5 Tim Terakhir yang Mengalahkan Arsenal di Piala FA, Liverpool Terbaru

Arsenal mulai jarang dominasi Piala FA

Arsenal mengalami kekalahan dengan skor 0-2 dari Liverpool di babak ketiga Piala FA 2023/2024, Minggu (7/1/2024). Kandas di Piala FA, musim ini Arsenal tinggal bisa berharap pada gelar juara English Premier League (EPL) dan Liga Champions Eropa (UCL).

Padahal, The Gunners sendiri merupakan pemilik gelar juara FA Cup terbanyak sepanjang sejarah dengan koleksi 14 trofi. Namun, kali terakhir Arsenal menjadi juara Piala FA telah terjadi pada 2019/2020 ketika mereka mengalahkan Chelsea di partai final dengan skor 2-1. Sejak saat itu, rekor mereka cukup buruk dalam empat edisi terakhir. Arsenal tak pernah melangkah lebih jauh dari putaran keempat. 

Siapa saja deretan tim terakhir yang mengakhiri perjalanan Arsenal di ajang Piala FA?

1. Manchester United mengubur asa juara Arsenal pada 2018/2019

5 Tim Terakhir yang Mengalahkan Arsenal di Piala FA, Liverpool TerbaruAnthony Martial dan Jese Lingard mencetak gol ke gawang Arsenal di putaran keempat Piala FA 2018/2019. (manutd.com)

Arsenal bertemu Manchester United di putaran keempat Piala FA 2018/2019. Arsenal yang tampil di Emirates Stadium justru tertinggal lebih dulu melalui sontekan Alexis Sanchez pada menit ke-31 berkat umpan dari Romelu Lukaku. Sekitar 2 menit berselang, Jesse Lingard menggandakan keunggulan The Red Devils menjadi 2-0.

Arsenal yang tak ingin dipermalukan di kandang sendiri menipiskan kedudukan jelang babak pertama berakhir melalui aksi Pierre-Emerick Aubameyang. Pada menit ke-82, Manhcester United memperlebar keunggulan berkat gol Anthony Martial. Skor 1-3 tak berubah hingga akhir pertandingan yang sekaligus menghentikan langkah Arsenal di Piala FA 2018/2019.

Baca Juga: 3 Pencetak Gol Tertua dalam Sejarah Piala FA

2. Langkah Arsenal terhenti di putaran keempat pada 2020/2021 di tangan Southampton

5 Tim Terakhir yang Mengalahkan Arsenal di Piala FA, Liverpool TerbaruArsenal kalah 0-1 dari Southampton di putaran keempat Piala FA 2020/2021. (arsenal.com)

Arsenal yang berstatus juara bertahan bertemu Southampton pada putaran keempat Piala FA 2020/2021. Sebelumnya, Arsenal lebih dulu menundukkan Newcastle United di putaran ketiga. Sementara itu, Southampton berhasil memulangkan Shrewsbury Town di babak yang sama.

Di putaran keempat, Arsenal harus bertandang ke St Mary's Stadium, markas Southampton. Arsenal yang lebih diunggulkan justru harus memungut bola dari gawang terlebih dahulu setelah Gabriel Magalhaes mencetak gol bunuh diri. Hingga akhir pertandingan, Arsenal gagal menjebol gawang Southampton yang membuat mereka tak mampu melaju ke putaran berikutnya.

3. Nottingham Forest menjadi penjegal langkah Arsenal pada 2021/2022

5 Tim Terakhir yang Mengalahkan Arsenal di Piala FA, Liverpool TerbaruArsenal kalah 0-1 dari Nottingham Forest di putaran ketiga Piala FA 2021/2022. (arsenal.com)

Arsenal bertemu Nottingham Forest pada putaran ketiga Piala FA 2021/2022. Menghadapi Forest yang ketika itu masih bermain Divisi Championship membuat Arsenal lebih diunggulkan. Namun, situasi tersebut justru berbalik menjadi petaka bagi anak asuh Mikel Arteta.

Arsenal yang menurunkan skuad terbaik mereka tak mampu menemukan cara membobol jala Forest yang dijaga Brice Samba. Mandulnya lini depan Arsenal menjadi bencana bagi mereka jelang pertandingan berakhir ketika Lewis Grabban yang mendapat umpan dari Ryan Yates mampu menjebol jala Bernd Leno. Sang penguasa Piala FA pun keok dari tim yang kala itu levelnya berada satu tingkat di bawah mereka.

4. Arsenal dipulangkan Manchester City pada 2022/2023

5 Tim Terakhir yang Mengalahkan Arsenal di Piala FA, Liverpool TerbaruArsenal kalah 0-1 dari Manchester City di putaran keempat Piala FA 2022/2023. (arsenal.com)

Arsenal kembali menelan kekalahan dengan skor 0-1 di putaran keempat Piala FA 2022/2023. Kala itu, lawan yang memulangkan mereka adalah Manchester City, yang pada akhirnya tampil sebagai juara. Dalam laga tersebut, Arsenal bertandang ke Etihad Stadium, kandang Manchester City.

Kedua tim menurunkan skuad pemain terbaik membuat laga berlangsung ketat. Hingga babak pertama usai, skor kacamata masih menghiasi papan skor. Nathan Ake akhirnya membuka keunggulan bagi Manchester City pada menit ke-64 memanfaat assist Jack Grealish. Hingga akhir laga, Arsenal tak mampu menemukan cara membobol jala anak asuhan Pep Guardiola tersebut.

5. Liverpool mempermalukan Arsenal di putaran ketiga Piala FA 2023/2024

5 Tim Terakhir yang Mengalahkan Arsenal di Piala FA, Liverpool TerbaruArsenal kalah 0-2 dari Liverpool di putaran ketiga Piala FA 2023/2024. (arsenal.com)

Arsenal cukup diuntungkan ketika menjamu Liverpool di putaran ketiga Piala FA 2023/2024. Selain tampil di kandang sendiri, Liverpool juga tak turun dengan skuad terbaik mereka. The Reds ditinggal Mohamed Salah dan Wataru Endo yang tampil untuk Piala Afrika dan Piala Asia 2023. Liverpool juga datang tanpa sang kapten, Virgil van Dijk, yang absen.

Meski begitu, Arsenal yang mendapat cukup banyak peluang tak mampu menjebol jala Alisson Becker. Petaka bagi Arsenal datang pada menit ke-82 ketika Jakub Kiwior salah mengantisipasi arah bola hasil tembakan bebas Trent Alexander-Arnold yang justru mengarah ke gawang sendiri. Liverpool memastikan kemenangan melalui gol Luis Diaz yang terjadi pada injury time. 

Arsenal pun gagal melangkah lebih jauh di Piala FA setelah dijegal Liverpool di putaran ketiga. Di sisi lain, kekalahan ini bisa membuat Mikel Arteta lebih fokus ke EPL dan Liga Champions. 

Baca Juga: 5 Pemain yang Bisa Dilepas Arsenal pada Musim Dingin 2024

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya