7 Tim Premier League yang Punya Kapten asal Inggris

Banyak kapten baru pada 2023/2024

Pada 2023/2024, banyak tim English Premier League (EPL) yang memiliki kapten baru. Sosok kapten begitu penting bagi sebuah tim karena mereka merupakan pemimpin di atas lapangan. Kapten bisa memotivasi para rekannya untuk melewati masa-masa sulit di tengah pertandingan.

Musim ini, 7 dari 20 tim kasta teratas Liga Inggris memiliki kapten asal Inggris. Ada yang sudah cukup lama mengemban jabatan tersebut, tetapi ada juga yang baru ditunjuk sebagai kapten musim ini. Berikut tujuh tim Premier League yang memiliki kapten asal Inggris.

1. Lewis Dunk masih menjabat sebagai kapten Brighton & Hove Albion

7 Tim Premier League yang Punya Kapten asal InggrisLewis Dunk (brightonandhovealbion.com)

Lewis Dunk merupakan sosok senior di Brighton & Hove Albion yang lebih didominasi para pemain muda. Dunk yang merupakan didikan akademi Brighton sudah membela tim senior sejak 2010. Ketika itu, tim berjuluk The Seagulls tersebut masih tampil di League One atau kasta ketiga Liga Inggris.

Dunk kemudian mampu membawa Brighton promosi ke Championship hingga akhirnya tampil di kasta teratas pada 2017/2018. Pada 2019, Dunk untuk pertama kalinya mengemban jabatan sebagai kapten tim. Di bawah kepemimpinannya, Brighton menjadi salah satu kuda hitam yang sering menyulitkan tim-tim papan atas.

2. Jack Cork setia kepada Burnley meski sempat terdegradasi

7 Tim Premier League yang Punya Kapten asal InggrisJack Cork (burnleyfootballclub.com)

Jack Cork telah menjadi pemain kunci Burnley sejak dibeli dari Swansea City pada 2017. Ia bahkan ditunjuk sebagai kapten tim menggantikan posisi yang sebelumnya ditempati Ben Mee. Kesetiaan Cork sudah teruji ketika bertahan di Turf Moore meski Burnley terdegradasi ke Championship.

Cukup semusim tampil di kasta kedua, Burnley sukses ia bawa kembali promosi ke English Premier League. Sebelum bergabung dengan tim berjuluk The Clarets tersebut, Cork merupakan mantan didikan akademi Chelsea. Namun, kariernya tak berkembang dan lebih sering dipinjamkan ke tim lain.

3. Reece James menjadi pemimpin baru Chelsea

7 Tim Premier League yang Punya Kapten asal InggrisReece James (chelseafc.com)

Chelsea telah menemukan kapten baru setelah kepergian Cesar Azpilicueta. Meski masih berusia 23 tahun, Reece James sudah dipercaya untuk mengemban jabatan sebagai kapten. Hal ini menunjukkan jika James memiliki jiwa kepemimpinan yang tinggi untuk memimpin tim sebesar Chelsea.

Misi berat harus diemban James karena Chelsea banyak ditinggal para pemain utamanya. Dengan banyak pemain muda di bawah arahan Mauricio Pochettino, Chelsea diprediksi cukup sulit untuk menjadi juara musim ini. Meski begitu, Mereka pastinya ingin kembali meramaikan perebutan zona Liga Champions.

4. Joel Ward mewarisi ban kapten Luka Milivojevic di Crystal Palace

7 Tim Premier League yang Punya Kapten asal InggrisJoel Ward (cpfc.co.uk)

Sebelum ditunjuk menjadi kapten Crystal Palace untuk 2023/2024, Joel Ward telah memainkan 335 pertandingan di semua kompetisi. Ward mewarisi ban kapten yang sebelumnya ditinggalkan Luka Milivojevic. Ward juga merupakan sosok senior karena telah membela Crystal Palace sejak 2012.

Jabatan sebagai kapten sebenarnya bukan hal baru bagi Ward. Musim lalu. ia 14 kali tampil sebagai kapten menggantikan Milivojevic yang sering absen. Ward juga pemain yang cukup fleksibel karena bisa ditempatkan di posisi bek maupun gelandang bertahan. Kini, pemain berusia 33 tahun tersebut punya misi untuk mempertahankan The Eagles di kasta teratas Liga Inggris.

Baca Juga: 6 Klub Besar Eropa yang Ditinggal sang Kapten pada Musim Panas 2023

5. Jamaal Lascelles masih kapten Newcastle United meski kehilangan tempat utama

7 Tim Premier League yang Punya Kapten asal InggrisJamaal Lascelles (nufc.co.uk)

Jamaal Lascelles masih berusia 23 tahun ketika pertama kali ditunjuk sebagai kapten Newcastle United pada 2017. Lascelles membela Newcastle United sejak 2014 setelah sempat membela Nottingham Forest. Sejak saat itu, posisinya di sektor bek seakan tak tergantikan.

Posisinya mulai terancam ketika Eddie Howe lebih memilih duet Fabian Schar dan Sven Botman yang terbukti tampil solid. Musim lalu, Newcastle mampu tampil apik untuk mengamankan posisi keempat. Lascelles harus bekerja lebih keras untuk kembali menempati posisi utama di sektor bek tengah.

6. Joe Worrall kapten Nottingham Forest

7 Tim Premier League yang Punya Kapten asal InggrisJoe Worrall (nottinghamforest.co.uk)

Memulai debutnya di tim Senior Nottingham Forest pada 2016, Joe Worrall menjadi sosok tak tergantikan di sektor bek tengah. Ia mulai mengemban jabatan sebagai kapten pada 2022 ketika Nottingham Forest promosi ke English Premier League untuk pertama kalinya dalam 23 tahun. Forest promosi setelah mengalahkan Huddersfield Town di partai final playoff Championship.

Bahkan, ia berhasil membawa The Garibaldi bertahan di tengah ketatnya kasta teratas Liga Inggris. Sayangnya, Forest memulai 2023/2024 dengan tidak terlalu baik setelah ditekuk Arsenal dengan skor 1-2. Mereka harus segera bangkit jika tak ingin turun kasta pada akhir musim.

7. Max Kilman mengisi kekosongan Ruben Neves di Wolverhampton Wanderers

7 Tim Premier League yang Punya Kapten asal InggrisMax Kilman (wolves.co.uk)

Max Kilman terpilih sebagai kapten baru Wolverhampton Wanderers untuk 2023/2024. Ia menggantikan posisi Ruben Neves yang hengkang ke klub Arab Saudi, Al Hilal. Bagi Kilman ini merupakan sebuah tantangan baru sejak bergabung dengan Wolves pada 2018.

Penunjukan Kilman sebagai kapten juga bukan sesuatu yang mengejutkan karena sebelumnya merupakan wakil kapten. Ia akan memulai tantangan baru dengan bertandang ke Old Trafford melawan Manchester United. Mampukah Kilman menjawab kepercayaan para rekannya dengan hasil manis melawan Manchester United?

Ketujuh pemain asal Inggris tersebut dipercaya oleh timnya untuk mengemban jabatan sebagai kapten. Beberapa di antaranya merupakan sosok senior yang sudah lama menjabat sebagai kapten, tetapi ada pula yang baru pertama kali ditunjuk sebagai kapten musim ini.

Baca Juga: 5 Kapten Liverpool yang Pernah Mengangkat Trofi Liga Champions

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

berbagi dengan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya