dapatkan membuat anak asuh Pep Guardiola tersebut baru bisa menembus posisi empat besar pada pekan ke-18. Titik balik Manchester City dimulai pada awal 2021 ketika mencatatkan 13 kemenangan beruntun. Kedigdayaan Manchester City akhirnya terhenti di tangan Manchester United dengan skor 0-2.

Catatan apik tersebut membuat Manchester City menduduki puncak klasemen hingga akhir musim. Inkonsistensi para pesaing mereka juga membuat Manchester City cukup nyaman berada di puncak. Tim yang bermarkas di Etihad Stadium tersebut keluar sebagai juara dengan 86 poin. Mereka unggul 12 poin dari Manchester United di posisi kedua.

4. Arsenal masih sempurna pada 2024

4 Tim Premier League dengan 8 Kemenangan Beruntun pada Awal TahunArsenal meraih kemenangan 2-1 atas Brentford pada pekan ke-28 English Premier League 2023/2024. (twitter.com/Arsenal)

Arsenal menutup 2023 dengan hasil negatif setelah menderita kekalahan dari West Ham United dan Fulham. Memasuki pergantian tahun, anak asuh Mikel Arteta mulai menemukan pola permainan terbaik. Hal itu terbukti dengan delapan kemenangan beruntun sejak awal tahun.

Salah satu kemenangan yang cukup terjadi ketika menghadapi Liverpool. Hasil itu membuat mereka berhasil menipiskan jarak poin dari Liverpool dan Manchester City. Tak hanya meraih kemenangan, The Gunners juga tampil produktif dengan mengemas 33 gol dari 8 pertandingan. 

Penampilan apik Arsenal membuat mereka kian dekat untuk meraih gelar juara EPL. Mereka tak boleh mengulangi kesalahan musim lalu ketika pada akhir musim justru kehabisan bensin yang membuat trofi juara melayang. Padahal, ketika itu Arsenal sempat unggul cukup jauh dari Manchester City.

Ketiga tim yang pernah mencatatkan delapan kemenangan beruntun atau lebih pada awal tahun akhirnya keluar sebagai juara EPL. Lantas, akankah Arsenal mengikuti jejak ketiga tim di atas pada akhir musim ini? Kita lihat saja.

Baca Juga: 3 Jebolan Akademi Arsenal yang Berkiprah di Serie A 2023/2024

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya