4 Tim yang Menggagalkan Arsenal Meraih Trofi pada 2023/2024

Arsenal hanya meraih Community Shield

Arsenal membuka musim 2023/2024 dengan raihan gelar juara Community Shield. The Gunners mampu mengalahkan Manchester City melalui adu penalti setelah skor 1-1 bertahan hingga waktu normal. Namun, itu menjadi satu-satunya trofi yang diraih Arsenal sepanjang 2023/2024.

Anak asuh Mikel Arteta tak mampu meraih gelar juara di kompetisi lain. Padahal, Arsenal musim ini tampil cukup apik dengan skema permainan atraktif. Mereka juga sering berpesta gol ke gawang lawan. Meski begitu, hal itu tak menjamin mereka bisa meraih gelar juara. Berikut empat tim yang menggagalkan Arsenal meraih trofi pada 2023/2024.

1. West Ham United memulangkan Arsenal dari Piala Liga Inggris

4 Tim yang Menggagalkan Arsenal Meraih Trofi pada 2023/2024West Ham United mengalahkan Arsenal pada babak 16 besar Piala Liga Inggris 2023/2024. (whufc.com)

West Ham United menjadi tim pertama yang menggagalkan Arsenal meraih trofi pada 2023/2024. The Hammers mampu menjegal langkah Arsenal menjuarai Piala Liga Inggris pada babak 16 besar. Bertandang ke London Stadium, Arsenal harus takluk dengan skor cukup telak 1-3. 

The Gunners sudah kebobolan pada menit ke-16 setelah Ben White tak sengaja membobol gawang Aaron Ramsdale. Arsenal yang mencoba mencari gol penyama kedudukan justru kembali menerima dua gol dari West Ham United pada babak kedua melalui sontekan Mohammed Kudus dan Jarrod Bowen. Sementara itu, Arsenal hanya mampu memperkecil kedudukan menjadi 1-3 melalui gol Martin Odegaard jelang pertandingan berakhir.

2. Ambisi Arsenal untuk meraih Piala FA digagalkan Liverpool

4 Tim yang Menggagalkan Arsenal Meraih Trofi pada 2023/2024Liverpool mengalahkan Arsenal pada babak ketiga Piala FA 2023/2024. (liverpoolfc.com)

Arsenal mendapat keuntungan pada babak ketiga Piala FA melawan Liverpool karena bermain di Emirates Stadium. Namun, hal itu tak serta merta membuat mereka meraih kemenangan. The Gunners justru terpeleset setelah Liverpool mencetak dua gol yang tak berbalas.

Arsenal sebenarnya lebih mendominasi jalannya pertandingan. Namun, mereka tak mampu menembus jala Liverpool yang dijaga Alisson Becker. Arsenal bahkan harus tertinggal lebih dahulu pada menit ke-80 melalui gol bunuh diri Jakub Kiwior. The Gunners yang terus melancarkan serangan justru kembali kecolongan melalui serangan balik dari Luis Diaz.

Baca Juga: Arsenal Gagal Juara, Rekor Jose Mourinho Terjaga

3. Bayern Munich masih terlalu tangguh bagi Arsenal di Liga Champions

4 Tim yang Menggagalkan Arsenal Meraih Trofi pada 2023/2024Bayern Munich mengalahkan Arsenal pada perempat final Liga Champions 2023/2024. (bundesliga.com)

Arsenal tergabung dalam grup yang tak terlalu berat pada Liga Champions bersama Lens, PSV Eindhoven, dan Sevilla. The Gunners dengan mudah memuncaki klasemen setelah mencetak 13 poin hasil dari 4 kemenangan, 1 imbang, 1 kalah. Satu-satunya kekalahan Arsenal terjadi ketika bertandang ke markas Lens pada pekan kedua.

Arsenal kemudian bertemu dengan FC Porto pada babak 16 besar. Meski di atas kertas lebih diunggulkan, Arsenal tak lolos ke perempat final dengan mudah. Mereka sempat kalah pada leg pertama melalui gol telat Galeno. Pada leg kedua, Arsenal berhasil menang melalui drama adu penalti setelah Leandro Trossard membuat agregat menjadi sama kuat 1-1.

Langkah Arsenal untuk menjadi juara Liga Champions kandas pada babak perempat final di tangan Bayern Munich. Pada leg pertama yang dimainkan di Emirates Stadium, Arsenal gagal mendapat modal bagus setelah laga berakhir imbang 2-2. Pada leg kedua, gol tunggal Joshua Kimmich menjadi pemupus asa The Gunners untuk melaju ke semifinal.

4. Manchester City memenangi perebutan gelar juara English Premier League

4 Tim yang Menggagalkan Arsenal Meraih Trofi pada 2023/2024Manchester City menjuarai English Premier League 2023/2024. (twitter.com/ManCity)

English Premier League (EPL) menjadi asa terakhir Arsenal meraih gelar juara setelah kandas di Piala Liga Inggris, Piala FA, dan Liga Champions. Pada pekan terakhir, Arsenal dan Manchester City menjadi dua tim yang masih memiliki peluang untuk mengunci gelar juara. Manchester City lebih diunggulkan karena memiliki keunggulan dua poin dari The Gunners.

Arsenal yang berhasil meraih kemenangan 2-1 melawan Everton terasa sia-sia karena dalam pertandingan lain Manchester City berhasil menaklukan West Ham United dengan skor 3-1. Hasil itu membuat Arsenal gagal meraih gelar juara kasta teratas Liga Inggris. The Gunners harus kembali puasa gelar setelah terakhir kali menjuarai EPL pada 2003/2004.

Empat tim di atas menjadi penghalang Arsenal untuk meraih trofi pada 2023/2024. Hal itu membuat Arsenal mengakhir musim 2023/2024 dengan hanya meraih gelar juara Community Shield.

Baca Juga: Arsenal Begitu Dekat, tetapi Jauh dari Gelar Premier League

Genady Althaf Photo Verified Writer Genady Althaf

Menulis hal yang berhubungan dengan sport

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya